PENTINGNYA MANAJEMEN HUMAS DALAM MENDORONG BUDAYA BACA YANG BERKELANJUTAN UNTUK PENINGKATAN BUDAYA MUTU DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
ABSTRACT
Publict Relation management plays an important role in building a sustainable reading culture in Islamic educational institutions. A strong reading culture is essential to improving the quality of education as it helps students develop deep understanding, improve critical thinking skills and broaden their horizons. But in the digital era, many students tend to be more interested in social media and digital entertainment than reading books or printed sources. The research method used is a qualitative method with a descriptive approach. The purpose of this research is to find out the role of effective public relations management that can help campaign for the importance of reading culture to all stakeholders. The Qur'an and Sunnah provide the foundation and guidelines in seeking knowledge and deep understanding. The results showed that PR management can design effective communication campaigns to motivate school members to be actively involved in reading activities. Public relations management plays an important role in fostering a sustainable reading culture and improving the quality of education in Islamic educational institutions. To achieve this, schools must collaborate with stakeholders. A strong reading culture will influence students' perception of learning, improve their critical thinking skills and stimulate their interest in seeking knowledge. Thus, a reading culture is one of the key elements in developing the quality of Islamic education institutions.
Keywords: Publict Relations management, reading culture, quality culture.
ABSTRAK
Manajemen humas memegang peranan penting dalam membangun budaya membaca yang berkelanjutan di lembaga pendidikan Islam. Budaya membaca yang kuat sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan karena membantu peserta didik mengembangkan pemahaman mendalam, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan memperluas wawasan mereka. Namun di era digital, banyak pelajar yang cenderung lebih tertarik pada media sosial dan hiburan digital dibandingkan membaca buku atau sumber cetak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran manajemen humas yang efektif dapat membantu mengkampanyekan pentingnya budaya membaca kepada seluruh stakeholder. Al-Qur'an dan Sunnah memberikan landasan dan pedoman dalam mencari ilmu dan pemahaman yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen humas dapat merancang kampanye komunikasi yang efektif untuk memotivasi warga sekolah agar terlibat aktif dalam kegiatan membaca. Manajemen humas berperan penting dalam menumbuhkan budaya membaca berkelanjutan dan meningkatkan mutu pendidikan di lembaga pendidikan Islam. Untuk mencapai hal tersebut, sekolah harus berkolaborasi dengan pemangku kepentingan. Budaya membaca yang kuat akan mempengaruhi persepsi peserta didik terhadap pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan merangsang minatnya untuk mencari pengetahuan. Dengan demikian, budaya membaca merupakan salah satu unsur kunci dalam pengembangan mutu lembaga pendidikan Islam.
Kata kunci: Manajemen humas, budaya baca, budaya mutu.
Full Text:
PDFReferences
References
Adawiyah, Rabiatul, Peran Literasi Digital Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadis, ed. by Moh. Nasrudin, 1st edn (PT. Nasya Expanding Management (NEM), 2022)
Asnah, ‘Membangun Budaya Mutu Dan Budaya Kerja’, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, 2019
Dimasyqi, Abu Fida Al Hafiz ibn Kasir al, Tafsir Al-Qur’an Dan Al-’Azim, 4th edn (Dar al-Fikr)
Friantary, Heny, ‘Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat’, Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1.1 (2019), p. 66, doi:10.29300/disastra.v1i1.1485
Hariadi, Abdul Majid, ‘Peran Budaya Baca Pada Peningkatan Mutu Dan Peradaban Unggul’ (2017), pp. 2–5
Huda, Mualimul, ‘Perpustakaan Dan Mutu Pendidikan: Peran Dan Tantangan Perpustakaan Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter’, LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 5.2 (2017), pp. 341–64
Idris Apandi, Pesan-Pesan Untuk Nadiem Makarim Sumbangsih Pemikiran Seorang Warga Negara Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan (Samudra Biru, 2020)
Kamiliyah, ‘Humas Sebagai Stakeholder Sekolah Dalam Keterserapan Lulusan Siswa SMK Kesehatan Yannas Husada’, 50.1 (2021), pp. 11–19
Kamsul, Khotijah, ‘Strategi Pengembangan Kegemaran Membaca’, 2003
Kemenag, ‘Terjemahan Kemenag 2019’, in Al-Quran, 2019
Khairil Anwar, Manajemen Bencana: Suatu Pengantar Pendekatan Proaktif, ed. by Abdul Qodir (K-Media, 2018)
Kurniawan, Ramadhani, and Afi Parnawi, ‘Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan’, JPBB : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2.1 (2023), pp. 184–95
Mahmud, Muchammad Eka, ‘Peran Hubungan Masyarakat Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan’, in Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2021, pp. 2013–15
Mashudi, Imam, Dampak Komitmen Dan Budaya Mutu Terhadap Kinerja Guru (Ideas Publishing, 2021)
Morissan, Manajemen Public Relation, Strategi Menjadi Humas Profesional (Kencana, 2008)
Putra, I Putu Suardika, I Wayan Suastra, and Ni Ketut Suarni, ‘PERAN BUDAYA LITERASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA’, PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5.2 (2021), pp. 203–13
Ramadhani, Khalifah, ‘MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) DALAM PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA BRANDING DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) KOTA BATu’, Tesis, 2022
Ramand, Bella, and Supiya Anggraini, ‘MENJAGA KEMULIAAN AL-QURAN DALAM ISLAM’, Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2 (2023), pp. 886–96
Satira, Ulfa, and Rossa Hidriani, ‘Peran Penting Public Relations Di Era Digital’, Sadida: Islamic Communications Media Studies, 1.1 (2021), pp. 179–202
Suhadi, and Zakariyah, ‘Implementasi Budaya Literasi Pada Pembelajaran Al Qur`an Hadis Di Madrasah Aliyah’, Chalim Journal of Teaching and Learning, 1.2 (2021), pp. 121–28
Supriyanto, zuhriyo dwi yazid zamkhasyah, ‘Peran Humas Dalam Upaya Meningkatkan Minat Pendaftaran Peserta Didik Baru’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 08 (2020), pp. 332–43
Winarto, Andri, Eka Mahmud, and Akhmad Muadin, ‘Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Lembaga: Studi Multisitus Di STAI Sangatta Dan STIPER Sangatta Kutai Timur’, Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6.1 (2023), pp. 159–69, doi:10.32923/kjmp.v6i1.3355
Yilfiana, Vivi, Shinta Kharisma Putri, . Jumarni, and . Mirna, ‘Peran Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Di SMAN 14 Bone’, Jurnal Mappesona, 4.2 (2021), pp. 66–76
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i2.5106
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.