MANAJEMEN PERENCANAAN PESERTA DIDIK PENGHAFAL QURAN DI SMP TAHFIDH AL HIDAYAH KALANGBRET TULUNGAGUNG

Futika Permatasari, Erika Novitasari, Nia Agus Lestari

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen perencanaan peserta didik di SMP Tahfidh Al Hidayah Tulungagung yakni meliputi penerimaan, seleksi, orientasi, penempatan, pelaporan dan pencatatan peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah dan guru SMP Tahfidh Al Hidayah. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan tahap analisis data, peneliti menggunakan model interaktif Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada managemen perencanaan peserta didik terdapat beberapa tahap yang dilakukan yakni 1) Analisis kebutuhan peserta didik; 2) Seleksi penerimaan siswa baru berdasarkan jalur prestasi dan jumlah hafalan Al Quran sebanyak minimal 5 juz; 3) Orientasi siswa; 4) penempatan; 5) Pelaporan dan pencatatan peserta didik.

Kata Kunci: Manajemen Perencanaan, Peserta Didik

ABSTRACT

This study aims to describe the planning management of students at Tahfidh Al Hidayah Middle School Tulungagung which includes acceptance, selection, orientation, placement, reporting and recording of students. This research is a case study research using a qualitative approach. The research subjects in this study were the Principal, Deputy Principal and teachers of SMP Tahfidh Al Hidayah. Data collection in this study was carried out by in-depth interviews, observation and documentation studies. While the data analysis stage, researchers used the interactive model of Miles and Huberman, namely data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of the study found that in the management of student planning there were several stages carried out, namely 1) Analysis of student needs; 2) Selection of new student admissions based on the achievement path and the number of memorization of the Quran at least 5 juz; 3) Student orientation; 4) Placement; 5) Reporting and recording of students.

Keywords: Planning Management, students

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al Ghifari, Ahmad. 2019. Manajemen Pengelompokan Peserta Didik dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Barito Utara. Tesis.

Badrudin. 2014. Manajemen Peserta Didik.

Jakarta: PT Indeks

Devianti, Rika&Suci Lia Sari. 2020. Urgensi Analisis Kebutuhan Peserta Didik Terhadap Proses Pembelajaran. Jurnal Al Aulia Volume 6 Nomor 1: STAI Auliurrasyidin Tembilahan

Farikhin, Muhammad&Purwanto. Manajemen Peserta Didik Dalam Menghasilkan Kompetensi Lulusan di MAN 1 Gresik.

Hafidhudin, Didin&Hendri Tanjung. 2006. Shariah Principles on Manajemen in Practice.Jakarta: Gema Insani Press

Imron. A. (2011). Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Iqbal, M., & Adisel, A. (2021). Epistemology of Islamic Science: A searching for Ideal Form and Format of Scientific Design for Islamic Higher Education in Indonesia. Madania: Jurnal Kajian Keislaman, 25(1), 101-112.

Mulyasa, E 2004. Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah. Jakarta: Departemen Agama RI

Mulyono. 2008. Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media Group.

Permana. W.A. (2020) Manajemen Rekrutmen Peserta Didik dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1)

Rakhman, Putri Yanita&Saifudin. Manajemen Perencanaan Peserta Didik di SMAN 5 Cirebon.

Rifa’i, Muhammad. 2018. Manajemen Peserta Didik. Medan: CV Widya Puspita

Risdianti, Desi. 2017 Manajemen rekruitmen Peserta Didik. Jurnal Islamic Manajemen Education Volume 2 Nomor 2 2017.

Shalahudin. 2021. Manajemen Peserta Didik.

Yogyakarta: Garudhawaca.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yusuf, Juhaeti. 2019. Manajemen Peserta Didik Perencanaan dan

Pengorganisasian. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. Universitas Raden Intan Lampung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v7i3.5738

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.