Maksim Kesantunan Berbahasa terhadap Tuturan Tokoh dalam Novel Bungkam Suara Karya J. S. Khairen
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah bagaimana bentuk maksim kesantunan berbahasa, dan bentuk pelanggaran maksim kesantunana berbahasa terhadap tuturan tokoh dalam novel “Bungkam Suara” karya J. S. Khairen. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk maksim kesantunan berbahasa dan bentuk-bentuk pelanggaran maksim kesantunan berbahasa terhadap tuturan tokoh dalam novel “Bungkam Suara” karya J. S. Khairen. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode conteny analysis (analisis isi) yang berbentuk kepustakaan. Sumber data berupa karya sastra novel berjudul “Bungkam Suara” karya J. S. Khairen. Data yang dikumpulkan berupa teknik kepustakaan. Teknik keabsahan data dititikberatkan pada pengujian kepercayaan dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa bentuk-bentuk maksim kesantunan berbahasa terhadap tuturan tokoh dalam novel “Bungkam Suara” karya J. S. Khairen ada 3 tuturan maksim kebijaksanaan (tact maxim), 4 tuturan maksim kedermawanan (generosity maxim), 8 tuturan maksim penerimaan atau penghargaan (approbation maxim), 2 tuturan maksim kerendahan hati (modesty maxim), 8 tuturan maksim kesetujuan (agreement maxim), dan 4 tuturan maksim kesimpatian (sympathy maxim). Bentuk-bentuk pelanggaran maksim kesantunan terhadap tuturan tokoh dalam novel “Bungkam Suara” karya J. S. Khairen terdapat 2 tuturan maksim kebijaksanaan (tact maxim), 34 tturan maksim penerimaan atau penghargaan (approbation maxim), 4 tuturan maksim kerendahan hati (modesty maxim), 7 tuturan maksim kesetujuan (agreement maxim), dan 3 tuturan maksim kesimpatian (sympathy maxim)
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, Juni. 2019. Apa itu Sastra Jenis-Jenis Karya Sastra dan Bagaimanakah Cara Menulis dan Mengapresiasi Sastra. Yogyakarta: Deepublish.
Apriliana, Lia dkk. 2022. Kesantunan Berbahasa dalam Novel Seputih Hati yang Tercabik Karya Ratu Wardarita. Jurnal Educatio FKIP UNMA. Vol. 8 No. 2.
Asolikhatun, Anisa Nurhayati. 2019. Hubungan Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Keluarga terhadap Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa MI Muhammadiyah Paremono Kabupaten Magelang. Skripsi. Magelang: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Magelang.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016. KBBI Daring. Jakarta: BPPB.
Cahyono, Aris Dwi. 2020. Studi Kepustakaan Mengenai Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Pamenang, Vol. 2 No. 2.
Dewi, Resnita. 2019. Pragmatik Antara Teori dan Praktik Berbahasa. Yogyakarta: Deepublish.
Febriasari, Diani dan Weny Wijayanti. 2018. Kesantunan Berbahasa dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. Vol. 2 No. 1.
Halawa, Noibah dkk. 2019. Kesantunan Berbahasa Indonesia dalam Tindak Tutur Melarang dan Mengkritik pada Tujuh Etnis. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya lingua. Vol. 15 No. 2.
Harahap, Silvi Khairuni. 2018. Analisis Pragmatik Kesantunan Berbahasa Novel Ngah Lara Karya Adi Mujabir. Skripsi. Medan: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.
Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Hidayati, Panca Pertiwi. 2009. Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: Prisma Press Prodaktama.
Hidayati, R. Panca Pertiwi. 2010. Teori Apresiasi Prosa Fiksi. Bandung: PRISMA PRESS Prodaktama.
Indriani, Sipon dkk. 2019. Pelanggaran Maksim Kesantunan Berbahasa dalam Novel Negeri Para Badebah Karya Tere Liye. Jurnal Tuah Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Universitas Riau. Vol. 1. No. 1.
Ismawati, Esti. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra. Surakarta: Yuma Pustaka.
Khairen, J. S. 2023. Bungkam Suara. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Marlinda, Silviani. 2016. Pelanggaran Maksim Kesantunan Berbahasa dalam Novel Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Islam Negeri Syarifhidayatullah Jakarta.
Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2013. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.
Mislikhah, Siti. 2020. Kesantunan Berbahasa. Jurnal Internasional Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Jember, Jawa Timur, Indonesia. Vol. 1 No. 2.
Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mudasir, Ahmad dan Iswah Adriana. 2020. Kesantunan Berbahasa dalam Novel Ranah 3 Warna Karya A. Fuadi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 1 No. 2.
Munawaroh, Mey Lisawatul. 2017. Skeptisisme Tokoh Aku dalam Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami. Skripsi. Malang: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Paramita, Pradya dkk. 2022. Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Naskah Serat Dongeng Asmadaya. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Vol. 5 No. 1.
Prayogi, Rahmat dkk. 2021. Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Komunikasi Generasi Milenial. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Vol. 9 No. 1.
Priscilia, Yola Maulina dkk. 2015. Kesantunan Berbahasa dalam Novel 99 Cahaya di Langit Eropa Karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Vol. 2 No. 1.
Rachman, Anita Kurnia dkk. 2022. Moralitas Tokoh dalam Novel Diktha dan Hukum Karya Dhia’an Farah. Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya. Vol. 28 No. 1.
Rahardi, Kunjana dkk. 2016. Pragmatik Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. Yogyakarta: Erlangga.
S. Mahsun M. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Saragih, Amoy Krismawati dkk. 2021. Hubungan Imajinasi dengan Karya Sastra Novel. Jurnal Sastra Universitas Negeri Medan. Vol. 10 No. 2.
Sari, Ellysya Sulistyo. 2018. Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Acara Dua Arah Kompas TV. Jurnal Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya. Vol. 5 No. 1.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-Prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2019. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Wulansafitri, Inayah dan Ahmad Syaifudin. 2020. Kesantunan Berbahasa dalam Tuturan Film My Stupid Boss 1. Jurnal Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang. Vol. 9 No 1.
Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Septiana, Husnul dan Siti Isnaniah. 2020. Kajian Struktural dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Hayya Karya Helvtyana Rosa dan Benny Arna. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2. No. 1.
Meylinda, Ulfa dan Ixsir Eliya. 2019. Peran Startup Digital “Ruang Guru” Sebagai Metode Long Distance Learning dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Edulingua. Vol. 6 No. 2.
Rahman, Andi. 2014. Penggunaan Metode Content Analysis dalam Penelitian Hadis. Journal of Qur’an and Hadith Studies. Vol. 3 No 1
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/dibsa.v3i1.5088
Refbacks
- There are currently no refbacks.