IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R., Asbari, M., & Damayanti, M. S. (2023). Tiga Level Proses Belajar Efektif: Fundamental, Insightful Knowledge, Specific Skill. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 339–342.
Asbari, M. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Iklim Organisasi terhadap Kinerja Dosen. Journal of Communication Education, 13(2), 172–186.
Azzahra, G. F., Asbari, M., & Ariani, A. S. (2023). Pendidikan Multikultural: Menuju Kesatuan Melalui Keanekaragaman. Journal of Information System and Management (JISMA), 2(5), 1–7.
Bistari Basuni Yusuf. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Pontianak: Universitas Pontianak. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1 (2).
Cakrawala. (2022). “Regency was found to have increased by 10 which can be seen from the increase in the average learning outcomes. Keywords: Implementation, Free Learning Curriculum, and Student Understanding”. Magelang. Repositori IMWI.
Elmi, M., Erna, S., Asshofarul, M., & Heny, K. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Proses dan Hasil Pembelajaran yang Efektif dan Efisien. Journal of Student Research, 1(1), 215–230. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.981
Firmansyah, H. (2023). Proses Perubahan Kurikulum K-13 Menjadi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1230–1240. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4910
Fitriana, L. (2020). Pendidikan Merdeka: Transformasi Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 2(1), 55-66
Ghazali, M. (2019). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Humaniora, 7(2), 79-88. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357
Maryono. (2016). “The Implementation of Schools’ Policy in the Development of the Local Content Curriculum in Primary Schools.” Jurnal Pendidikan Penelitian dan Review
Mobonggi, A., & Hakeu, F. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Damhil Education Journal, 6(8), 6424–6431. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i8.2781
Moleong, & J, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nazariana, N., Akmaluddin, A., & Kasmini, L. (2024). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mendukung Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 1 Montasik. IndoMathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 795–806. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.833
Novita, Dias. (2023). Mewujudkan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Indonesia Maju. https://matabanua.co.id/2023/07/25/mewujudkanpeningkatan-kualitas-pembelajaran-melalui-kurikulum-merdeka-belajar-untuk-indonesiamaju/
Punaji Setyosari, Haji. (2020). Desain Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Riwanto, M. A., & Wulandari, M. P. (2018). Efektivitas penggunaan media komik digital (cartoon story maker) dalam pembelajaran tema selalu berhemat energi. Jurnal PANCAR, 2(1), 14–18.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 1(1), 13–28.
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wena, Made. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yudhana, A. (2021). Merdeka Belajar: Revolusi Pendidikan Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 15–22.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v4i1.7135
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email : jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

