SCHOOL BASED MANAGEMENT HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN (Penelitian di SMA 4 Muhammadiyah & SMK 2 Muhammadiyah Bandung)

Aep Tata Surya, Ade Iwan Ridwanullah, Wafa Nurul Fauziah

Abstract


ABSTRACT

School will be said to be of good quality, if the entire management system in school is implemented properly. The purpose of this research is to hope to find out: 1) Implementation of the School Based Management system at SMA Muhammadiyah 4 and SMK Muhammadiyah 2 Bandung, 2) Quality of Education at SMA Muhammadiyah 4 and SMK Muhammadiyah 2 Bandung, 3) Relationship between School Based Management with Education Quality at SMA Muhammadiyah 4 and SMK Muhammadiyah 2 Bandung. This research is very appropriate to use a descriptive method of quantitative approach to research studies. Data collection techniques in this study using a questionnaire. Then the data analysis techniques in this study were data validation tests (validity and reliability), analysis prerequisite tests (normality and linearity tests), hypothesis testing (correlation coefficient and determination tests), and significance tests (T test). he results of this research on statistical tests which show that: 1) School Based Management at SMA Muhammadiyah 4 and SMK Muhammadiyah 2 Bandung produces an average of 4.1 which is included in the High category. 2) The quality of education at SMA Muhammadiyah 4 and SMK Muhammadiyah 2 Bandung produces an average of 4.5 which is included in the Very High category. 3) The relationship between School Based Management and Quality of Education at SMA Muhammadiyah 4 and SMK Muhammadiyah 2 Bandung has a significant value of 0.00

<0.05. Then the results obtained a correlation coefficient of 0.686 which is in the range between 0.600-0.799 which is categorized as positive. Then the results of the determination show that the correlation value (R Square) is 0.471 which can be concluded that the contribution of the School Based Management variable to the Quality of Education is 47.1%.

Keywords: School Based Management, Quality of Education and School

 

 

ABSTRAK

Sekolah akan dikatakan bermutu, jika seluruh sistem manajemen yang ada di sekolah terlaksana dengan baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu berharap untuk mengetahui: 1) Penerapan sistem School Based Management di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung. 2) Mutu Pendidikan di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung. 3) Hubungan School Based Management dengan Mutu Pendidikan di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung. Penelitian ini sangat tepat digunakan metode deskriptif pendekatan kuantitatif studi riset. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu uji absah data (validitas dan reliabilitas), uji prasyarat analisis (uji normalitas dan linearitas), uji hipotesis (uji koefisien korelasi dan determinasi), serta uji signifikansi (uji T). Perkiraan hasil penelitian dimungkinkan, pengujian statistik yang menunjukkan bahwa: (1) School Based Managemnt di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung menghasilkan rata- rata sebesar 4,1 yang termasuk dalam kategori Tinggi. (2) Mutu Pendidikan di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung menghasilkan rata - rata sebesar 4,5 yang termasuk dalam kategori Sangat Tinggi. (3) Hubungan School Based Management dengan Mutu Pendidikan di SMA Muhammadiyah 4 dan SMK Muhammadiyah 2 Bandung memiliki nilai signifikan 0,00< 0,,05. Kemudian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,686 yang berada di rentang antara 0,600- 0,799 yang dikategorikan dalam bentuk positif. Lalu diperoleh hasil determinasi diketahui nilai korelasi (R Square) ialah 0,471 yang dapat disimpulkan bahwa kontribusi variabel School Based Management dengan Mutu Pendidikan adalah sebesar 47,1%.

Kata Kunci: School Based Management, Mutu Pendidikan dan Sekolah


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, L. (1995). Kamus Besar bahasa Indinesia . Jakarta: Balai Pustaka.

Aristianingsih, R., Irawan, & Sulhan, M. (2022, Juni). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Dalam Kinerja Tenaga Kependidikan di Madrasah. Isema, 7, 48.

Imron, A. (2007). Pembinaan Guru di Indonesia.

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Irawan, Abdurrahim, N., Gusini, N., & Ridwanullah, A. (2020). Soft Skill Keprofesian Manajemen Pendidikan Islam Di Era Milenial.

Mulyasa. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2014). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep,Strategi dan Implementasi.

Mulyono. (2010). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Jakarta: Ar- Ruzz Media.

Nurkholis. (2003). Manajemen Berbasis Sekolah.

Jakarta: Grasindohlm.

Poerdarminta. (2003). kamus Umum Bahasa Indonesia

. Jakarta: Balai Pustaka.

Prangbakat, D. (20011). Meningkatkan Mutu Pengelolaan Sekolah Dasar Melalui Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management). Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Rusmayati. (2016). Pemahaman Manajemen Berbasis Sekolah Dan Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. TANZIM Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1, 84.

Sallis, E. (2000). Total Quality Management in Education, Alih Bahasa Ahmad Ali Riyadi. Yogyakarta: Irci Sod.

Slamet, P. H. (2000). Menuju Pengelolaan Pendidikan Berbasis Sekolah . Jawa Timur: Universitas Panca Marga Probolinggo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif.

Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (27th ed.). Bandung: Alfabeta.

Tanzeh, A. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian.

Yogyakarta: Teras.

Tunggal, m. W. (1992). Audit Mutu (Quality Auditing).

Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i2.5107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.