MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENDUKUNG KINERJA GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN 04 SELUMA

Aprillia Fitrotun, Mawardi Lubis, Mindani Mindani

Abstract


ABSTRACT

 

The management of facilities and infrastructure at SDN 04 Seluma is still experiencing difficulties in supporting teacher performance in implementing the independent curriculum. Because there are still limited facilities and infrastructure at SDN 04 Seluma. The aim of this research is to describe the management of facilities and infrastructure to support teacher performance in implementing the independent curriculum. This type of research is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, interviews and documentation. The data sources are primary data obtained from the school principal, treasurer and teachers and secondary data obtained from documentation and archivists. The research results show that the management of facilities and infrastructure supporting teacher performance in implementing the independent curriculum is good. Judging from planning, to meet students' learning needs so that students can learn safely and comfortably and can support independent curriculum-based learning. Organizing the procurement of facilities and infrastructure to support the implementation of the independent curriculum at SDN 04. Implementation, carried out in accordance with standard operational procedures. Supervision, providing daily direction to students and carrying out control on a scale. So it can be concluded that the management of facilities and infrastructure can support teacher performance in implementing the independent curriculum. Thus, it can be suggested, to increase the strengthening of teacher performance in implementing the independent curriculum, improve the facilities and infrastructure at SDN 04 Seluma.

Keywords: Management, facilities and infrastructure, Teacher Performance, Implementation of the Independent

 

 

ABSTRAK

Manajemen sarana dan prasarana di SDN 04 Seluma masih mengalami kesulitan untuk mendukung kinerja guru dalam implementasikan kurikulum merdeka. Karena masih keterbatasan sarana dan prasarana di SDN 04 Seluma. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen sarana dan prasarana mendukung kinerja guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yaitu data primer diperoleh dari dari kepala sekolah, bendahara, dan guru dan data sekunder diperoleh dari seperti dokumentasi, dan arsiparis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana mendukung kinerja guru dalam implementasikan kurikulum merdeka sudah baik. Dilihat dari Perencanaan, untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran peserta didik agar peserta didik dapat belajar dengan aman dan nyaman serta dapat menunjang pembelajaran berbasis kurikulum merdeka. Pengorganisasian pengadaan sarana dan prasarana dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka di SDN 04. Pelaksanaan, yang dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur. Pengawasan, memberikan arahan setiap hari kepada siswa dan melakukan kontroling secara berskala. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan manajemen sarana dan prasarana dapat mendukung kinerja guru dalam implementasikan kurikulum merdeka. Dengan demikian dapat disarankan, untuk meningkatkan penguatan kinerja guru dalam implementasikan kurikulum merdeka maka tingkatkanlah sarana dan prasarana di SDN 04 Seluma.

Kata Kunci : Manajemen, sarana dan prasarana, Kinerja Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka

 


Full Text:

PDF

References


REFERENCES

Ali, A., & Pirman, P. 2023. “Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di TK Islam Al-Fath Leuwiliang Bogor.” 6(1):119–32.

As’adiyah, Abdurrahman. 2024. “Strategi Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pada Program Unggulan Bahasa Di SMA Nurul Jadid.” Jurnal Educatio 10(1):114–21.

Anton, Anton, and Usman Usman. 2020. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pendekatan Pengelolaan Kelas.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 4(1):69–83.

Adha, Maulana Amirul, Achmad Supriyanto, and Agus Timan. 2019. “Strategi Peningkatan Mutu Lulusan Madrasah Menggunakan Diagram Fishbone.” Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5(01):11–22.

Akbar, A., R. Raharjo, D. Supriadi, and ... 2022. “Manajemen Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan.” Jurnal Pendidikan … 16(02):644–59.

Ahmad Gunawan. 2022. “Pengembangan Manajemen Mutu Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Madrasah.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5(4):298–305.

Ahmad Gunawan. 2022. “Pengembangan Manajemen Mutu Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Madrasah.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5(4):298–305.

Azmi, Khairul. 2022. “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Di LPQ Tahfidzul Qur’an Ar-Rahman.” Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies 1(1):73–87.

Aini, Hurul, Mifa Rezkia Zanianti, Mila Siti Hazizah, and Muhammad Miftah Fauzan. 2023. “H A W A R I Penerapan Metode Ceramah Dan Praktik Sebagai Upaya Keberhasilan Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PAI Melalui Pengelolaan Kelas Di SMK IPTEK Cilamaya Kabupaten Karawang.” Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam 4(1):48.

Abdullah Ali. 2022. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas.” JURNAL EKSPERIMENTAL : Media Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 10(2):20–27.

Affrilian, Essa. 2023. “Peran Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Fungsi Manajerial Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Di SMP Islam YPI 3 Way Jepa.” Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 2(2):93–103.

Adilah, Hilya Gania, and Yaya Suryana. 2021. “Manajemen Strategik Dalam Meningkatkan Mutu ‎Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management 6(1):87–94.

Anggung, Muhammad. 2024. “Pengaruh Manajemen Kurikulum Dan Profesionalisme Guru Terhadap Mutu Lulusan Sekolah.” (April):20–33.

Abdul Rojak. 2022. “Manajemen Pembelajaran Dalam Peningkatan Mutu Lulusan Pada Madrasah Aliyah Di Kota Serang Provinsi Banten.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5(4):290–97.

Aep Mulyono, Endang Soetari, Nizar Alam Hamdani. 2017. “Pengaruh Pelaksanaan Pembiayaan Madrasah Terhadap Manajemen Madrasah Untuk Mewujudkan Mutu Lulusan.” 57–67.

Fauziah, Septy Nurul, Siti Nur Faziah, Fika Sulaehatun Nupus, Nurul Ulfi, and Sapitri. “Evaluasi Minat Baca Siswa Melalui Program Literasi Sekolah.” Nusantara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2020): 108–16.

Khairiah, K., & Jumanti, O. Analisis Problematika Pendidikan Anak Usia Dini “Metode Bercerita, Demonstrasi dan Sosiodrama”. Al-Khair Journal: Management, Education, And Law, 1(2), 2024.

Khairiah, K. Peran Fungsi Evaluasi Dalam Lembaga Pendidikan (Program Pembelajaran).

Lulusan, Mutu, D. I. Sekolah, Menengah Kejuruan, Kabupaten Rejang Lebong, and Provinsi Bengkulu. n.d. “Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Sekolah Menengah Kejuruan 3 Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.” 1970–83.

Iqbal, M. (2023). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Plus Nur Rahma Kota Bengkulu. Madaniyah, 13(1), 84-97. ttps://doi.org/10.58410/madaniyah.v13i1.608

Iqbal, M. (2023). Analisis Posisi Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. Inspirasi: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 20(2), 873-881.

Lucia Maduningtias. 2022. “Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5(4):323–31.

Lubis, Umul Aiman. 2015. “Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di Sma Islam Al-Ulum Terpadu Medan.” Analytica Islamica 4(1):167–86.

Mahmudah, Mahmudah. 2018. “Pengelolaan Kelas: Upaya Mengukur Keberhasilan Proses Pembelajaran.” Jurnal Kependidikan 6(1):53–70.

Masykurillah, Masykurillah, and Muhammad Badaruddin. 2021. “Desain Model Pembelajaran Integral Mata Kuliah Fiqh Ibadah Untuk Meningkatkan Kecerdasan Mahasiswa.” Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan 5(1).

Mustajib, Umi Salamatud Diniyah dan. 2020. “Implementasi Manajemen Mutu Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Di MTs Al Huda Sumberjo Tunglur Badas.” Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 1(4):73–89.

Muaripin, Muaripin, Firman Nugraha, and Yudha Andana Prawira. 2023. “Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Madrasah.” Fastabiq: Jurnal Studi Islam 4(1):79–94.

Munawaroh, Rosidatul, Ahmad Asrori, and Yuli Habibatul Imamah. 2023. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan 2(3):570–83.

Mahendra, Y. D., N. Sriwahyuni, and ... 2023. “Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Manajemen Pembiayaan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Ponorogo.” … : Journal of ….




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i3.6906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.