Motivasi Belajar, Stress Akademik dan Kesehatan Mental Remaja

Roni Santoni, Puput Indah Lestari, Cylen Febiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh motivasi belajar dan stress akademik terhadap kesehatan mental pada remaja di Bengkulu selatan. Secara teori motivasi belajar seorang siswa dapat mempengaruhi kesehatan mental dan stress akademik dapat mempengaruhi kesehatan mental seorang siswa. Jenis penelitian ini kuantitatif regresional, dengan jumlah sampel 102 remaja di SMAN 8 Bengkulu Selatan. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Pengambilan data dengan menyebarkan angket dan dianalisis menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R (0,340) berkekuatan lemah dan berarah positif serta nilai dengan Sig. 0,000<0,05. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan  antara variable motivasi belajar dan stres akademik terhafap kesehatan mental. Nilai R2(0,115) atau sebesar 11,5% pengaruh kedua variable terhadap kesehatan mental remaja.

Full Text:

PDF

References


Agustina, M. T., & Kurniawan, D. A. (2020). Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid -19. Jurnal Psikologi Perseptual , 120-126.

Barseli, M., Ahmad, R., & Ifdil. (2018). Hubungan Stres Siswa dan Hasil Belajar. Jurnal Edocation , 4 (1), 4047.

Dewi, D. K., Savira, S. I., Satwik, Y. W., & Khoirulnisa, R. N. (2022). Profil Perceive Academic Stress pada Siswa. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan , 13 (3), 395-402.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Siswa dalam Belajar. Lantanida Jurnal , 5 (2), 93-196.

Erindana, F. U., Nashori, F., & Tasufi, N. F. (2021). Penyesuian Diri dan Stres Akademik Siswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi , 4 (1), 11-18.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubunagan Antara Motivasi Belajar dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD , 4 (1), 48- 53.

Febriana, I., & Simajuntank, E. (2021). Self Regulated Learning dan Stess Academik Pada Siswa. Jurnal Experiantia , 9 (2), 144-152.

Ifdil. (2018). Mengembangankan Kesehatan Mental di Lingkungan Keluarga dan Sekolah. Jurnal Of Inovatif Conseling , 2 (2), 1-9.

Indriyani, S., & Handayani, N. S. (2018). Stress Akademik dan Motivasi Belajar pada Siswa yang Berkerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi , 11 (2), 153-160.

Lubis, H., Rahmadani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik dalam Melaksanakan Kuliah Dariang Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikustudia Jurnal Psikologi , 10 (1), 31-39.

Mulistuti, E., Syahza, A., & Suarman. (2022). Faktor Penentu Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri Kecematan Tambang. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran) , 6 (2), 446-456.

Nindyanti, A. D. (2020). Kecerdasan Emosi dan Stress Akademik Siswa Peran Jenis Kelamin Sebagai Moderator dalam Sebuah Studi Empirik di Universitas Paramadina. Jurnal Psikologi Sians Dan Frofesi , 4 (2), 127-134.

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Mata Pelajaran Akutansi X Jurusan Akutansi Semester Ganjl SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi , 11 (2), 115-119.

Nufaliza, & Hindtasti, N. E. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian IlmuP Pendidikan , 4 (2), 96-106.

Nur, A. A., Cahyanti, L., Yuliana, A. R., Fitriana, V., & Pramudaningsih, I. N. (2023). Kesehatan Mental Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19. Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat , 12 (1), 66-74.

Prasetya, A. L., Merida, S. C., & Novianti, R. (2022). Hardiness dan Stres Akademik Siswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Journal Of Psicological Student , 1 (1), 11-24.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar , 8 (2), 289-301.

Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2019). Hubungan Self Effycacy dan Stres Akademik Mahasswa. Consilium , 6 (2), 91-95.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro , 3 (1), 73-84.

Suryanto, A., & Nada, S. (2021). Analisis Kesehatan Mental Siswa Perguruan Tinggi pada Awal Terjadinya Covid 19 di Indoneisa. Jurnal Citizhinship Virtues , 1 (2), 83-97.

Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Stress Akademik Siswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman , 9 (3), 173-189.

Suwijik, S. P., & A'yun, Q. (2022). Pengaruh Kesehatan Mental dalam Upaya memperbaiki dan Mengoptimalkan Kualitas Hidup Perempuan. Jurnal of Peminim And Gender Studies , 2 (2), 109-123.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v2i3.2448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ISTISYFA