HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa di SD Negeri 50 Kota Bengkulu yang terdiri dari 21 siswa kelas IV A dan 21 siswa kelas IV B. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling total. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari uji coba instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara interaksi teman sebaya dengan kecerdasan emosional siswa kelas IV di SD Negeri 50 Kota Bengkulu. Dibuktikan dengan nilai korelasi yang dihasilkan r-hitung 0,925 > r-tabel 0,304 sehingga memenuhi syarat diterimanya hipotesis Ha. Interaksi teman sebaya yang baik bagi siswa dapat meningkatkan kemampuan kecerdasan emosional siswa.
Abstract
This research aims to determine the relationship between peer interaction and students' emotional intelligence. This research is a quantitative study. The data collection techniques used are observation, documentation, and questionnaires. The population in this study consists of 42 students at SD Negeri 50 Kota Bengkulu, comprising 21 students from class IV A and 21 students from class IV B. The sampling technique used is the total sampling technique. Meanwhile, the data analysis techniques consist of instrument trials, prerequisite tests, and hypothesis tests. The research results show a strong relationship between peer interaction and the emotional intelligence of fourth-grade students at SD Negeri 50 Kota Bengkulu. Proven by the correlation value obtained, r-count 0.925 > r-table 0.304, thus meeting the criteria for accepting the Ha hypothesis. Good peer interactions for students can enhance their emotional intelligence.
Full Text:
PDFReferences
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Duli, N. (2019). Quantitative Research Methodology : Some Basic Concepts for Thesis Writing & Data Analysis With SPSS. Yogyakarta: CV. Main Buddha.
Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. (2021). Hubungan Lingkungan Keluarga, Interaksi Teman Sebaya Dan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15-31. doi:10.33830/jp.v22i1.940.2021
Faruq, U. A., & Noviani, D. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama Sebagai Perisai Radikalisme Di Lembaga Pendidikan. Taujih: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 59-77. doi:https://doi.org/10.53649/taujih.v3i1.91
Hetherington, E. M., Parke, R. D., & Locke, V. O. (1999). Child Psychology : A Contemporary Viewpoint. New York: McGraw-Hill.
Hurlock, E. B. (1996). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Juliansyah, N. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Prenada Media Group.
Khatimah, K., Nurmayanti, S., & Agusdin. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Alas. Jurnal Penelitian Sumber Daya Manusia, 2(3). https://journal.unram.ac.id/index.php/jpmsdm/article/view/3307
Kurniawan, Rahmat, D., Akbar, S. N., & Rusli, R. (2020). Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Kejenuhan Belajar Pada Santri Aliyah Pondok Pesantren Al Falah Putra Banjarbaru. Jurnal Kognisia, 1(1), 48-54. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1388
Munawaroh, E., & Mashudi, E. A. (2019). Resiliensi; Kemampuan Bertahan dalam Tekanan, dan Bangkit dari Keterpurukan. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Palaniswamy, U., & Ponnuswami, I. (2013). Social Changes and Peer Group Influence Among the Adolescents Pursuing Under Graduation. International Research Journal of Social Sciences, 2(1), 1-5.
Pramesti, A. S., & Musslifah, A. R. (2024). Gambaran Kemampuan Interaksi Teman Sebaya Dalam Berdiskusi Kelompok Pada Siswa Kelas X SMAN Gondangrejo. Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 4(1). doi:https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v4i1.2704
Salsabila, U. H., Saputra, A., Ainuzzamania, N., Harsono, L., & Husein, M. F. (2022). Penanaman Moderasi Agama Dalam Pendidikan Agama Islam. Romeo : Review of Multidisciplinary Education, Culture and Pedagogy, 1(1), 45-58. doi:https://doi.org/10.55047/romeo.v1i1.50
Santrock, J. (2007). Child Development : Perkembangan Anak (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Sarnoto, A. Z. (2014). Kecerdasan Emosional Dan Prestasi Belajar: Sebuah Pengantar Studi Psikologi Belajar. Profesi| Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 3(4), 61-70. https://jurnal.pmpp.or.id/index.php/profesi/article/view/137
Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, R. A. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Agama Islam.
Triwiyanto, T. (2021). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahab, G., & Rosnawati. (2021). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Indramayu: Penerbit Adab (CV. Adanu Abimata).
Wijaya, T. (2014). Analisis Interaksi Sosial Kooperasi Teman Sebaya Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Sosiologi Di Kelas XI IPS 1. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 5(1), 24-39. doi:https://doi.org/10.26418/j-psh.v5i1.22033
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v4i2.7351
Refbacks
- There are currently no refbacks.



Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/
The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International