Prokrastinasi Siswa Ditinjau Melalui Coping Stress Studi di SMAN 5 Bengkulu Tengah

Rahmat Ramdhani, Lailatul Badriyah, Cindi Claudia Devanda

Abstract


Perilaku prokrastinasi sering terjadi pada siswa terutama pada siswa kelas XI SMAN 5 Bengkulu Tengah yang menyebabkan dampak yang buruk pada tingkat pembelajaran dan kurangnya kontrol stress yang merupakan sebab utama terjadinya perilaku prokrastinasi sehingga para siswa memerlukan coping stress untuk mengurangi perilaku prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah hubungan coping stress terhadap perilaku prokrastinasi pada siswa kelas XI SMAN 5 Bengkulu Tengah. Metode penelitian ini menggunakan korelasional dengan pengambilan sampel bejumlah 127 siswa terdiri dari laki-laki 68 orang dan perempuan 59 orang. Hasil penelitian menunjukkanbahwa adanya korelasi sebesar 0,535 dengan taraf sigifikansi 0,00 yang artinya rhitung < rtabel 0,1743 menunjukkan bahwa adnya hubungan positif yang signifikan antara coping stress terhadap perilaku prokrastinasi yang cukup kuat dengan nilai R square 0,287 atau 28,7 % coping stress dapat memberikan sumbangsih terhadap peningkatan terhadap perilaku prokrastinasi.

Full Text:

PDF

References


Fauziannisa, M., & Tairas, M. M. (2013, Desember). Hubungan antara Strategi Coping dengan Self-efficacy pada Penyalahguna Narkoba pada Masa Pemulihan. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 02(03), 136-140.

Hadriana, S. (2018, Desember Jumat). Soal Soal 77% Mahasiswa Mengakui Prokrastinasi Akademik, Ini Solusi dari Ketua Konseling Unhas. (S. Hadriana, Editor) Retrieved Juli Minggu, 2022, from Identitas Unhas: https://identitasunhas.com/soal-77- mahasiswa-mengakui-prokrastinasi-akademik-ini-solusi-dari-ketua- konseling-unhas/

Hanifah, N., Lutfia, H., Ramadhia, U., & Purna, R. S. (2020, April). Strategi Coping Stress Saat Kuliah Daring Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2019 Universitas Andalas. Jurnal Psikologi Tabularasa, 15(1), 29-83.

Hasanah, M., & Muslimin, Z. I. (2016). Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik Dengan Perilaku Mencontek Pada Siswa SMK "X" di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 4(2), 128-137.

Khairat, U., Maputra, Y., & Rahmi, F. (2014, November). Pengaruh Prokrastinasi Akademik Terhadap Perilaku Menyontek Pada Siswi Sma Di Pesantren X”. Jurnal RAP UNP. Jurnal RAP UNP, 5(2), 192-203.

Nancy, Y. (2019, Oktober Kamis). Prokrastinasi: Saat Kita Gemar Menunda Pekerjaan Hingga Menit Akhir. (Y. Ramadhani, Editor, & Y. Nancy, Producer) Retrieved Juni Minggu, 2022, from tirto.id: https://tirto.id/prokrastinasi-saat-kita- gemar-menunda-pekerjaan-hingga-menit-akhir-ejTL

Novritalia, K., & Maimunah, S. (2014, Januari). Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Akselerasi Dengan Reguler Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 02(01), 89-102.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Utaminingsih, S., & Setyabudi, I. (2012, Juni). Tipe Kepribadian Prokrastinasi Akademik Pada Siswa "X" Tanggerang. Jurnal Psikologi, 10(1), 48-57.

Wibawa, N. A., & Widiasavitri, P. N. (2013). Hubungan antara Gaya Hidup Sehat dengan Tingkat Stres Siswa Kelas XII SMA Negeri di Denpasar Menjelang Ujian Nasional Berdasarkan Strategi Coping Stres. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 138-150.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/istisyfa.v1i1.2410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ISTISYFA