Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SD Negeri 52 Kota Bengkulu

Hamdillah Riki Pratama

Abstract


Penelitian penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas v di SDN 52 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas V B berjumlah 20 orang sebagai kelompok Kontrol dan kelas V C berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Tekni pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis menggunakan Uji t. Berdasarkan output diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,007 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar untuk pretest kelas eksperimen dengan posttest  kelas eksperimen, jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan  atau Ha diterima dan H0 ditolak. Saran Setiap guru baiknya memperhatikan kemampuan belajar siswa, terutama pada kemampuan berpikir kreatif dalam kegiatan belajar mengajar berlangsung. Sebaiknya proses belajar mengajar melibatkan keaktifan siswa, dengan pembelajaran akan menjadi menyenagkan dan diaharapkan siswa lebih paham dan pengetahuan yang didapat lebih lama tersimpan dalam ingtan.

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, Rizal, Asep Kuarnia Jayadinata, Isrok Atun. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatf Siswa. Pena Ilmiah, 1(1), 871-880.

Anshori, Muclich, Sri Iswati. 2009. Metodelogi Penelitian Kuantitaif. Surabaya: Airlangga University Press.

Arif, Sukuryadi, Fatimaturrahmi. 2017. Pengaruh Ketersediaan Sumber Belajar di Perpustakaan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Praya Barat. JISIP, 1(2), 108-116.

Nafiah, Yunin Nurun. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143.

Narlan, Abdul, Dicky Tri Junior. 2018. Statistika dalam Penjas. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Novi Marliani. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 5(1), 14-25.

Nuraini, Fivi. Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SD. Fivi Nuraini, 1(4), 369-379.

Setiawan, M. Agung, Dwi Ari Budiretnani, Budhi Utami. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning di Padu Student Facililator and Explaining Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 6 Kediri pada Pokok Bahasan Fungi. Florea. 4(1), 1-4.

Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tarjo. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: CV Budi Utama.

U.S, Supardi. Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 248-262.

Walid, Ahmad, Ardia Tita Kartika, Lydea Eftiwin, Mahdiya Fitri Lubis. 2020. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jartika, 3(1), 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v2i2.3701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International