Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan pada Karangan Siswa Kelas Vll PKPPS Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan penulisan ejaan pada karangan siswa kelas Vll PKPPS Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh penelitian menggunakan metode Kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan, dokumentasi. Penentuan informasi dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah model interaktif dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kesalahan penulisan ejaan pada karangan siswa kelas Vll PKPPS Wustha Hidayatul Qomariyah Kota Bengkulu adalah kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan penulisan kata depan, dan kesalahan pemakaian tanda baca. Dalam penulisan karangan beberapa kesalahan bisa berdampak buruk jika terus dibiarkan karena adanya beberapa kesalahan tersebut bisa berpengaruh dalam penulisan yang sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia.
Kata Kunci: Kesalahan penulisan ejaan, karangan, siswa
Analisis Kesalahan Penulisan Ejaan pada Karangan
Siswa Kelas Vll PKPPS Wustha Hidayatul Qomariyah
Kota Bengkulu
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.29300/dibsa.v3i1.5092
Refbacks
- There are currently no refbacks.