Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran PKN Siswa Kelas V A di SD Negeri 75 Kota Bengkulu

Ahmad Agung Kencana Putra, Suhirman Suhirman, Masrifa Hidayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Dalam Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas V A di SDN 75 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan data menggunakan Obesrvasi, Angket, dan Dokumentasi. Teknik analisis menggunakan korelasional product moment (uji “r”). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Diketahui bahwa rxy sebesar 0,587. Kemudian dilanjutkan dengan melihat rtabel nilai koefisien “r” product moment dari 31 dengan taraf signifikan 5% adalah 0,355. Angka tersebut menunjukkan bahwa rxy lebih besar dari rtabel, yaitu 0,587 ≥ 0,355 yang artinya Hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu Terdapat hubungan positif antara motivasi belajar dengan prestasi  belajar dalam mata pelajaran PKn siswa kelas V A di SD Negeri 75 Kota Bengkulu, sedangkan hipotesis (Ho) ditolak.

Full Text:

PDF

References


Ansori Miksan Dkk, 2019, Dimensi HAM dalam undang-undang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003 (Kediri: IAIFA PRESS)

Achmad Badaruddin, 2015, Peningkatan motivasi belajar siswa melalui konseling klasikal, (Padang: CV Abe Kreatifindo)

Ahmad Susanto, 2013, Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar, (Jakarta: Prenadamedia)

Aprida Pane, Belajar dan pembelajaran, Jurnal kajian ilmu-ilmu ke islaman: Volume o3, No 2, Desembser 2017/ e-ISSN : 2460-2345, p-ISSN: 2442-6997.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (Semarang: Aneka Ilmu)

Dimyati Dkk, 2015, Belajar dan pembelajaran, (Jakarta: RINEKA CIPTA)

Feri Tirtoni, 2016, Pembelajaran Pkn diSekolah Dasar, (Yogyakarta: Buku baik)

Ghullam Hamdu DKK, Pengeruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar, Jurnal penelitian pendidikan: Volume 12, No 1, April 2011/ e-ISSN: 1412-565X.

Husamah Dkk, 2016. Belajar dan pembelajaran, (Malang: UMM Press)

Juliansyah Noor, 2016 Metodelogi penelitian, skripsi, tesis, disertasi & karya ilmiah, (Jakarta: PT kharisma putra utama)

M Amin. 2015. Penilaian pembelajaran Pkn MI, (Palembang: Uin Raden Patah)

Moh Zaiful Rosyid DKK, 2019, Prestasi belajar, (Malang: Literasi Nusantara Perum Paradiso Kav A1 Junrejo)

Musfiqon, 2016, Penilaian otentik dalam pembelajaran kurikulum 2013, (Siduarjo: Nizamia learning center)

Naniek Kusumawati Dkk, 2019, Strategi belajar mengajar di sekolah dasar, (Jawa Timur: CV Ae Media Grafika)

Ramon Mohandas, 2014 Buku Guru Mata Pelajaran Pkn, (Jakarta: Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan)

Ramayulis. 2015, Dasar-dasar kependidikan suatu pengantar ilmu pendidikan,(Jakarta: Kalam mulia)

Rahmat Putra Yudha, 2018, Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hungannya dengan hasil belajar, (Pontianak: Yudha English Galleri)

Rochmat Aldy Purnomo, 2016, Analisis statistik ekonomi dan bisnis dengan spss, (Ponorogo: cv wade group)

Sugiyono, 2012 Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta)

Sugiyono, 2017 Statistika Untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta)

Sugiyono, 2017, Metode penelitian kombinasi (Mix Methodes), (Bandung: Alfabeta)

Sugiyono, 2018 Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta)

Sukmawati, 2019, Buku pendamping siswa cerdas modul PPkn SD/MI kelas V (Jakarta: PT Bumu Aksara)

Supriyadi, 2019, Evaluasi Pendidikan, (Pekalongan, PT Nasya Expanding Management)

Shilfia Alfitry, 2020, Model discovery learning dan pemberian motivasi dalam pembelajaran konsep motivasi prestasi belajar siswa, (Pekanbaru: Guepedia)

Utomo, P., Atmoko, A., & Hitipeuw, I. (2018). Peningkatan motivasi berprestasi siswa SMA melalui cognitive behavior counseling teknik self-instruction dan self-monitoring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(4), 416-423. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10725




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v2i2.3699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/

The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International