TUHAN DAN MANUSIA
Abstract
Dalam tulisan ini Penamaan Tuhan sebagai Rabb,Malik dan ilaah, yang mana Tuhan itu sendiri adalah sesuatu yang tedapat dalam pikiran (mind) manusia.Dalam struktur manusia, hati merupakan kamar kecil yang terdapat di dalamnya yaitu hati nurani atau suara hati atau merupakan satu titik kecil atau kotak kecil yang tersembunyi secara kuat dan rapih di dalam hati, hati nurani merupakan garis manusia dengan Tuhan atau yang menghubungkan manusia dengan Tuhan
Sedangkan Manusia adalah suatu makhluk pilihan Tuhan, sebagai khalifah-Nya di muka bumi, serta sebagai makhluk yang semi-samawi dan semi-duniawi, yang didalam dirinya ditanamkan sifat mengakui Tuhan, bebas, terpercaya, rasa tanggung jawab terhadap dirinya maupun alam semesta; serta karunia keunggulan atas alam semesta, langit, dan bumi, yang memeiliki pengungkapan- pengungkapan sebagai Al- Basyar, An- nas, al- insan dan Bani Adam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Suriasumantri, Jujun S. Filsafat Ilmu : Sebuah Pengantar Populer (Jakarta : Sinar Harapan. 2007) Hal. 31
Tim Prima Pena, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Gita Media Press, hal. 772.
Karen Amstrong, Alih Bahasa: Zaimul Am, Sejarah Tuhan, (Bandung: Mizan, 2001) hal 235.
Amsal Bakhtiar, Filsafat Agama, ( Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012) hal. 196.
Suriasumantri, Jujun S. Filsafat Ilmu : Sebuah Pengantar Populer. (Jakarta : Sinar Harapan. 2007) Hal. 33
Ismail, Filsafat Agama, ( Bengkulu: IPB Press, 2015) .hal.103
Karen Amstrong, Op, Cit., hal 234.
Anisa’ul Qoni’ah,Makalah: Pengertian Filsafat Agama, Bengkulu, 2013, hal 7.
Amsal Bakhtiar, Op, Cit,. Hal 176-179.
Geddes Mac Gregor, Introduction to Religius Philosophy, ( London: Macmillan LTD,1960) hal.255.
Hamzah Ya’kub, Filsafat Agama, ( Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1991), Hal.1.
Sayyid Sabiq, Akidah Islam, ( Surabaya: Al-Ikhlas,1996) , hal. 51.
Usman A. Hakim, Kamus Bahasa Indonesia, J( akarta:Balai pustaka 2001), hal 212
Murtadha Muthahhari, Perspektif Al-Qur’an Tentang Manusia dan Agama,( Bandung: Mizan, 1992 ).hlm,117
Muhammad Fu’ad ‘Abdul Baqi, al-Mu’jam al-Mufahras li Alfazh al-Qur’an al-Kar³m,(Qahirah : Dar al-Had³ts, 1988), hal 153-154
M.Quraish Shihab, Wawasan al Qur’an,(Bandung : Penerbit Mizan, Cetakan VII, April 1998).hal 279
Rif’at Syauqi Nawawi, Konsep Manusia Menurut al-Qur’an dalam Metodologi Psikologi Islami, Ed. Rendra (Yogyakarta Pustaka Pelajar, 2000), hal. 5.
M. Quraish Shihab, Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudu’i atas Berbagai Persoalan Umat (Bandung : Mizan, 1998) hal. 281
Dawam Raharjo, Pandangan al-Qur’an Tentang Manusia Dalam Pendidikan Dan Perspektif al-Qur’an ( Yogyakarta : LPPI, 1999) hal. 53
Ibid,.hal 159
Op.cit,. Dawam Raharjo, hal 55
Ibid,. hal 57
Op.cit,.M. Quraish Shihab, hal 284
Suriasumantri, Jujun S. Filsafat Ilmu : Sebuah Pengantar Populer(Jakarta : Sinar Harapan. 2007) Hal.32
Nasr, Seyyed Hossein. Antara Tuhan, Manusia dan Alam.(Yogyakarta : IRCiSoD. 1984) hal. 83
M. Dawam Raharjo, Ensiklopedi Islam, TafsirSosial berdasarkan Konsep-konsep Kunci, (Jakarta: Paramadina, 2002), cet. II, h. 346
Ibid,. hlm. 347
Hamka, Tafsir al-Azhar, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988), cet. I, juz XXII, h. 112
Amrullah Ahmad dalam Nanih Machendrawaty dan Agus Ahmad Syafe’I, Pengembangan Masyarakat Islam,dari Ideologi , Strategi sampai Tradisi,(Bandung: Rosda Karya, 2001), h. 29.
Al-Qadli ‘Abd al- Jabbar, Al- Maniyyah wa al-Amal, ( Mesir: Dar al-Ma’rifah,1985), hal 113.
Harun Nasution, Teologi, (Jakarta: UI Press, 1986), hal. 107.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/jpkth.v2i6.1233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 EL-AFKAR : Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis
Indexing by :

_________________________________________________
El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis
Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Raden Fatah Street, District of Pagar Dewa, Bengkulu City, 38211
Bengkulu, Sumatra, Indonesia