STRATEGI GURU KELAS RENDAH DALAM MENANAMKAN NILAI KARAKTER GEMAR MEMBACA PADA SISWA

Wija Mubarakah

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi guru untuk
mengatasi hambatan dalam menerapkam nilai-nilai karakter gemar membaca
pada siswa dan apa faktror yang menyebabkan siswa kurang gemar membaca
dan belum pandai membaca pada kelas rendah. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui apa saja faktor yang menyebabkan siswa kurang gemar membaca
dan belum pandai membaca pada kelas rendah di SDN 16 Kota Bengkulu dan
bagaimana strategi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan dalam
menerapkan nilai-nilai karakter gemar membaca pada siswa kelas rendah di
SDN 16 Kota Bengkulu. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Jenis penelitian ini, penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa kurang gemar membaca
di SDN 16 Kota Bengkulu pada kelas II D, yaitu terdapat faktor pendukung dan
penghambat. Faktor pendukung antara lain sarana dan prasarana,
materi/bahan ajar yang efektif, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor
penghambat antara lain faktor lingkungan, kurang minat siswa dalam
membaca, faktor intelektual (kecerdasan), dan faktor orangtua. Strategi yang
dilakukan guru kelas rendah dalam menanamkan nilai karakter gemar
membaca pada siswa yang dilakukan guru kelas II D, yaitu strategi
pembelajaran langsung, strategi pembelajaran interaktif, strategi pembelajaran
melalui pengalaman, strategi pembelajaran tidak langsung, dan strategi
pembelajaran mandiri.

 


Full Text:

PDF

References


Agusrini, Sri Puah. 2022. Karakteristik Nilai Gemar Membaca Dalam Pembelajaran PPKN di SMP Angkasa Lanud Adi Soemarno. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anggal, Nikolaus, dkk. 2021. Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Keagamaan Katolik Sekolah Tinggi Kataketik Pastoral Katolik Bina Insan Keuskupan Agung Samarinda. Samarinda: STKPK Bina Insan Samarinda.

Apriyani, Vina. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Tema 3 Kelas V SD/MI.

Armita, Nur. 2022. Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembbiasaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 38 Mataram. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Mataram.

Danim, Sudarwan, and Khairil. 2012. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Efendi, Sudendi Retno. 2020. Pembentukan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah Di SD Islam Muhammadiyah Cipete Cilongok Banyumas.

Elihami. 2019. Pembentukan Karakter Gemar Membaca Anak Melalui Media Buku Cerita Bergambar Usi 5-6 Tahun Di Kelompok B TK Azkia Sukabumi Bandar Lampung. Edumaspu Jurnal Pendidikan, 2(1): 18–42.

Hasanah, Wardatu, 2023. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dalam Menanamkan Karakter Gemar Membaca Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5 (1), 27–36.

Hendrayani, Ade. 2018. Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas Rendah Melalui Penggunaan Reading Corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3): 235-248.

Hidayatulah, Muhammad Hamzah. 2023. Upaya Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesuitan Belajar Membaca, Menulis, Dan Menghitung Siswa Kelas 1 Di MIN 6 Ngawi. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Hikmah, Nuru. 2020. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa di Perpustakaan Sekolah SMAN 1 Tapung. Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Husaini, Ahmad. 2021. Pengaruh Strategi Critical Incident Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas X IPA SMA Swasta Universitas Islam Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2020/2021 Medan Kota. Jurnal Taushiah FAI UISU, 10(2): 171-181.

Irwan P. Ratu Bangsawan. 2013. Mengembangkan Minat Baca. Surakarta: PT Pustaka Adhikara Mediatama

Iskandarwassud. 2013. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khairina, Dita, Heri Hadi Saputra, and Itsna Oktaviyanti. 2023. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Rendah SDN 20 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1): 305-311.

Milachandra, Lestari. 2019, Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesuitan Belajar Siswa Kelas 2 MI AL Maarif 02 Singosari. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. 1(3): 11-32

Munayah, Endang Tati, Latifah, and Tamsik Udin. 2021. Peran Guru Dan Orang Tua Dalam Mengatasi Kesuitan Membaca Dan Menuis Siswa Kelas 1 SDIT Asy-Stafi’iyah Kabupaten Cirebon. Universal Journal of Educational Reserarch, 2(1): 232-245.

Nur’aini, Ita. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Vlog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MAN 1 Malang. Skripsi: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nurafiati, Suastika, Tandiyo Rahayu, and H Harry Pramono. 2022. Strategi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jawa Tengah: Zahira Media Publisher.

Nurhasanah, Siti. 2019. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Setia.

Pratesya, Wika. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Click and Learn Dengan Menggunakan Adobe Flash Pokok Bahasan Tata Surya Kelas VII SMP.

Priasti, Silvia Nur, and Suyanto. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Program Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 7(2):395-407.

Puspitasari, Ika. 2022. Kontruksi Sosial Perilaku Keagamaan Siswa. Surabaya: UM Surabaya Publishing.

Putra, Riza Anugrah, dkk. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(2): 23-36

Rahmawati, Aisyah. 2019. Penguatan Karakter Gemar Membaca Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Melalui Gerakan Literasi Sekolah Di SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sari, Citra Pratama. 2018. Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Basic Education, 7(2):103-118.

Setiawan, Mahendra Dodi. 2020. Studi Tentang Strategi Guru Dalam Menanamkan Karakter Siswa. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Magelang.

Sormin, Darliana, and Fatimah Rahma Rangkuti. 2018. Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa MI Terpadu Mutiara Kota Padang Sidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, 4(2): 219-232.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhara, Yessi Isria, Nuru Delima Kiska, and Febri Tia Aldila. 2022. Hubungan Karakter Gemar Membaca Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Sekolah Dasar. Integrated Science Education Journal, 3(2): 11–25.

Susilawati, Geni. 2022. Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permuaan PadaSiswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 28 Bengkulu Selatan. Skripsi: Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Sutarjo Adisusilo, J.R. 2011. Pembelajaran Nilai-Karakter. Yogyakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suyanto, dan Asep Jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga.

Thursan Hakim. 2000. Belajar Yang Efektif. Jakarta: Niaga Swadaya.

Uei, Nor Vaizah. 2021. Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Mandiri Terhadap Pemahaman Materi Dan Keaktifkan Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fikih Di MTS Miftahussalam Kambeng Slahung Ponorogo. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Utami, Hanan Setya. 2019. Penerapan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Di SD Negeri 1 Cihonje. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Wati, Sentia Tera. 2022. Strategi Guru Kelas Rendah Dalam Menghadapi Siswa Yang Mengalami Keterlambatan Membaca Di SDN 18 Bengkulu Selatan. Skripsi: Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Yusuf, Kadar M. 2013. Tafsir Tarbawih. Jakarta: Amzah.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v3i2.7084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International