Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD Berbasis Saintifik pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah

Lia Novitasari

Abstract


ABSTRAK: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah. ABSTRAK: Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) berdasarkan model pengembangan Borg and Gall namun dibatasi menjadi 7 tahapan karena peneliti memiliki keterbatasan waktu dan dana. Hasil dari validator ahli materi: ahli materi 1 mencapai kriteria “Baik” dengan presentase 70% dan ahli materi 2 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 91%. Hasil dari ahli media/desain: ahli media 1 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 100% dan Ahli media 2 mencapai kriteria “ Sangat Baik” dengan presentase 92%. Hasil dari validator ahli bahasa: ahli bahasa 1 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 88% dan ahli bahasa 2 mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 90%. Sedangkan respon peserta didik memperoleh hasil “Sangat Baik” melalui uji coba kelompok kecil yang melibatkan 10 orang peserta didik mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 88% dan hasil uji coba kelompok besar dengan melibatkan 20 orang mencapai kriteria “Sangat Baik” dengan presentase 90%. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran menulis teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Full Text:

PDF

References


aftar Pustaka

Bambang Hartono, “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi

Menggunakan Medote AJJI (Amati Jaring-Jaring Ide) dengan Media

Skema Barang Kenangan pada Siswa Kelas X Akutansi SMK Masehi

PSAK Ambarawa, Kabupaten Semarang”, Jurnal Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia, Vol. 6, No. 2, (Mei 2017): hal.10.

Observasi, di SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah, 10 Agustus 2022.

Tim Penyusun, Profil SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah Tahun Akademik

/2023 (Bengkulu: SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah, 2022), hal. 3.

Tim Penyusun, Profil SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah Tahun Akademik

/2023 (Bengkulu: SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah, 2022), hal. 4.

Tim Penyusun, Profil SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah Tahun Akademik

/2023 (Bengkulu: SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah, 2022), hal. 6.

Wawancara dengan siswa, Tanggal 02 Maret 2023.

Yeni Ernawati, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi

Teks Fabel Berbasis Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VII “, Jurnal Diksa:

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 5, No. 2, (Desember 2019):

hal. 100.

Lara Cesilia Elwi dkk., “Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD Berbasis Saintifik pada

Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 14 Bengkulu Tengah

Lia Novitasari, Zubaedi, dan Vebbi Andra

| DIBSA: Volume I, Edisi II, Desember 2022

Saintifik pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA”, Jurnal Pilar of

Physics Education, Vol. 9, (April 2017): hal. 104




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/dibsa.v1i2.4004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.