Peran Guru dan Orang Tua dalam Mengembangkan Nilai-nilai Pendidikan Karakter Peduli Sosial pada Siswa MIN 2 Kota Bengkulu

Ari Purnomo, Nurniswah Nurniswah, Ixsir Eliya

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih kurangnya nilai-nilai pendidikan karakter (peduli sosial) pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan peran guru dan orang tua dalam mengembangkan nilai-nilai karakter (peduli sosial), dan faktor penghambat dalam kurangnya rasa kepedulian sosial pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 2 Kota Bengkulu dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian di ketahui bahwa peran guru terhadap pendidikan karakter (peduli sosial) dikelas V G MIN 2 Kota Bengkulu, sudah menanamkan nilai-nilai karakter dengan cukup baik. Hal tersebut dilihat dari perubahan karakter atau sikap pada diri siswa setiap pertemuan kegiatan belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil analisis data dan observasi, peran guru sebagai pengelola pembelajaran telah menimbulkan karakter mandiri, kreatif dengan memberikan tugas dan memberikan situasi kondusif di dalam kelas kepada siswa.

Full Text:

PDF

References


Afiatin Nisa. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Tehadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, “Jurnal Ilmiah Kependidikan”, Vol. 11. No. 1

Andi Patria, dkk. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbantu Video untuk Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Siswa Kelas IV SD, Jurnal Studidan Pembelajaran, Vol. 4, No. 3

Chairul, Anwar. (2014). Hakikat Manusia Dalam Pendidikan; Sebuah Tinjauan Filosofis, (Yogyakarta: SUKA-Pres)

Chairul Anwar. (2018). The Efectiveness of islamic Religius Education in The Universsities: The Efects on The Student Characters in The Era Industriy 4.0, Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol. 3. No. 1

Daradjat, Zakiah. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Bumi Aksara)

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta : Rineke Cipta)

Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Neolaka, Amos and A. Neolaka Amililia. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup 1st ed. (Depok: Kencana)

Pahlevi, R., & Utomo, P. (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 4(1), 91-102. http://dx.doi.org/10.29300/hawapsga.v4i1.6888

Siti Khaerunnisa. (2020). Peran Guru dalam Mengembangkan Nilai Karakter Peduli Sosial, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 9 No. 2

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kualitatif, dan R&D. (Bandung; ALPABETA)

Utomo, P., & Alawiyah, I. (2022). Family-Based Character Education: The Role of Parenting as the Basic of Character Education for Elementary Children. JPE: Journal of Primary Education, 2(1), 1-9.

Utomo, P., Prayogi, F., & Pahlevi, R. (2022). Bimbingan dan Konseling Keluarga: Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Anak. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(1), 35-50. DOI: 10.24235/prophetic.v5i1.11170

Wawancara, bapak Mirzani, 29 November 2021, pukul 11.00 WIB

Zubaedi, Z., & Utomo, P. (2021). Nilai Kerja dalam Pendekatan Tasawuf dan Pengaruhnya Sebagai Bimbingan Pribadi-Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Masyarakat Modern. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 1(2), 99-112. https://doi.org/10.32939/altifani.v1i2.912




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v2i2.3700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International