Persepsi Mahasiswa terhadap Kesehatan melalui Iklan Bahaya Rokok “Rokok dapat Membunuhmu”

Ropikah Ropikah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Mahasiswa melalui iklan bahaya merokok bagi Mahasiswa di UINFAS Bengkulu terutama di Prodi Bimbingan Konseling Islam. Penelitian ini termasuk pada jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Responden penelitan sebanyak 188 Mahasiswa yang terdiri dari perempuan sebanyak 111 (59%) orang dan Laki-laki sebanyak 77 (41%) orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa memiliki persepsi yang positif terhadap bahaya iklan rokok atau sudah tau bahwa iklan rokok ini berbahaya sebanyak 108 orang dan yang negatif sebanyak 80 orang yang mengatakan bahwa rokok hanya biasa-biasa saja atau tidak terlalu berbahaya dengan 15 pernyataan di dalamnya.

Full Text:

PDF

References


Afif, A. N., & Astuti, K. (2015, Februari). Hubungan Antara Persepsi terhadap Iklan Rokok dengan Perilaku Merokok pada Remaja. Insight, 17, 1-10.

Asmaunizar. (2018, Juli). Pengaruh Iklan Bahaya Merokok Terhadap Tingkat Konsumsi Rokok Pada Masyarakat Pekerja Keras/Tukang Bangunan di Gampong Keutapang Lhoksukon Aceh Utara. Manajemen dan Administrasi Islam, 2, 127-146.

Devhy, N. L., & Widana, A. O. (2020, April). Opini Remaja tentang Peringatan Kesehatan Bergambar dan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok. Public Health, 3, 32-40.

Dewi, N. C., & Damayanti, R. (2008, Oktober). Perbedaan Persepsi Gambar Peringatan Bahaya Merokok antara Masyarakat Jakarta dan Cirebon. Kesehatan Masyarakat Nasional, 3, 76-83.

Dwinugraha, S. S., & Kristiana, N. (2016). Tinjauan Desain Peringatan Bahaya Merokok oleh Dinas Kesehatan Republik Indonesia pada Kemasan Rokok. Pendidikan Seni Rupa, 04, 087-096.

Erfiana, D., Murtono, & Setiawan, D. (2021, April). Persepsi Mahasiswa Perokok mengenai Gambar Peringatan Bahaya Merokok pada Kemasan Rokok bagi Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Universitas Muara Kudus. Dinamika Pendidikan, 14, 133-151.

Fuad, A. (2014, Agustus). Dampak Persepsi Masyarakat terhadap Visual pada "Disclaimer" Mengenai Peringatan Bahaya Merokok pada Media Iklan Rokok Cetak dan Elektronik. Inosains, 9, 61-68.

Hamdan, S. R. (2015, Juni). Pengaruh Peringatan Bahaya Rokok Bergambar pada Intensi Berhenti Merokok. Mimbar, 31, 241-250.

Harun, C., Isro'in, L., & Sriwahyuni, N. (2017, 09). "Saya Tidak Takut Mati" Mispersepsi terhadap Iklan Bahaya Merokok di Ponorogo. For Health Sciences, 01, 14-20.

Kurniawan, H., Arifuddin, A., & Masrida. (2017, Januari). Dampak Media Iklan (Billboard Rokok ) terhadap Perilaku Merokok Siswa di SMK Negeri 3 Palu. Kesehatan Tadulako, 3, 1-84.

Laia, N. M., Zega, U., & Fau, Y. V. (2020, Agustus). Pendidikan Biologi. Persepsi Masyarakat Desa Sisarahili Susua Terhadap Bahaya Rokok bagi Kesehatan, 2, 1-13.

Pinaryo. (2016, Januari). Pengaruh Iklan Layanan Masyarakat Pictorial Health Warning (PHW) pada Bungkus Rokok di Warung Kopi Doel Surya Ponorogo. Aristo, 4, 120-129.

Supeno, Razi, F., Ansori, & Syaputra, D. (2021, Oktober). Tingkat Persepsi Mahasiswa Terhadap Kota Jambi Sebagai Kawasan Tanpa Asap Rokok (Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2017). Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 2, 1145-1150.

Trisnowati, H., Nabut, O. E., & Marlinawati, U. (2018, Juli). Persepsi terhadap Peringatan Kesehatan Bergambar pada Bungkus Rokok dan Perilaku Merokok Remaja di Yogyakarta. Kedokteran dan Kesehatan, 14, 10-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v1i3.2422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ISTISYFA