Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Point Pelanggaran di Sekolah Dasar Al- Ma’soem Jatinangor Bandung Jawa Barat

Rakanita Diyah A. K, Nailis Sa’adah, Infitahul Wardah, Nada Zulfia, Wardah Mashfiya, Miladia Nur

Abstract


Pembentukan karakter anak perlu dilakukan untuk memupuk dirinya sejak dini, sejatinya karakter menjadikan anak baik dalam berperilaku. Tujuan penelitian untuk memahami bagaimana membentuk karakter disiplin murid melalui point pelanggaran di SD Al-Ma’soem Jatinangor Bandung Jawa Barat. Metode studi lapangan dengan pendekatan kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menjelaskan pembentukan karakter disiplin murid SD Al-Ma’soem Jatinangor Bandung bahwa murid harus diikat dan dibentuk dengan aktivitas-aktivitas di sekolah yang tentunya menyuguhkan mereka agar memiliki cara berfikir yang tanggap mengenai problem-problem moral. Mengaspirasi murid untuk tetap kukuh dengan aktivitas moral, serta mewariskan mereka untuk mempraktikkan dan memakai aktivitas moral tersebut. Kegiatan pembentukan karakter di Yayasan Al-Ma’soem Jatinangor Bandung berfokus pada sifat kepercayaan, kesadaran diri, penghargaan, ketertarikan, kemurnian, kewarganegaraan, kekukuhan, kegigihan,dan integritas.


Full Text:

PDF

References


Ajat Sudrajat. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Amanda Nur Apriana. (2021). Proses Pembentukan Karakter Disiplin Tanggung jawab dan Kemandirian melalui Program Pembiasaan dan Keteladanan. Journal Riset Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i1.15

Ika Ernawati. (2016). Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisiplinan Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(6). https://doi.org/1031316/g.couns.v1i1.40

Inswide. (2021). Wawasan Pendidikan Karakter. PT Nasaya Expanding Managemen.

Listin Lia. (2021). Analisis Pembelajaran Pendidikan Karakter Disiplin. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.36423/pjsd.v1i1.641

Muhammad Sobri dkk. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur

Ajat Sudrajat. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Sekolah. Jurnal Pendidikan IPS, 6(1). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912 Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Caremedia Communication. Sukiyat. (2020). Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. CV Jakad Media Publishing. Yeni Wulandari dan Muhammad Kristiawan. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan

Karakter Bagi siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang tua. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 2(2). http://dx.doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana.

Zubaidi. (2011). Pendidikan Karakter. Prenanda media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v1i2.3658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :
________________________________________________

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia

Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172

Email : jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

 

 Journal of Primary Education © 2021 is licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International