PENGARUH MEDIA VIDEO YOUTUBE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP NEGERI 20 KOTA BENGKULU
Abstract
ABStRAK
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh media video youtube terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 20 kota Bengkulu, untuk mengetahui pengaruh media video youtube terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 20 kota Bengkulu, untuk mengetahui pengaruh media video youtube secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMPN 20 kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah penelitian Kuantitatif dengan meggunakan pendekatan Quasi eksperimen. Pengumpulan data menggunakan angket, test dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis I terdapat pengaruh media video youtube terhadap motivasi belajar berdasarkan dari hasil pre angket kelas eksperimen nilai rata-rata 74.47 berubah menjadi 89.63 dan kelas kontrol nilai rata-rata 74.87 berubah men- jadi 85.40. Pada uji t independent samples tes 0,035 < 0,05 maka Ha diterima yaitu ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hipotesis II Media video youtube mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dari hasil nilai rata-rata pre test hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 62.17 berubah menjadi 88.50 dan kelas kon- trol dilihat dari nilai rata-rata pre test hasil belajar siswa yaitu 50.17 berubah menjadi 83.67. Pada uji t 0,022 < 0,05 maka Ha diterima yaitu ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hipotesis III terdapat pengaruh media video youtube secara bersama-sama terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan meng- gunakan uji simultan yaitu uji MANOVA (Multivariat ANOVA) signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,013< 0,05. Yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci : Media Video Youtube, Motivasi belajar dan Hasil Belajar
ABStRACt
This research is aimed to determine the effect of YouTube video media on learning motivation for Islamic Religious Education at SMPN 20 Bengkulu City, to determine the effect of YouTube video media on learning outcomes of Islamic Religious Educa- tion at SMPN 20 Bengkulu City, to determine the effect of YouTube video media together on learning motivation and learn- ing outcomes of Islamic Religious Education at SMPN 20 Bengkulu city. The research used quantitative approach with quasi experimental design. The data collecting methods in this study were questioners, documentation, and test. Based on data, the results showed that you tube video media were effective on students’ motivation. The data showed the students’ motivation before treatment was with average 74.47 and it increased to 89.63 meanwhile in control class the data showed that students’ motivation was 74.87 and it became 85.40 after treatment given. From these data, independent t-test showed that sig-value on pre-test 0.035<0.05. Therefore, the first alternative hypothesis (Ha) was accepted. In addition, the result also showed there was significant effect of you tube video media on students’ learning achievement in which students’ average score of experimental class in pre-test was 63.33, and it became 88.96 with sig. 0.022<0.05 so the second alternative hypothesis (Ha) was accepted. On the third hypothesis (Ha) the data showed that the effect of you tube video media was significant effects on students ’moti- vation and their learning achievement on Islamic Religious subject with simultaneous test used MANOVA (Multivariat ANOVA) with sig 0.013<0, 05. Hence, the alternative hypothesis was accepted.
Keywords: you tube video media, motivation, and learning achievement
Full Text:
PDFReferences
DAfTAR PUSTAKA
Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplika- si Paikem, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).
Ayu Lestari Azis, ”Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X Di Smkn 4 Makassar,” (Tesis S2 Program Pascasar- jana Universitas Negeri Makassar, 2017).
Ahmad Susanto, “Teori Belajar Pembelajaran di Seko- lah Dasar”, (Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013).
Amir Daien Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 2010).
Daryanto. “Media Pembelajaran”. Yogyakarta: Gava Media, 2016.
Eribka Ruthellia David, dkk. “Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi”, E-journal “Acta Diurn, Tahun 2017
Hamzah B Uno, “Teori Motivasi dan Pengukurannya, Analisis di Bidang Pendidikan”, (Jakarta: Bumi Aksara, 2017).
Hamim Tohari, dkk, dengan judul “Pengaruh Peng- gunaan Youtube Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Mahasiswa.” Jurnal Teknologi Pen- didikan, 2019
Helmut Nolker dan Eberhard Schoenfeldt, Pendidikan Kejuruan: Pengajaran, Kurikulum, Perencanaan, terj. Agus Setiadi, (Jakarta: PT Gramedia, 2002). Jurusan Ips Tingkat Sma Se-Banten”, jurnal Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2019
Iqbal, Moch. "Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu." Madaniyah 13.1 (2023): 84-97. https://doi.org/10.58410/madaniyah.v13i1.608
Iqbal, Moch. "Analisis Posisi Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan di Indonesia." Inspirasi: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial 20.2 (2023): 873-881. 10
M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2005).
Maria Marselina, “Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Youtube Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Ix Smp Negeri 2 Pontianak”, Artikel Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Pontianak, 2019.
Muhibuddin Fadhli, “Pengembangan Media Pembe- lajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar”, Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 1 Januari 2015.
Nizwardi Jalinus dan Ambiyar, Media dan Sumber Belajar, (Jakarta: kenncana, 2016).
Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004).
Rilo Pambudi, Afif Afghohani, dan Isna Farahsanti, “Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Presta- si Belajar Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018”, FKIP Univet Bantara Sukoharjo , tahun 2019
Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D” Bandung: Alfabeta, 2018, h. 72
Susanto, A.”Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013
Zakiah Daradjat. “Ilmu Pendidikan Islam”. (Jakarta: Bumi Aksara. 1996).
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i2.6939
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.