ubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Mts Al-Qur’an Harsalakum.
Abstract
Abstrak: H Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Mts Al-Qur’an Harsalakum. Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di VII MTs Al-Qur’an Harsalakum pada 24 Mei hingga 24 Juni tahun ajaran 2022-2023. Sampel dalam penelitian berjumlah 72 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan narasi siswa MTs Al-Qur’an Harsalakum. Hal ini dapat dilihat hasil analisis regresi sederhana diperoleh hasil perhitungan bahwa β=0,908 yang berarti setiap kali variabel penguasaan kosaakata bertambah satu, maka variabel kemampuan menulis karangan narasi siswa bertambah sebesar 0,908, sedangkan nilai r yang diperoleh yaitu sebesar 0,786 terletak diantara 0.600-0.799 merupakan hubungan yang tinggi antara variabel penguasaan kosakata (X) terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa (Y), sedangkan R squer sebesar 0.617, hal ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan penguasaan kosakata (X) terhadap kemampuan menulis karangan narasi (Y) di MTs Al-Qur'an Harsallakum Kota Bengkulu sebesar 61,70%.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.29300/dibsa.v2i2.4020
Refbacks
- There are currently no refbacks.