Upaya meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembuatan Kelengkapan Perangkat Pembelajaran Melalui Daring Melalui Supervisi Kepala Sekolah di SDN 73 Seluma

Suharyari Suharyari, Azwar Rahmat

Abstract


Tujuan dalam penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam pembuatan kelengkapan perangkat pembelajaran daring melalui supervisi Kepala Sekolah Di SD Negeri 73 Seluma Tahun Pelajaran 2020/2021. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan siklus I dan siklus II tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa: Melalui supervisi Kepala Sekolah di SD Negeri 73 Seluma tahun pelajaran 2020/2021 kemampuan guru dalam membuat kelengkapan perangkat pembelajaran daring mengalami peningkatan secara signifikan. Jika pada siklus I total nilai rata-rata keseluruhan hanya kompetensi guru meningkat dari siklus I yaitu persentase ketuntasan 66,67% dan 88,89% pada siklus II guru secara umum dikatakan tuntas dengan total nilai peningkatan rata-rata guru adalah adalah 8,67 dan total peningkatan persentase adalah 22,22% hal ini menunjukan usaha perbaikan yang dilakukan peneliti pada siklus II membawa perubahan. Supervisi akademik efektif digunakan untuk meningkat kompetensi guru  di  SD  Negeri  73  Seluma  dalam  pembuatan  kelengkapan perangkat pembelajaran daring.


Full Text:

PDF

References


Ali, Zainudin. 2011. Pendidikan Agama Islam. Jakarta : Bumi Aksara

Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam ; Upaya Pembentukan Pemikiran Dan Kepribadian Muslim. Bandung : Remaja Rosdakarya

Amri, Muhammad dkk. 2019. The Implementation of Islamic Education: The Process of Instilling Akhlakul Karimah (Noble Characters) for MadrasahmTsanawiyah Students, Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Vol 4 No 1. http://pdf.semanticscolar.org

Afriantoni. 2015. Prinsip-Prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda Pemikiran Ulama Sufi Turki. Yogyakarta : Deepublish Publisher

Bakhtiar, Nurhasanah. 2013. Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta:

Aswaja Pressindo

Hamdani dan Beni Ahmad Saebani. 2013. Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung : CV Pustaka Setia

Hidayat, Enang. 2019. Pendidikan Agama Islam Integrasi Nilai-Nilai Aqidah, Syriah, dan Akhlak. Bandung : PT Remaja Rosdakrya

Kosim, Abdul dan Fathurrohman. 2018. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Bandung : PT Rosdakarya

Lubis, Mukhlis. 2017. Nurturing Akhlakul Karimah On Junior High School Students (A Case Studyof Alhusnayain Integrated Islamic Junior High School Panyabungan). TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman. Vol. 03 No. 2 jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/TZ/

Mahmud. 2013. Paradigma Pendidikan Anak Dalam Islam. Bandung : CV Pustaka Setia Majid, Abdul. 2011. Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya

Mardani. 2017. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Depok : Kencana Masduqi , Mas’ud. 2017. Pendidkan Akhlak Kontekstual. Semarang: Pilar Nusantara

Rasima, Hasan Basri. 2018. Implementation of Holistic Education in Shaping Akhlakul Karimah at Madrasah Aliyah Al-Munawwarah Guppi in Parepare. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. volume 2 no 31. Http://atlantis_press.com

Rohidin. 2018. Pendidikan Agama Islam Sebuah Pengantar. Yogyakarta : FH UII Pres

Rustam, Rusja dan Zainal A. Haris. 2018. Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Deepublsih Publisher

Sarinah. 2017. Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta : Deepublish

Tantowi, Ahmad. 2009. Pendidikan Islam Di Era Transformasi Global. Semarang : PT. Rizki Putra

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. PT Imperal Bhakti Utama. 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v1i2.3671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email : jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

 

 Journal of Primary Education © 2021 is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International