Pengaruh Literasi Digital terhadap Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

Yovan Prayego

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan literasi digital mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2) mendeskripsikan penyelesaian skripsi mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, 3) mengetahui pengaruh literasi digital terhadap penyelesaian skripsi mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu angkatan 2019 yang terdiri dari 50 mahasiswi dan 50 mahasiswa dengan total keseluruhan 100 mahasiswa dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kuantitatif dengan uji regresi linear sederhana dan uji t.. Hasil penelitian menunjukkan terdapat Rata-rata mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno angkatan 2018/2019 memiliki literasi digital yang tinggi atau baik Sebanyak 18 orang (18%) menyatakan membutuhkan waktu proses penyelesaian skripsi kurang dari 6 bulan, dan sebanyak 82 orang (82%) menyatakan bahwa proses penyelesaian skripsi lebih dari 6 bulan. Literasi digital berpengaruh terhadap penyelesaian skripsi mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno dengan nilai uji thitung > ttabel yaitu 5,546 > 1,98447 dengan dan nilai signifikansi sebesar 0.000< 0,05.

 


Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), 2020, Laporan Survei Internet APJII 2019– 2020, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146, https://apjii,or,id/survei

Ghozali, Imam, 2012, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Irmawarni, 2022, Hubungan Literasi Digital Terhadap Perilaku Penelusuran Informasi Ilmiah Di Internet Oleh Mahasiswa Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam IAIN Batusangkar, Skripsi Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.

M Firman Akbar, 2017, Teknologi Dalam Digital: Literasi Digital Dan Self Directed Learning Mahasiswa, Jurnal Ilmiah Indigenous (Online), Vol, 2 No,1 (2017), ISSN 2541-450Xhttps://doi,org/10,23917/indigenous,v1i1,4458, akses 7 Januari 2023.

Moh Suardi, 2016, Pengantar Pendidikan Teori dan Aplikasi, Jakarta, PT Indeks.

Muhammad Rezeki, 2019, Pengaruh Ketersediaan Koleksi Buku Fiqih Terhadap Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Prodi Hukum Keluarga Pada Perpustakaan UIN Ar- Raniry Banda Aceh, Skripsi UIN Ar-Raniry, 2019 diakses di https://repository,ar-raniry,ac,id/id/eprint/9288/

Mustofa, M,, & Budiwati, B, H, 2019, Proses Literasi Digital Terhadap Mahasiswa: Tantangan Pendidikan di Zaman Now, Jakarta, Pustakaloka.

Notoatmodjo, S, 2012, Metodologi Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi, Jakarta, Rineka Cipta.

Retno Wulandar, 2020, Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Semarang”, Jurnal Pendidikan (Online) Vo, 12 Nomor 1, 2020, hal, 8-15, http://journal2,um,ac,id/index,php/jpb/article/view/9753/7048, diakses 7 Januari 2023.

Sudarsono Blasius, 2007, Literasi Informasi (Information Literacy):Pengantar Untuk Perpustakaan Sekolah, Jakarta, Perpustakaan Nasional RI.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta, Bandung.

Ushfuriyah, 2016, Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Optimisme Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Dalam Menyelesaikan Skripsi”, Jurnal Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Volume 12, 2016, etheses,uinmalang,ac,id/1226/2/11410073_Indonesia,pdf diakses 27 Januari 2023




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/dibsa.v3i1.5086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.