MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KETUA YAYASAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DAN PEGAWAI DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM DAN DAKWAH NURUL HUDA KOTA BENGKULU

Edi Ahmad, Andang Sunarto, Ali Akbar Jono

Abstract


ABSTRACT

This study aims to examine the planning, organizing, strategies, and supervision carried out by the head of the foundation in efforts to improve the professionalism of teachers and staff at the Nurul Huda Islamic Education and Da’wah Foundation in Bengkulu City. This research is classified as field research with a qualitative approach. The research informants consist of five individuals, and the data were analyzed through four stages: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The findings of this study reveal that the planning conducted by the head of the foundation to enhance teacher and staff professionalism includes analyzing the needs for competence improvement, setting objectives for professionalism development, and designing development programs through training institutions managed by the foundation. The implementation of this planning is then carried out by teachers and staff according to their respective duties. The strategies employed by the head of the foundation to enhance professionalism include involving teachers and staff in regular training and workshops, implementing mentoring programs and continuous performance evaluations, and applying innovative teaching methods. Supervision is conducted to ensure that the standards for enhancing teacher professionalism are achieved and evenly distributed, by ensuring equal participation of teachers and staff in training programs, carrying out periodic evaluations, and conducting direct classroom monitoring.

Keywords: Management, Educational Management, Professionalism

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, strategi, dan pengawasan yang dilakukan oleh ketua yayasan dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru dan pegawai di Yayasan Pendidikan Islam dan Dakwah Nurul Huda Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan kualitatif. informan penelitian ini bersumber dari 5 orang yang selanjutnya dianalisis menggunakan empat tahapan, diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan ketua yayasan dalam meningkatkan profesionalisme guru dan pegawai dilakukan melalui analisis kebutuhan peningkatan kompetensi, penetapan tujuan peningkatan profesionalisme, dan menyusun program pengembangan melalui lembaga pelatihan yang dikelola oleh yayasan. Selanjutnya perencanaan ini dilakukan oleh guru dan pegawai berdasarkan pembagian tugas masing-masing. Strategi yang dilakukan oleh ketua yayasan dalam meningkatkan profesionalisme guru dan pegawai dilakukan dengan mengikutsertakan guru dan pegawai dalam pelatihan dan worshop secara berkala, pelaksanaan program mentoring dan evaluasi kerja berkelanjutan dan menerapkan metode pembelajaran inovatif. Pengawasan dilakukan untuk memastikan standar peningkatan profesionalisme guru tercapai dan merata dilakukan dengan memastikan pelatihan diikuti oleh guru dan pegawai secara merata dan pelaksanaan evaluasi berkala dan pemantauan langsung di kelas.

Kata kunci: Manajemen, Manajemen Kependidikan, Profesionalisme

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Antoni, Febri. “Model Kepemimpinan Yayasan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Dosen Di STIT Kota Pagaralam.” An-Nizom 1, no. 2 (2016): 97.

Aprianti, Astuti, Baiq Uswatun Hasanah, Sulistia Wahyuningsih, Muhammad Sultan Alviqry, Rizky Handayani, and Dedi Arman. “Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Kurikulum Pendidikan Islam Strategi Dan Hasil.” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 2, no. 6 (2024): 1–7.

Barnes, Pauline Deborah. “Teacher Standards and Professionalism.” Victoria University of Wellington, 2019.

Husaini, and Purnomo. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Indonesia, Departemen Agama Republik. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Bandung: Jumanatul ‘Ali-Art, 2005.

J.Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Kristiawan, Muhammad, and Nur Rahmat. “Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran.” Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan 3, no. 2 (2018): 373–90.

Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Marno, and Triyo. Manajemen Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: PT. Refika Aditama, 2013.

Mugiyono, and M.Hafidz Aima. “Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Terhadap Kinerja Guru Di Lembaga Pendidikan Islam Nur Hikmah Bekasi.” Jurnal SWOT 7, no. 1 (2017): 45–62.

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi (Konsep, Karakteristik, Dan Implementasi). Bandung: Rosda, 2003.

Musyafa, Akhmad, Zamroni, and Bagas Mukti Nasrowi. “Pengawasan Dalam Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 16, no. 1 (2024): 25–32.

Nor, Asikin, Muhammad Yusuf, and Ibnu Arabi. “Strategies for Improving the Professionalism of Islamic Education Teachers at University.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 5, no. 1 (2024): 41–61.

Panjaitan, Elbiana. “Management Strategy of Islamic School (Madrasah) Principal in Improving Teacher Professionalism at Madrasah Aliyah Swasta Yayasan Madrasah Pendidikan Islam in Sei Tualang Rasa, Tanjung Balai.” Jurnal Terbiyah 29, no. 1 (2022): 122–31.

Rahmawati, Mega, and Edi Suryadi. “Guru Sebagai Fasilitator Dan Efektivitas Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4, no. 1 (2019): 49.

Sari, Lia Mega. “Evaluasi Dalam Pendidikan Islam.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 9, no. 2 (2018): 211–31.

Sasono, Taufik Adji, and Istiqlaliyah. “Peran Supervisor Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Hadratulah Madaniah 8, no. 2 (2021): 67–73.

Setiyono, Andreas, Suti’ah, Mulyadi, and Suci Hidayati. “Principal Strategy Through Academic Supervision to Improve Teacher Professionalism in Islamic Educational Institutions.” Contemporary Research Analysis Journal 1, no. 3 (2024): 68–71.

Sudjana, Nana. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1998.

Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.

———. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualittataif, Dan R&D. Bandung: AIfabeta, 2017.

———. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2013.

Tempo. “Guru TIK Batam Makin Melek Digital.” Tempo. Com, 2022. https://nasional.tempo.co/read/1628020/guru-tik-batam-makin-melek-digital.

Wahyudin, Dinn, Deni Darmawan, Edi Suryadi, Linda Setiawati, and Yulia Rahmawati. “Digital Strategic Communication Management in Developing Curriculum of Universitas Pendidikan Indonesia.” Jurnal of Hunan University Natural Sciences 48, no. 10 (2021): 119–30.

Wibowo, M. Padeli, Rizky Hasan Affandi, Indri Febrianti, Nanjah Fachira Ayundari, Raudhatul Jannah, Aidelia Novaliza, and Inom Nasution. “Meningkatkan Prestasi Belajar Melalui Evaluasi Program Pendidikan Yang Berkelanjutan.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 2 (2024): 23812–21.

Zahra, S.A, and D.M. Garvis. “International Corporate Entrepreneurship and Firm Performance: The Moderating Effect of International Environmental Hostility.” Journal of Business Venturing 15




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v10i2.9095

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.