Pengaruh Kompetensi Guru dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa, pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa dan pengaruh kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas tinggi yaitu kelas 4 dan 5 MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu. Sampel dilakukan dengan metode sampel jenuh. Pengumpulan data ini dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan langsung kepada responden sebanyak 33 Responden. Metode statistik menggunakan analisis Regresi Linear Berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik t dan uji statistik F. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh pada variabel Y prestasi belajar yaitu dengan membandingkan nilai signifikan = 0,05 dengan nilai sig pada tabel coefficents pada variabel kompetensi guru (X1) yaitu sebesar 0,008, artinya 0,008 < 0,05 menunjukkan ada pengaruh antara variabel X1 terhadap variabel Y. Begitu juga pada hasil perhitungan yang telah dilakukan pada variabel fasilitas belajar (X2) yaitu, ada pengaruh variabel fasilitas belajar siswa terhadap variabel prestasi siswa kelas tinggi di MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu, ini dapat diketahui dengan membandingkan nilai signifikan = 0,05 dengan nilai sig pada tabel coefficents pada variabel fasilitas belajar siswa (X2) yaitu sebesar 0,041, artinya 0,041 < 0,05 menunjukkan ada pengaruh antara fasilitas belajar terhadap variabel Y. Kemudian hasil perhitungan kedua variabel yaitu kompetensi guru dan fasilitas belajar siswa terhadap variabel prestasi belajar siswa kelas tinggi di MI Al-Ba’ani Kota Bengkulu dengan melihat nilai rapor siswa, ini dapat diketahui dengan membandingkan nilai signifikan = 0,05 dengan nilai sig pada tabel Anova (F) pada variabel kompetensi guru (X1) dan variabel fasilitas belajar siswa (X2) sebesar 0,000, artinya 0,000 < 0,05 menunjukkan ada pengaruh antara variabel X1 dan variabel X2 terhadap variabel Y.
Full Text:
PDFReferences
Ami Wibawanti. Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 11 Kabupaten Purworejo. (Universitas Muhammadiyah Purworejo, 2016).
Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Karmizan. “Membangkitkan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran dengan
Lesson Study di Kelas Sd Negeri Koto Peraku Kecamatan Cerenti”. Jurnal Pajar, Vol. 2, No. 4, (Universitas Riau, Juli 2018).
M. Iqbal Hasan, 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Noviana eddy dan Otang kurniawan. “Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, dan Pengetahuan”. Jurnal Primary, Vol. 6, No. 2, hal 68 (Program Studi Pgsd Fkip Riau 2017).
Permadi, Arifin. 2010. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Komite
Sekolah, (Bandung: Sarana Panca Karya Nusa.
Popi Soptiatin. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rediana Setiyani. Pengaruh kompetensi pedagogik dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar melalui motivaSsi belajar. (Jurnal UNNES Tahun 2018).
Rian Fauzi. Pengaruh persepsi atas kompetensi pedagogic guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar IPS Siswa (Survey Pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Lebak Provinsi Banten). Jurnal PEndidikan Dasar Setiabudhi Vol.3 no.2 Tahun 2020
Tulus Tu’u. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v2i1.3687
Refbacks
- There are currently no refbacks.



Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email: jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id
https:/ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/jpe/
The Journal of Primary Education (JPE) © 2021 by UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International