DEVELOPING CHARACTER INTERNALIZATION MODEL IN ISLAMIC EDUCATION THROUGH VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE
Abstract
Pengembangan Model Internalisasi Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui
Value Clarification Technique. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh asumsi bahwa pembelajaran PAI (Pendidikan
Agama Islam) terkesan kurang efektif dalam penanaman nilai afektif pada peserta didik sehingga dianggap tidak
fungsional. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran agama yang cenderung dominan disampaikan dengan model
verbalistik dan normatif-doktriner. Sebagai solusi alternatif, penelitian ini dilakukan dengan pokok masalah,
yaitu bagaimana implementasi model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dapat mengembangkan
potensi afektif dalam pembelajaran PAI. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan
potensi afektif siswa melalui penerapan VCT. Penelitian ini termasuk pada kategori penelitian lapangan dengan
menggunakan pendekatan kualitatif dalam sistem pengumpulan data dan analisis data. Hasil penelitian
menunjukan bahwa dengan mengembangkan model pembelajaran VCT dalam pembelajaran PAI, internalisasi
nilai-nilai keagamaan dapat ditanamkan secara efektif dan efisien melalui pengungkapan sikap, nilai, dan moral
siswa terhadap suatu kasus yang disajikan oleh guru.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.29300/madania.v19i2.40
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing by :
_______________________________________________
Madania: Jurnal Kajian Keislaman is published UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with permission under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
Madania: Jurnal Kajian Keislaman
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia