Kosakata Panggilan dalam Bahasa Sunda.

Meisya Hidayah, ⁠Trise Nur Juwita, Ayu Gustiriani, Daniati Juliantari Juliantari

Abstract


ABSTRAK: Kosakata Panggilan dalam Bahasa Sunda. Bahasa daerah merupakan salah satu aspek penting dalam keberagaman budaya di Indonesia, termasuk bahasa Sunda yang memiliki berbagai kosakata unik yang mencerminkan nilai-nilai budaya serta hubungan sosial masyarakatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kosakata panggilan dalam bahasa Sunda di Desa Cibeureum. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian literatur dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah, serta penelitian terdahulu yang membahas bahasa Sunda dan kosakata panggilannya.  Teknik pengumnpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kosakata panggilan dalam bahasa Sunda di Desa Cibeureum dibagi menjadi panggilan dalam keluarga dan panggilan dalam masyarakat. Panggilan dalam keluarga, yaitu: a) Emang untuk paman; b). Bibi untuk sauidara perempuan ibu; c). Aki dan Nini panggilan untuk kakek dan nenek; d) Uwa adalah panggilan untuk kakak dari orang tua; e). Ujang dan Eneng dipakai untuk panggilan anak laki-laki dan perempuan; f). Abah dan Ambu adaah panggilan untuk ayah dan ibu; g). Teteh dan Aa dipakai untuk kakak laki-laki dan kakak perempuan. sementara panggilan dalam masyarat antara lain:  a). Mang dipakai untuk menyapa lelaki yang lebih tua; b). Neng dipakai untuk menyapa perempuan yang lebih mudah; c). Kang dipakai untuk menyapa lelaki lebih tua; d). Nyai dipakai untuk menyapa perempuan yang lebih tua atau dihormati.


Full Text:

PDF

References


Ananda Putri Meiliani, Dyah Lyesmaya, Irna Khaleda Nurmeta. “Pengembangan Media Wayang Sukuraga Terhadap Penguasaan Kosakata Dalam Pembelajaran Bahasa Sunda Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2020): 3(2), 524–32. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971.

Averina, Rayon Yolanda, and I Gst. Ngurah Jaya Agung Widagda. “Kosakata Keluarga Dalam Bahasa Prancis Isyarat.” Journal of Education and Language Reseacrh 27, no. 2 (2021): 635–37.

Darihastining, Susi, Suwarna Dwijonagoro, Heny Sulistyowati, Siti Maisaroh, and Heri Hendro Wahyudi. “Komparatif Variasi Bahasa Jawa Jombangan Dengan Bahasa Jawa Standar.” Journal of Education Research 4, no. 1 (2023): 404–12.

Fatmawati, Yuyun, and Dwiana Asih Wiranti. “Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5, no. 5 (2023): 2053–63. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i5.5634.

Hary Purwanto, Edi Sujoko, and Somya Ruth Nindyo Kirono. “Penggunaan Bahasa Jawa Dalam Percakapan Sehari-Hari Masyarakat Kelurahan Susukan Ungaran Timur.” Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang 4, no. 2 (2021): 55–65. https://doi.org/10.55606/sinov.v4i2.36.

Helty, Helty, Julisah Izar, Rengki Afria, and Istiqomah Husnun Afifah.

“Tahapan Dan Perbandingan Pemerolehan Bahasa Pada Anak LakiLaki Dan Perempuan Usia 18 Bulan: Kajian Psikolinguistik.” Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 7, no. 2 (2021): 84. https://doi.org/10.33603/deiksis.v7i2.3650.

Hussin, Nurul Jannah, and Mohamad Suhaizi Suhaimi. “Pemilihan Dan Penguasaan Bahasa Dalam Kalangan Anak Pasangan Kahwin Campur Orang Asli Jakun.” International Journal of Language Education and Applied Linguistics 13, no. 1 (2023): 47–56. https://doi.org/10.15282/ijleal.v13i1.8424.

Kartikasari, Mulyaningtyas, and Fitri Puji Rahmawati. “Desain Media Pembelajaran Interaktif ‘Tekat Baja’ Untuk Memperkaya Kosakata Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022):

–62. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3021.

Lyraa, Naomi, Fegie Yoanti Wattimena, Reni Koibur, and Ellen Dolan. “Penggunaan Teknologi Seluler Untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Dalam Pendidikan Jarak Jauh.” Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi 2, no. 2 (2024): 154–

https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.485.

Manurip, Sintia. “Nama-Nama Panggilan Dalam Bahasan Inggris Dan Bahasa Mongondow (Satu Analisiss Kontrastid).” Skripsi Universitas SAM Ratulangi 16, no. 1 (2022): 1–23.

Mualif, A. “Orisinalitas Dan Elastisitas Kosakata Dalam Bahasa Arab.” Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 9, no. 1 (2020): 40. https://doi.org/10.22373/ls.v9i1.6731.

Putra, Nugroho Pratama. “Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jawa Pada Siswa Melalui Media Pembelajaran Moja: Monopoli Bahasa Jawa Di SDN Sugihwaras 07.” Jurnal Dieksis Id 2, no. 1 (2022): 38–

https://doi.org/10.54065/dieksis.2.1.2022.82.

Siti Noridayu Abd. Nasir, Hazlina Abdul Halim, Rohaidah Kamaruddin, and Ahmad Shuib Yahaya. “Sebutan Kosa Kata Bahasa Pertama Kanak-Kanak Speech Delay Melalui Analisis Linguistik Klinikal.” International Journal of Language Education and Applied Linguistics 13, no. 2 (2023): 93.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, Bandung, 2022.

Suhendar, Bagus, Sekolah Tinggi, and Manajemen Asuransi Trisakti. “Penggunaan Aplikasi Smartphone Untuk Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar, Klender Jakarta Timur The Use Of Smartphone Application For English Vocabulary Teaching Purposes For The Children Of Elementary School Age At Klender Jakarta Timur.” Community Engagement & Emergence Journal 3, no. 3 (2022): 2022.

Tri Aprilia, Widya, and Rachma Hasibuan. “Pengaruh Dongeng Digital

Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Jawa Krama Anak Usia 56 Tahun Di Tk Dharma Wanita Ngimbang Lamongan.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2, no. 07 (2021): 1283–94. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.230.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/dibsa.v4i1.8958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.