Bahan Ajar Materi Menulis Pantun pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Abstract
Abstrak: Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Pantun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah–langkah pengembangan bahan ajar pembelajaran pantun.Adapun rumusan masalah dalam riset ini yaitu bagaimana kefektifan bahan ajar bahasa Indonesia materi menulis pantun yang diujicobakan pada siswa kelas VII SMP Pancasila Bengkulu? Metode penilitian dalam riset ini yaitu kualitatif deskriprif. Adapun teknik pengumpulan data yang diperoleh antara lain metode tes digunakan untuk mendapatkan hasil belajar siswa dalam pemebelajaran menulis pantun. Lembar obervasi dalam penelitian ini digunakan untuk memperoleh data dengan mencatat aktivitas siswa dan guru dalam pembelajaran menulis pantun. Serta angket yang digunakan untuk memperoleh data mengenai analisis guru terhadap kurikulum, perencanaan terhadap pelaksanaan. Pengembangan modul pembelajaran materi pantun untuk siswa kelas VII SMP Pancasila Bengkulu ini sudah layak menjadi modul pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa untuk menjadi suplemen tambahan dalam belajarnya. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh ahli materi, Bahasa dan design serta 1 guru dan 10 siswa, modul memperoleh nilai rata – rata akhir sebesar 4,455 dengan persentase 95%. Dari keseluruhan hasil skor rata – rata yang didapatkan, kualitas bahan ajar ini menghasilkan jumlah sebesar 21, 50. Hasil penjumlahan skor rata – rata ini kemudian dihitung rata – ratanya sehingga mendapatkan nilai rata – rata akhir sebesar 4,65 dengan persentase 95% dan masuk ke dalam kategori “Sangat Baik”. Modul dikatakan sangat baik juga berdasarkan 4 aspek modul yang baik terdiri dari (1) Kelayakan isi/ materi, (2) Komponen kebahasaan, (3) Komponen Penyajian dan (4) komponen kegrafikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/dibsa.v2i1.4010
Refbacks
- There are currently no refbacks.