Perkembangan moral judgment menurut piaget dan kohlberg
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perkembangan penilaian moral menurut teori Jean Piaget dan Lawrence Kohlberg. Kedua tokoh ini memiliki kesamaan pandangan bahwa perkembangan moral merupakan proses bertahap yang berjalan seiring dengan pertambahan usia dan perkembangan kemampuan kognitif individu. Baik Piaget maupun Kohlberg sepakat bahwa pemahaman moral bersifat dinamis, berkembang melalui pengalaman serta interaksi sosial. Anak-anak pada awalnya memahami moral secara sederhana, berfokus pada aturan eksternal atau dampak langsung, namun seiring waktu mereka beralih ke pemahaman moral yang lebih kompleks, adil, dan didasarkan pada prinsip universal. Dengan demikian, perkembangan moral menurut kedua teori ini bergerak dari orientasi yang cenderung konformis, menuju pemahaman yang lebih mandiri dan berdasarkan nilai sosial yang lebih mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menganalisis 20 jurnal sebagai data primer. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu tahap pertama, menentukan tema penelitian, tahap kedua, menyeleksi artikel jurnal yang relevan dan terbit dalam 10 tahun terakhir, tahap ketiga, meninjau 8 artikel yang telah dipilih, tahap keempat, mengkategorisasi temuan, dan tahap kelima, menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian moral berhubungan erat dengan tindakan manusia yang mencakup nilai-nilai moral, prinsip, agama spiritual, keadilan sosial, analisis kritis, penguatan moral, dan pendidikan karakter. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi dasar untuk kajian lebih mendalam terkait perkembangan penilaian moral dalam berbagai aspek kehidupan.
This research aims to explain the development of moral judgment according to the theories of Jean Piaget and Lawrence Kohlberg. These two figures share the same view that moral development is a gradual process that goes along with increasing age and the development of an individual's cognitive abilities. Both Piaget and Kohlberg agree that moral understanding is dynamic, developing through experience and social interaction. Children initially understand morals in simple terms, focusing on external rules or immediate impact, but over time they move to a more complex, just, and based on universal principles. Thus, moral development according to these two theories moves from an orientation that tends to be conformist, towards an understanding that is more independent and based on deeper social values. The method used in this research is a literature study by analyzing 20 journals as primary data. Data analysis was carried out in several stages, namely the first stage, determining the research theme, the second stage, selecting relevant journal articles published in the last 10 years, the third stage, reviewing the 8 selected articles, the fourth stage, categorizing the findings, and the fifth stage, draw a conclusion. The research results show that moral judgment is closely related to human actions which include moral values, principles, spiritual religion, social justice, critical analysis, moral strengthening, and character education. It is hoped that this research can become a basis for more in-depth studies regarding the development of moral judgment in various aspects of life.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v3i2.6329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Alia Mifta Hunni'mah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

