Pengaruh Media Sosial terhadap Kebiasaan Berbahasa Siswa
Abstract
Abstrak: Pengaruh Media Sosial terhadap Kebiasaan Berbahasa Siswa. Media sosial pada umumnya digunakan untuk berkomunikasi secara online. Dengan pesatnya teknologi saat ini media sosial mempengaruhi perkembangan kebiasaan berbahasa pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap kebiasaan berbahasa pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitan model analisis regresi linier sederhana dengan populasi kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, Dan sampel berjumlah 52 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitiann ini yaitu, uji validitas, uji reabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, uji linierlitas, dan uji regresi linier sederhana. Untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap kebiasaan berbahasa di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu dilakukan dengan menggunakan Uji t terhadap media sosial dan kebiasaan berbahasa diperoleh nilai t-hitung sebesar 4,979 dan t-tabel sebesar 2,011 dengan nilai p sebesar 0,000. Karena nilai t-hitung > dari nilai t-tabel atau nilai p < 0,05 sehingga hipotesis Ha diterima. Maka dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media sosial terhadap kebiasaan berbahasa di SMP Negeri 6 Kota Bengkulu.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.29300/dibsa.v2i2.4021
Refbacks
- There are currently no refbacks.