Karakteristik Problematika Anak Penyandang Tuna Laras Perspektif Pendidikan Agama Islam

Nanik Nanik

Abstract


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui problematika yang paling dominan pada Penyandang Tunalaras. Tunalaras adalah seseorang individu yang mengalami kondisi pada gangguan emosi dan tingkah laku yang menyimpang. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini diperoleh dari 2 penyandang Tunalaras berdasarkan dari penjelasan masing-masing penyandang Tunalaras.  Ruang lingkup objek penelitian ini adalah bidang pribadi dan keluarga informan. Instrumen penelitian yang digunakan penelitian yang berupa wawancara, pemberian Daftar Cek Masalah (DCM) dan juga observasi atau pengamatan secara langsung. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik keabsahan data triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak tunalaras memiliki permasalahan yang berkaitan dengan ketidakmampuan dalam mengontrol emosinya sehingga anak tularas ini tidak mendapat respon yang baik dilingkungannya.

Full Text:

PDF

References


Aditya, S A. 2018. Pendidikan Insklusif Bagi Siswa Tunalaras. Jurnal Jassi Anakku. Vol. 19(2). 51-58.

Ariffiani, G. 2017. Identifikasi Perilaku Sosial Siswa Tunalaras Di Slb E Prayuwana Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Jakarta.

Atang, S. 2009. Mengembangkan motivasi Belajar Pada Anak Tuna Laras. Jassi Anakku. Vol 8(1). 54-60.

Hanif, A S & Sujarwanto. 2010. Program Layanan Bimbingan Konsep Diri (Self Concept) Pada Siswa Tunalaras. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 16(1). 53-61.

Khasanah, E Z. 2015. Peningkatan Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Melalui Metode Karyawisata Pada Siswa Tunalaras Kelas Iii Slb E Prayuwana Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Jakarta.

Mardiyah. 2015. Peran Orang Tua dalam pendidikan Agama Terhadap pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan. Vol 3(2). 109-122.

Muhtadi. 2017. Peran Orangtua Terhadap Pembinaan Akhlak Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi Universitas Darul ‘Ulum Jombang.

Mulyan. 2009. Perilaku Delinkuen Ditinjau dari Kecerdasan Emosi Penayandang Tuna Laras Di Slb-E Bhina Putera Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nurisani. 2017. Bimbingan Dalam Menanamkan Prilaku Keberagamaan Pada Anak Tuna Laras Di Madrasah Ibtidaiyah Keji Unggaran Barat. Skripsi Universitas Islam Negeri Walisonggo.

Nur, K. 2018. Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunalaras. Skripsi Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga Yogyakarta.

Rani, K, Rafikayati A, Jauhari, M N. 2018. Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Adimas Adi Buana. Vol 2(1). 55-64.

Rohmawati, U B. 2017. Peran Keluarga Dalam Mengurangi Ganguan Emosional Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Islam Al Ulya.Vol 2 (2). 118-126.

Sakina, G. 2017. Model pembelajaran Agama Islam bagi anak Tunalaras di SMP Muhammadiyah Salatiga. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Setiawan, A, Suryaningsih, Solina, E. 2018. Peran orangtua Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di SLBN Bintar. Skripsi Universitas Marintim Raja Ali Haji.

Verrysaputro, E A, Ardhiantoro, A R, Ciptanti, R P & Palupi, N T. 2014. Program “Lombok Rawit” Sebagai Sarana Terapi Bagi Anak Tuna Laras. Pelita Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY. Vol IX(2). 125-132.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v1i3.2426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ISTISYFA