Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama.

Leo Alka

Abstract


Abstrak: Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap keterampilan menulis teks drama di kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu?Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan regresional. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2022-2023. Penelitian ini dilakukan mulai dari tanggal 24 Mei sampai 24 Juni 2023. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni angket/kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan pada bab sebelumnya, dapat dibuat kesimpulan yaitu ada pengaruh yang signifikan antara Gerakan Literasi Sekolah terhadap keterampilan menulis teks drama di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Hal ini diketahui dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan dengan uji regresi sederhana diperoleh hasil perhitungan nilai b = 0,348 yang berarti jika setiap kali variabel X (Gerakan Literasi Sekolah) bertambah satu, maka rata-rata variabel Y (keterampilan menulis teks drama) bertambah sebesar 0,348. Sedangkan nilai thitung yang diperoleh adalah 3,845 dan nilai ttabel adalah 1,668 maka nilai thitung > ttabel atau 3,845 > 1,668 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap keterampilan menulis teks drama di Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Sedangkan hasil perhitungan R Square (R2) adalah 0,625 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Gerakan Literasi Sekolah terhadap keterampilan menulis teks drama sebesar 62,5 % sedangkan 37,5 % keterampilan menulis teks drama dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29300/dibsa.v2i1.4015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.