Gambaran Perilaku Remaja yang Bermain Chip Domino di Desa Penantian, Kecamatan Kelam Tengah, Kabupaten Kaur

Agel Syah Tra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku remaja yang bermain  game chif domino di Desa Penantian. Batasan penelitian dibatasi dengan tiga aspek (Aspek kognitif, afektif, Psikomotorik). Manfaat Penelitian Peneltian ini terbagi menjadi 2 yaitu manfaat teoritis dan praktis. Teori Moleong digunakan sebagai  bahan kajian ini. Metode penelitian deskritif kualitatif dengan teknik pengumpulan data  yaitu Melalui Observasi, wancara, dokumentasi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah informan penelitian yang diambil yaitu 5 orang.  Lokasi penelitian di Desa Penantian, Kecematan Kelam Tengah, Kabupaten Kaur. Penemuan penelitian menunjukkan bahwa gambaran perilaku remaja yang bermain game chif domino itu, Pada aspek Kognitif menunjukkan bahwa pengetahuan, pemahaman serta kemahiran mereka dalam bermain chif domino ini sudah sangat detail terlait dengan semua tools, ada dua orang dari lima orang informan itu detail sekali dan tiga orang masih perlu tutorial. Kemudian pada aspek afektif ketika bermain mereka sering menunjukkan perubahan aspek emosi yang berdinamika misalnya ada juga dari dua orang itu cenderung agresif, marah-marah, mereka kesal berlebihan  ketika tidak menang, walaupun pengaruhnya memberikan pengaruhnya memberikan gemaberi ketika bermain namun hanya sesaat. Pada aspek psikomotorik mereka menunjukkan perilaku mereka yang suka bolos, ada yang menggadaikan barang, mencuri,akademik yang kurang.

Full Text:

PDF

References


Nilwan, A. (2008). “Pemprograman animasi dan game Profesional”. Elex Media Komputindo. jakarta

Angela. Pengaruh Game Online Terhadap Maotivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan

Mahendra., & Ikhsan, T. (2017). “ Peran media social instagram dalam pembentukan kepribadian remaja usia 12-18

Ma’Mur, J. (2012). “ Kiat mengatasi kenakalan remaja di sekolah” (Jogjakarta : Bukubiru).

Harahap, N. (2020) Penelitian Kualitatif, (Medan: Wal Asri Publishing, 2020)

Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir. ejournal Ilmu Komunikasi. Vol. 1. No. 2. 2013. h.533. tersedia: https://www.scribd.com/.../Jurnal-PDF-07-16-13-03-1,

Khoiriyah, S. (2019). “ dampak game online terhadap perilaku remaja dalam pelaksanaan ibadah sholat lima waktu di desa rengai kecematan katibul kabupaten lampung selatan”. Uin Raden Intan Lampung, 2019.

Sejati, S. (2015) Dinamika Kelompok dalam Psikologi Sosial, (Bogor: IPB Press)

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, R&D (Bandung:Alfabeta)




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v3i1.4575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Islamic Guidance and Counseling