Pengaruh Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) terhadap Hasil Belajar Matematika
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa kurang, siswa kurang disiplin pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung, guru belum optimal dalam memberikan motivasi kepada siswa, strategi yang dipakai oleh guru belum optimal, kurangnya luar belajar dan tukang pengajar ataupun pendidik dan hasil belajar siswa masih rendah. Atas dasar ini, rumusan permasalahan dalam peneltian ini adalah apakah pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang siswa, sehingga penelitian ini adalah penelitian langsung yaitu dengan memberikan pertanyaan berupa angket kepada siswa. Adapaun tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Hipotesis penelitian ini adalah “ada pengaruh antara pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020. Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan besarnya pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu. Hal ini dibuktikkan dengan analisis korelasi “r” hitung sebesar 0,922 lebih besar dari “r” tabel pada taraf signifikan 5% yaitu sebesar 0,304 dan pada taraf signifikan 1% sebesar 0,393 sedangkan perhitungan regresi sederhana yaitu Y= 65,716
+ (0,185) (40,20) = 73,153. Atas dasar ini, terbukti adanya pengaruh pemberian pekerjaan rumah (PR) terhadap hasil belajar matematika kelas V di SD Negeri 84 Kota Bengkulu.Full Text:
PDFReferences
Hermawan, Asep Herry. Dkk. 2013. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Jalaluddin. “Panduan Praktis Menulis Proposal dan Laporan PTK,” dalam Depdiknas,“Permendidaknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi”. Jakarta: Depdiknas.
Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitan Penerapan Bidang Pendidikan.
Yogyakarta: Alfabeta.
Raymond J. Wlodkowski, Judith H, Jagnes. 2004. “Hasrat Untuk Belajar”, (Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah Dan Tadris, IAIN Bengkulu.
Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sari, Aprilia Intan Permata. Dkk. 2014. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Joyful Learning pada Materi Pokok Koloid Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Simo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3 (1), 19.
Soetomo. 2005. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional. Subana, Dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sugiyono. 2007. Metode Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syam’s, Rosma Hartiny. 2010. Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Yogyakarta: Teras.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpe.v1i1.3603
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah, Kelurahan Pagar Dewa Kota Bengkulu 38211
Bengkulu, Indonesia
Telp/fax : (0736) 51276 / (0736) 51171 - 51172
Email : jpe@mail.uinfasbengkulu.ac.id

