TANTANGAN PARENTING ORANG TUA MUSLIM DAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENDIDIK AKHLAK ANAK DI ERA DIGITAL DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 24 KABUPATEN KAUR PROVINSI BENGKULU

Fatimah Arsy Yani

Abstract


adalah Apa saja tantangan dan upaya parenting orang tua muslim dan guru pendidikan Agama Islam dalam mendidik akhlak anak di era digital di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 24 Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian didapati bahwa : 1) Tantangan parenting orang tua muslim dalam mendidik akhlak anak di era digital yaitu Anak lebih pintar, terbuka dan agresif, malas , dan individual. 2) Upaya yang telah orang tua lakukan dengan nasihat, meningkatkan interaksi, mendidik anak agar patuh dengan guru dan mendidik dengan hadiah dan hukuman. 3) Tantangan bagi guru dalam mendidik akhlak anak di era digital : Melek digital, anak yang tidak suka diatur, anak yang gampang bosan dan informasi yang datang dengan cepat. 4) Upaya yang telah dilakukan oleh guru adalah Pengenalan konsep akhlak, keteladanan, mencegah agar peserta didik tidak hedonis, memperkuat hubungan dengan peserta didik, 5) mengontrol lingkungan peserta didik. 5) Upaya yang telah dilakukan oleh orang tua dan guru adalah mengadakan pertemuan, surat menyurat dan memberikan daftar nilai atau raport.

Kata Kunci : Parenting, Guru, Akhlak Anak, Era Digital

 

 

ABSTRACT

The research objectives are : what are the parenting challenges and how are the efforts of Muslim parents and the Islamic Educa- tion teachers on educating children’s morals in the digital era at Junior High School (SMP) 24 Kaur Regency, Bengkulu. 1) Par- enting challenges of Muslim parents on educating children’s morals in the digital era are: Children became smarter (compared to parents), open minded and aggressive, lazy, and individual 2) The efforts on educating children’s morals are: advising, assisting and increasing interaction, teaching children to be obedient to teachers, and educating with rewards and punishments. 3) Chal- lenges for teachers are: Digital literacy, uncontrolled and restrained children, be bored, and rapid information sharing. 4) The efforts made by the teachers are: Introduction to the concept of morals, exemplary, preventing students from being hedonistic, strengthening relationships with students, and controlling the students’ environment. 5) Efforts that have been made by parents and teachers are holding meetings, correspondence and providing a list of grades or report.

Keywords: Parenting; Teachers; Children’s Morals; Digital Era

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anggraini, Gita dkk, Teologi Untuk Pendidikan Islam.

Yogyakarta : K-Media, 2015

Barni, Mahyuddin. Tantangan Pendidik di Era Mil- lenial, Jurnal Transformatif Vol 3 (1) 2019

Khodijah, Nyayu. Pendidikan Karakter dalam Kultur Islam Melayu (Studi terhadap Pola Asuh Orang Tua, Faktor-faktor yang Mempengaruhinya dan Pengaruhnya terhadap Religiusitas Remaja pada Suku Melayu Palembang, Tadrib, Vol IV (1) 2018

Mochammad, Roikhan Aziz, Literasi Internet Sehat Terhadap Siswa Sekolah Dasar Di Desa Tanja- kan Banten, Vol 2 (1) 2021

Ngalim, M. Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Parktis, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2000

Nur, Zakiah Jannah, Mendidik Anak Generasi Muslim Generasi Digital, Yogyakarta : Pustaka Al Uswah, 2020

Noviatul Dwi, Zahra dan Muhammad Afif Amrulloh, Pola Asuh Orang Tua dalam Membina Akhlak Anak di Desa Sidolohur Lampung Tengah. Vol 3 (1) 2018

Noviya, Isnanita Andriyani, Pendidikan Anak dalam Keluarga di Era Digital, STAI Masjid Syuhada Yogyakarta , vol 7 (1), 2018

Umro, Jakaria. Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menghadapi Era Society 5.0, Jurnal Al-Makrifat Vol 5 (2) 2020

Suhartono, Pendidikan Akhlak Anak di Era Digital, at- Turots : Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1 (2) 2019 Wahyu, Heru Pamungkas, Interaksi Orang Tua den- gan Anak dalam menghadapi Teknologi Komu- nikasi Internet, Jurnal Tesis PMIS Untan-Prodi Sosiolohi, 2014

Wahyudi, Tian. Strategi Pendidikan Akhlak Bagi Gen- erasi Muda Di Era Disrupsi, Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol 3 (2) 2020

Widya, Rika , HOLISTIK PARENTING: Pengasuhan dan Karakter Anak dalam Islam, Tasikmalaya : Edu Publisher, 2020

Zulfahmi, Junias dan Sufyan, Peran Orang Tua Ter- hadap Pendidikan Anak Perspektif Pendidikan Islam, Bidayah : Studi Ilmu-ilmu Keislaman, Vol 9 (1) 2018

https://bankdata.kpai.go.id/infografis/hasil-survei-pe- menuhan-dan-perlindungan-anak-pada-masa- pandemi-covid-19, diakses pada Minggu, 14 Februari 2021, pukul 09.01 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i3.6811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.