Community Participation for the Education in Pesantren Madinatul Munawwarah Bukittinggi
Abstract
Partisipasi Masyarakat terhadap Pendidikan di Pesantren Madinatul Munawwarah Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan pendidikan di Pesantren Madinatul Munawwarah Bukittinggi, faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat serta upaya yang dilakukan pihak pesantren berkenaan dengan partisipasi masyarakat di Pesantren Madinatul Munawwarah Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang deskriptif dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk partisipasi masyarakat pada perencanaan dan pelaksanaan pendidikan di Pesantren Madinatul Maunawwarah Bukittinggi baru berupa materi/barang, uang dan tenaga. Bantuan itu pun bukan sepenuhnya datang dari masyarakat sekitar pesantren, tapi lebih banyak dari para donator diluar masyarakat sekitar pesantren terebut. Sedangkan partisipasi berupa ide, usulan, kritikan dan saran persentasenya masih rendah. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat kurang berpartisipasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan pendidikan di Pesantren Madinatul Munawwarah adalah faktor kesibukan pekerjaan, faktor lokasi pesantren yang terletak di tengah-tengah masyarakat yang heterogen (umumnya pendatang), tingkat pendidikan masyarakat juga menjadi faktor yang mempengaruhi. Upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap pendidikan di pesantren melalui: mengajak dan menghimbau masyarakat, memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya sekolah agama dan juga melibatkan masyarakat pada beberapa kegiatan serta melalui tokoh-tokoh yang berpengaruh di masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Davis,Keith, Human Relation Work, terj. Agus Darma, Perilaku dalam Organisasi, Jakarta: Erlangga, 2002
Dwiningrum, Siti Irene Astuti, Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.
Miarso, Yusufhadi, Menyemai Benih Tekhnologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004.
Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi dan Implementasi), Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Nata, Abudin, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembagaPendidikan Islam Indonesia, Jakarta:PT.Grasindo Gramedia Widiya Sarana Indonesia, 2001.
Ndraha,Taliziduhu, Pembangunan Masyarakat Tinggal Landas, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 1990.
Prihartanto,Danang, “Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Obyek Wisata (Studi Deskriptif tentang Pengembangan Pengembangan Proyek Wisata Air Terjun Jumog di Desa Berjo), 2007.
Qomar, Mujamil, Pesantren dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi.
Jakarta:ERLANGGA, 1996.
RM.Mac Iver dan Charles P, Society an Introductory Analysis: Macmillan&Co. Ltd, 1961.
Slamet, Y, Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi. Surakarta: Sebelas Maret University Press, 1994.
Soekonto, Soerjono, Sosiologi SuatuPengantar, Edisi Baru Keempat, Jakarta: Rajawali Pers, 1990.
Suharsimi, Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Sunarti, Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Perumahan secara Kelompok, Jurnal TataLoka, Semarang: Planologi UNDIP, 2003.
Tuti T Sam, M. Chan, Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/madania.v21i1.222
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Indexing by :
_______________________________________________
Madania: Jurnal Kajian Keislaman is published UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu and distributed with permission under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License..
__________________________________________________
Madania: Jurnal Kajian Keislaman
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Sumatra Indonesia