The Models of Character and Akhlaq Education for Special Needs Children in An Inclusion School
Abstract
The law stresses that education is the right of all citizens, including children with special needs. The need for education is the same as school-age children in general, but the training provided is adjusted to the specifics of the children. It is certainly guaranteed that all children need character education and akhlaqul karîmah. This research aims to explore how character education and akhlaq in children with special needs in Al-Ghazali Jatinangor Inclusion Elementary School. The method used is phenomenological quality research. The data is collected in by observations, interviews, documentations, and Focus Group Discussion (FGD). Then, it was analyzed using interactive analysis techniques. The results indicate that the education program at Al-Ghazali Inclusion Elementary School is different from most other elementary schools. It has long hours of teaching and learning activities and most of the students’ time conducted at school activities are filled with daily routines that build consistent characters and akhlaqul karîmah for the students.
Undang-undang menegaskan bahwa pendidikan adalah hak semua warga termasuk anak berkebutuhan khusus. Kebutuhan akan pendidikan anak berkebutuhan khusus sama dengan anak usia sekolah pada umumnya, akan tetapi pendidikan yang diberikan tentu disesuaikan dengan kekhususan anak tersebut. Namun dapat dipastikan bahwa semua anak termasuk anak berkebutuhan khusus membutuhkan pendidikan karakter dan akhlak mulia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pendidikan karakter dan akhlak pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar (SD) Inklusi Al-Ghazali Jatinangor Sumedang. Metode yang digunakan penelitian ini adalah penelitian kualitatf fenomenologi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan observasi, wawancaran, dokumentasi dan Focus Group Discussion (FGD). Data dianalisis dengan teknik interactive analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pendidikan di SD Inklusi Al-Ghazali Jatinangor ini berbeda dengan kebanyak SD lainnya yaitu jam kegiatan yang panjang yang sebagian besar waktu kegiatan di sekolah diisi dengan daily routin yang membangun karakter dan akhlak mulia yang dilakukan secara konsisten, baik untuk anak normal mupun anak berkebutuhan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Nandiyah, “Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus,” Magistra, vol.86, Desember, 2013.
Ali, Kamaruddin bin Wan, “Kontribusi Salman Al-Farisi Dan Kebudyaan Persia Dalam Pemikiran Islam,” TOLERANSI: Media Ilmiah Komunikasi Umat Beragama, vol. 1, no. 1, January 9, 2009.
“Act of the Republic of Indonesia Number 20, Year 2003 On National Education System.
“Aulia, Fikri, “VIEW of KONSEP KONSEP PENGEMBANGAN LAYANAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA KURIKULUM 2013,” JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, vol.1, no.2 2019, http://jkp.upstegal.ac.id/index.php/jkpancaksakti/article/view/27/17, accessed March 1, 2020.
“70 Persen Anak Berkebutuhan Khusus Tak Dapat Pendidikan Layak”, https://lifestyle.bisnis.com/read/20190326/236/904431/70-persen-anak-berkebutuhan-khusus-tak-dapat-pendidikan-layak, accessed March 2, 2020.
“Casmini, Mimin, Konsep Dasar Pendidikan Segregasi, Pendidikan Segregasi, 2020.
“Chamidah, Atien Nur, “Pengembangan Panduan Layanan Kesehatan Mental Berbasis Sekolah Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan,” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, vol.8, no. 2, 2015, https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/view/8267/6903, accessed May 28, 2020.
“Convention on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD) | United Nations Enable,”https://www.un.org/development/desa/disabilities/convention-on-the-rights-of-persons-with-disabilities.html, accessed March 5, 2020.
Darma, Indah Permata & Binahayati Rusyidi, Pelaksanaan Sekola Inklusi Di Indonesia, vol. 2 no. 2, 2015, http://journal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/13530/6317, accessed March 12, 2020.
Desiningrum, Dinie Ratri, “Analisis Kebutuhan Pada Keluarga Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus” ,2018.
Desiningrum, Dinie Ratri, “Psiokologi Anak Berkebutuhan Khusus,” Psikosain, vol.15, no.1, 2016.
-----------------, Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: psikosain 2016.
Drajat, Manpan and Ridwan Effendi, Etika Profesi Guru, Bandung: Alfabeta, 2014.
Emawati, “Mengenal Lebih Jauh Sekolah Inklusi” Pedagogik Jurnal Pendidikan, vol. 5, no.1, 2008.
Fitra Elnurianda, Umar Fauzan, and Syeh Hawib Hamzah. "The Implementation of Islamic Education Teaching at Inclusive Schools in Samarinda, East Kalimantan." MADANIA: JURNAL KAJIAN KEISLAMAN, vol. 22, vol. 2 ,2018.
Gandamana, Apiek, “Integrasi Pendidikan Anti Narkoba Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar,” Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, vol. 14, Desember 2016, file:///E:/Jurnal Bahan/Jurnal Marzano.pdf.
Herawan, Kadek Dedy, and I Ketut Sudarsana, “Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Gegurita Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidika Di Indonesia,” Jurnal Penjamin Mutu, vol. 3, no, 2, 2017, http://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM/article/view/203/170. accessed March 15, 2020.
Habibah, Syarifah, “Akhlak Dan Etika Dalam Islam,” Jurnal Pesona Dasar, vol. 1, no. 4, October 5, 2015
Idris, Nurwahyuni, “Social Skill Analysis in Children with Special Needs,” Jurnal Nalar Pendidikan, vol.6, no.2, 2018, file:///D:/Jurnal Bahan/Anak ABK.pdf, accessed May 26, 2020.
“Inclusive Education" |UNICEF,”, https://www.unicef.org/education/inclusive-education, accessed March 2, 2020.
“Jumlah Data Masuk Siswa Disabilitas di Sekolah Inklusif Masih Sedikit", https://edukasi.kompas.com/read/2019/11/28/14021431/jumlah-data-masuk-siswa-disabilitas-di-sekolah-inklusif-masih-sedikit?page=all, accessed March 9, 2020.
“Kemendikbud Ajak Daerah Tingkatkan Pendidikan Inklusif” https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/07/kemendikbud-ajak-daerah-tingkatkan-pendidikan-inklusif, accessed March 12, 2020.
Lickona, Thomas, Mendidik Untuk Membentuk Karakter: BagaimanaSekolah Dapat Memberikan Pendidikan Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab, trans, Juma Abdu Wamaungo, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Mildayanti, “Pengembangan Game Edukasi ‘Tajwid Al-Quran’ Berbasis Android,” Karmapati, vol. 5, no. 2, 2016., DOI: http://dx.doi.org/10.23887/karmapati.v5i2.8302, accessed March 14, 2020.
Miles, Matthew B and Michael A. Huberman, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, Jakarta: Universitas Indonesia_UI Press, 2012.
Pamungkas, Bayu, “Urgensi Pendidikan Karakter Untuk Mengoptimalkan Layanan Pendidikan Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusif” , 2016.
Rafael Lisinus, Pastiria Sembiring, “Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan Dan Konseling)" Google Buku, https://books.google.co.id/books?id=5GLLDwAAQBAJ&pg=PA92&dq=pendidikan+karakter+anak+berkebutuhan+khusus&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjU79TL5vfnAhXUSH0KHZOKDx8Q6AEIODAC#v=onepage&q=pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus&f=false.accessed March 1, 2020.
POTADS, Trisomy-21, Down Syindrome, Jakarta: Gramedia, 2014.
Potret Pendidikan Statistik Pendidikan Indonesia 2019”, https://www.bps.go.id/publication/2019/11/29/1deb588ef5fdbfba3343bb51/potret-pendidikan-statistik-pendidikan-indonesia-2019.html, accessed February 29, 2020.
Pramudiana, Ika Devi,”Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Untuk Abk di Surabaya” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, vol.5, no.1, 2017, doi:http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v5i1.317, accessed March 9, 2020.
Praptiningrum, N., “Fenomena Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus " JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), vol.7, no. 2, 2010, DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v7i2.774, accessed March 5, 2020.
Pusat Bahasa Kemdikbud, “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI ),” Kementerian Pendidikan dan Budaya, 2016.
Ramdani, Emi, “Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter,” JUPIIS: JURNAL PENDIDIKAN ILMU-ILMU SOSIAL , vol. 10, no. 1, June 29, 2018.
Sari, “Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia DIni, vol.2, no.2, 2015.
Setianingsih, Eka Sari, “Penerimaan Dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan ABK Di Sekolah,” Empati (Jurnal Bimbingan dan Konseling), vol. 5, no.1, April 2018, http://journal.upgris.ac.id/index.php/EMPATI/article/view/2929/2106, accessed March 9, 2020.
Riyadi,Sigit, “Sistem Informasi Berbasis SMS Gateway Pemantau Perkembangan Karakter Siswa Menggunakan Skala Likert, ” Jurnal Spirit, vol. 8, no. 1, 2016, 18, http://jurnal.stmik-yadika.ac.id/index.php/spirit/article/view/48/28 , accessed March 12, 2020.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Bandung: CV Alfabeta, 2016.
Suharni, “Pemahaman Guru Dalam Layanan Bimbingan Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi (Studi Lapangan Pada Sekolah Penyelenggara Inklusi), Jurnal CARE Edisi Khusus Temu Ilmiah, vol.3, no.3, 2016,” http://e-journal.unipma.ac.id, accessed March 12, 2020.
Tarmansyah, Inklusi Pendidikan Untuk Semua, Jakarta: Depdiknas, 2007.
What Is the Individuals with Disabilities Education Act? | DO-IT,” https://www.washington.edu/doit/what-individuals-disabilities-education-act, accessed March 5, 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/madania.v24i1.5235
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
_______________________________________________
Madania: Jurnal Kajian Keislaman is published UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with permission under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
Madania: Jurnal Kajian Keislaman
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia