Implementasi Media Pop Up dalam Pembelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19

Yuda Brata Erlangga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media Pop Up dalam pembelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19 di SD Negeri 01 Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media Pop Up pada pembelajaran IPA adalah: (1) Perencanaan dalam implementasi penggunaan media Pop Up pada Pembelajaran IPA yaitu menyiapkan suatu Rencana Perencanaan Pembelajaran dan juga menyiapkan media Pop Up. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan media Pop Up yaitu menyiapkan materi, mengajarkan dengan media Pop Up dan diakhiri dengan evaluasi pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini adalah dalam perencanaan guru menyiapkan suatu rancangan pembelajaran (RPP) IPA, Silabus IPA dan media Pop Up yang digunakan untuk proses pembelajaran IPA. Pelaksanaan pada pembelajaran dikelas dengan guru menggunakan media Pop Up pada pelajaran IPA menjadikan siswa lebih mudah memahami materi dengan maksimal meskipun singkatnya waktu pembelajaran dikelas.


Full Text:

PDF

References


Andri Anugrahana. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Volume 10 Nomor 3 Tahun 2020

I Kadek Sentarik dan Nyoman Kusmariyatni. Media Pop-Up Book pada Topik Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar, Jurnal Imiah Sekolah Dasar Volume 4 Nomor 2 Tahun

Metta Ariyanto, Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble , Profesi Pendidikan Dasar Volume: 3 Nomor 2 Tahun 2016

Rahajeng Sita Nariswari, Skripsi: ”Pengembangan Media Buku Pop-Up Untuk Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Klaten” (Yogyakarta: Uiversitas Negeri Yogyakarta, 2018)

Safrina Junita dan Munzir, Penerapan Media Pop-Up Book Untuk Pemahaman Sub Tema Ketampakan Rupa Bumi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa Volume 07 Nomor 1 Tahun 2020

Sugiyono. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2018) Sungkono, Pemilihan dan Penggunaan Media dalam Proses Pembelajaran, Majalah Ilmiah

Pembelajaran Volume 4 Nomor 1 Tahun 2008

Wahyu Aji Fatma Dewi. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v1i2.3661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email : jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

 

 Journal of Primary Education © 2021 is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International