IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMP-IT NURUL ILMI MEDAN
Abstract
ABSTRACT
This study aims to analyze the implementation of the tahfiz program at SMP IT Nurul Ilmi and its impact on the formation of students' Islamic character. The tahfiz program implemented in this school involves memorizing the Qur'an as an integral part of the educational curriculum, which is designed to shape the personality of students who are noble, disciplined, and have high piety. In this study, the method used was a qualitative approach with data collection techniques through observation, in-depth interviews with teachers, students, and school officials, as well as documentation of various activities related to the tahfiz program. The results showed that the implementation of the tahfiz program has an impact on the formation of students' Islamic character. In particular, this program plays a role in increasing student discipline in carrying out daily routines, strengthening faith and piety through memorizing the Qur'an, and forming a sense of responsibility in maintaining memorization. In addition, the tahfiz program also plays a role in developing spiritual and moral values that are reflected in students' daily behavior, such as respect for teachers, mutual respect for others, and awareness of the importance of religious knowledge in their lives. Thus, it can be concluded that the tahfiz program not only provides benefits in improving students' understanding of Islamic teachings, but also contributes greatly to character building.
Keywords: implementation, tahfiz program, character building, islamic character.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program tahfiz di SMP IT Nurul Ilmi dan dampaknya terhadap pembentukan karakter Islami siswa. Program tahfiz yang diterapkan di sekolah ini melibatkan kegiatan menghafal Al-Qur'an sebagai bagian integral dari kurikulum pendidikan, yang dirancang untuk membentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia, disiplin, dan memiliki ketakwaan yang tinggi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru, siswa, serta pihak sekolah, serta dokumentasi dari berbagai kegiatan yang terkait dengan program tahfiz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program tahfiz memberikan dampak terhadap pembentukan karakter Islami siswa. Secara khusus, program ini berperan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dalam menjalankan rutinitas harian, memperkuat keimanan dan ketakwaan mereka melalui penghafalan Al-Qur'an, serta membentuk rasa tanggung jawab dalam menjaga hafalan. Selain itu, program tahfiz juga berperan dalam mengembangkan nilai-nilai spiritual dan moral yang tercermin dalam perilaku sehari-hari siswa, seperti rasa hormat terhadap guru, saling menghargai antar teman, dan kesadaran akan pentingnya ilmu agama dalam kehidupan mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa program tahfiz tidak hanya memberikan manfaat dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap ajaran Islam, tetapi juga berkontribusi besar dalam pembentukan karakter Islami yang kuat dan berkualitas pada diri siswa di SMP-IT Nurul Ilmi.
Kata kunci: implementasi, program tahfiz, pembentukan karakter, karakter islami
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Azizah, Nur, Leny Marlina, and Asep Rohman, ‘Pelaksanaan Program Tahfidz Di MI Ikhlasiyah Palembang’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 8 (2024), 11231–37
Dawam, Ahmad, ‘JIIC : JURNAL INTELEK INSAN CENDIKIA Dampak Program Tahfidz Al-Qur ’ an Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Di Ma Darul Ishlah The Impact of the Tahfidz Al-Qur ’ an Program on Student Character Development at Ma Darul Ishlah JIIC : JURNAL INTELEK INSAN C’, JIIC: JURNAL INTELEK INSAN CENDIKIA, November, 2024, 4909–17
Fiteriadi, Rendi, ‘Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Al-Furqon’, JUTEQ: Jurnal Teologi & Tafsir, 1.4 (2024), 152–61
Hidayah, Nurul, ‘Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan’, Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4.1 (2016), 63–81
Ismael, Ismael, Muazza Muazza, and Urip Sulistiyo, ‘Program Unggulan Sekolah Berbasis Islam: Analisis Manajemen Program Tahfiz Qur’an Untuk Ketercapaian Target Hafalan’, Fitrah: Journal of Islamic Education, 4.2 (2023), 272–85
Putri, Anggita DeswinaProblems of Student Activities Memorizing Al-Qur ’ an at SMP IT Al Munadi Medan, and Rizka Harfiani, ‘Problematika Kegiatan Siswa Menghafal Al- Qur ’ an Di SMP IT Al Munadi Medan’, Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, Pengabdian Masyarakat, 2.3 (2022), 796–806
Putri, Nur Amalia, and Fatkhur Rohman, ‘Evaluasi Dampak Program Literasi Al- Qur ’ an Terhadap Penguatan Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama’, Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10.1 (2024), 766–78
Sanusi, Marhaban dan, ‘METODE TAHFIZ PADA SEKOLAH ISLAM TERPADU MUHAMMADIYAH LANGSA’, Jurnal Al Ashriyyah, 9.01 (2023), 81–88
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i3.6586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.