STRATEGI GURU DALAM MEMBANGUN MENTAL BERKOMUNIKASI ANAK
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru, faktor pendukung dan penghambat dalam membangun mental berkomunikasi anak di SDN 41 Kaur, Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, jenis penelitian berupa penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam membangun mental berkomunikasi anak di SDN 41 Kaur yang paling efektif adalah role play/bermain peran. Sedangkan hambatan dalam pelaksanaannya adalah kurangnya sarana prasarana sekolah yang mendukung strategi-strategi baru.
Abstract
The aim of this research is to determine teacher strategies, supporting and inhibiting factors in developing children's mental communication at SDN 41 Kaur, Bengkulu. The research method used is a qualitative research method, the type of research is field research with a qualitative approach. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. The subjects in this research were teachers and students. The results of this research show that the most effective teacher strategy in developing children's mental communication at SDN 41 Kaur is role play. Meanwhile, the obstacle in implementation is the lack of school infrastructure that supports new strategies
Full Text:
PDFReferences
Anggito, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Jejak.
Bahri, H. (2018). Strategi komunikasi terhadap anak usia dini. Nuansa: Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan, 11(1), 48-57. doi:http://dx.doi.org/10.29300/nuansa.v11i1.1356
Bali, M. M., & Fadli, M. F. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Ketahanan Mental Santri. Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 7(1).
Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Jawa Timur: Media Grafika.
Mauani, G. (2023). Komunikasi Pendidikan. Banten: Sada Kurnia Pustaka.
Melenia, C. N., Wulandari, S., & MS, D. (2022). Strategi Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Proses Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SD Negeri 62 OKU. Jurnal Massa.
Jurnal Massa, 3(1), 1-11. https://journal.unbara.ac.id/index.php/JM
Muhayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19. Jawa Timur: Media Grafika.
Rahmat, P. S. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Rambe, E. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran Anak Usia Dini. An Nadwah, 26(1), 1-7. doi: http://dx.doi.org/10.37064/nadwah.v26i1.9474
Rifky, S. (2024). Buku Ajar Model dan Strategi Pembelajaran. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia.
Setiyawan, R. (2022). Bimbingan Mental Dalam Menumbuhkan Mental Juara Atlet Disabiitas Nasional Paralympic Committee Indonesia Kota Surakarta. Solo: UIN Raden Mas Said Surakarta.
Sukiyat. (2020). Pendidikan Kepramukaan Berbasis Pendidikan Karakter. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Pustaka Setia.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Prenada Media Group.
Susilo, A. (2023). Strategi Pembelajaran Di Era Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Riau: Dotplus Publisher.
Umar, H. (2017). Strategi Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Umatin, C. (2021). Pengantar Pendidikan. Malang: Pustaka Learning Center.
Yusuf, F. A. (2021). Pengantar Ilmu Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v4i2.7336
Refbacks
- There are currently no refbacks.



Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/
The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International