RUANG LINGKUP SUPERVISI PENDIDIKAN
Abstract
ABSTRACT
Educational supervision is an important element in the running process of an educational institution. With educational supervision, educational institutions have supervision that greatly influences the progress of educational institutions, whether educational institutions are running effectively and efficiently or not. This article is here to explain the scope of supervision. education, the method for writing this article is to use the library study method with the main sources being books and also journals regarding the scope of educational supervision, the data mostly comes from the results of reading and analyzing several reference books. However, the aim of this research is to accurately describe and analyze educational supervision in education. The result of writing this article is that educational supervision has a scope, namely academic supervision, managerial supervision and clinical supervision. And also the scope of educational supervision, namely supervision in the field of curriculum, supervision in the field of student affairs, supervision in the field of personnel, supervision in the field of public relations, supervision in the field of facilities and infrastructure, supervision in the field of finance and supervision in the field of administration.
Keywords: scope, supervision, education
ABSTRAK
Supervisi pendidikan adalah elemen yang penting pada proses berjalannya suatu lembaga pendidikan, dengan adanya supervisi pendidikan lembaga pendidikan mempunyai pengawasan yang sangat berpengaruh pada kemajuan lembaga pendidikan, apakah lembaga pendidikan sudah berjalan dengan efektif dan efisien atau belum, penulisan ini hadir untuk memaparkan tentang ruang lingkup supervisi pendidikan, metode dalam penulisan artikel ini adalah dengan menggunakan metode studi pustaka dengan sumber utamanya adalah buku dan juga jurnal tentang ruang lingkup supervisi pendidikan, data sebagian besar berasal dari hasil bacaan dan analisis beberapa buku referensi. Tetapi tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis supervisi pendidikan dalam pendidikan secara akurat., hasil dari penulisan artikel ini adalah bahwa supervisi pendidikan mempunyai ruang lingkup yaitu supervisi akademik, supervisi manajerial dan supervisi klinis. Dan juga Ruang lingkup supervisi pendidikan yaitu supervisi bidang kurikulum, supervisi bidang kesiswaaan, supervisi bidang kepegawaian, supervisi bidang humas, supervisi bidang sarana dan prasarana, supervisi bidang keuangan dan supervisi bidang ketatausahaan.supervisi
Kata kunci: ruang lingkup, supervisi, pendidikan
Full Text:
PDFReferences
References
Buku
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Syukur, Fatah, 2013, Manajemen Pendidikan Berbasis pada Madrasah, Semarang: Pustaka Riski Putra.
Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Supervisi, (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), h. 41
Ametembun, N. A. (2007). Supervisi Pendidikan Disusun Secara Berprogram. Bandung: Suri
Gunawan, Ary H. Administrasi Sekolah, Administrasi Pendidikan Mikro. cet. I Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996.
Mulyasa E.,2009, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Artikel Jurnal:
Inayati, M. (2022a). Kesetaraan Gender Dalam Perspektif Islam (Studi Trhadap Peran Perempuan Sebagai Kepala Sekolah Di Yayasan Ali Imron Pakamban Laok Pragaan Sumenep Tahun 2022). Kartika: Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 99.
Mulyadi, Inayati, M., and Hasan, N. (2023). Revitalisasi Pendidikan Islam Tradisional Dalam Era Transformasi Digital.Al Qodiri Jurnal Penidikan, Sosial Dan Keagamaan, 20(3), 486–500.
Lazwardi, D. (2016). Implementasi Supervisi Pendidikan Di Sekolah/Madrasah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 167–189. https://doi.org/10.24042/alidarah.v6i1.794
Inayati, M., and Mulyadi. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran Materi Fikih Madrasah Aliyah. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(1), 16–27.
Mochamad Nurcholiq, Supervisi Klinik, Jurnal Evaluasi, 2017, 5, SUPERVISI KLINIS Nurcholiq | Evaluasi:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (staima-alhikam.ac.id)
Supradi, Bambang. Hakikat Supervisi Dalam Pendidikan Islam, IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, 2(1), 2019.
Anisah, Sari, M., Nasution, N. U., Siraj, M. S., Efendi, R., & Wardani. (2022). Konsep Evaluasi Program Supervisi Pendidikan di MTs Al-Khairiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13548–13552.
Astuti, M., Saputri, R., Noviani, D., Agama, I., Al-Qur’an, I., Indralaya, A.-I., Ilir, O., & Selatan, S. (2023). Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII) Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII), 1(1), 167–176.
Fadilla, H., Azmi, K., Farhana, L., Puspita, T. M., Kurniawan, M., Bintang, D. N., & Nasution, I. (2022). PENGEMBANGAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM RUANG LINGKUP SEKOLAH. Journal Analytuca Islamica, 11(1).
Pagga. (2014). PERANAN SUPERVISI PENDIDIKAN (Vol. 6).
Maizah, St., Abidin, Z., & Inayati, M. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kredibilitas Tenaga Pendidik Melalui Pendekatan Directiv, Non Directiv dan Kolaboratif. Multiverse: Open Multidisciplinary Journal, 2(1), 134–140. https://doi.org/10.57251/multiverse.v2i1.1022
Ma’sum, T., Ristianah, N., & In’am, A. (2022). SUPERVISI PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Kependidikan Indonesia, 12(1), 100–114.
Nahrowi, M. (2021). URGENSI SUPERVISI PENDIDIKAN DI SEKOLAH. Auladuna Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 61–70.
Tamim Mulloh, & Muslim, Abd. (2022). ANALISIS PERAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU. Journal Publicuho, 5(3), 763–775. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29
Wahib, A. (2021). Manajemen Evaluasi Program Supervisi Pendidikan. Auladuna Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 91–104. https://e-journal.staima-
Wesnedi, C., Hasibuan, L., Us Uin, K. A., Thaha, S., & Jambi, S. (2021). Supervisi Pendidikan Dalam Lingkup Pendidikan Islam Era Kontemporer. In Jurnal Kependidikan (Vol. 13, Issue 2). https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Al-Riwayah
Zulfahmi, J. (2014). Penyusunan Program Supervisi Pendidikan pada Madrasah Kab.Pendidikan, 5(2),95–106. https://doi.org/10.25217/ji.v5i2.649
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i2.5108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.