Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Guru di Sekolah Dasar : Mengungkap Praktik Efektif Retensi untuk Pengembangan Guru
Abstract
Abstrak
Manajemen strategi sumber daya manusia (SDM) guru di sekolah dasar menjadi krusial dalam membentuk lingkungan pembelajaran yang dinamis dan berfokus pada kualitas pendidikan. Strategi pengembangan SDM melibatkan pelatihan, workshop, dan penguasaan teknologi sebagai elemen utama untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru. Kolaborasi, baik fisik maupun daring, serta penilaian kinerja dan umpan balik, turut berperan penting dalam membentuk budaya pembelajaran kolektif dan evaluasi konstruktif. Pengembangan kebijakan sekolah yang mendukung, melibatkan partisipasi guru, memberikan fleksibilitas implementasi, dan memperhatikan kesejahteraan guru, menjadi landasan kritis untuk pertumbuhan dan pengembangan profesional guru. Keseluruhan, manajemen strategi SDM guru di sekolah dasar harus memadukan semua elemen ini guna menciptakan lingkungan belajar yang positif, dinamis, dan mendukung pertumbuhan guru secara berkelanjutan. Abstrak ini merangkum pentingnya strategi pengembangan SDM guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar, penyelenggaraan program mentoring antar-guru dapat menjadi langkah tambahan yang signifikan. Melibatkan guru senior untuk mendampingi guru yang baru atau yang membutuhkan bimbingan dapat mempercepat transfer pengetahuan dan pengalaman, menghasilkan pertumbuhan profesional yang lebih cepat. Kata kunci : Kompetensi Guru, MSDM, Pengembangan
Abstract
The strategic management of human resources (HR) for elementary school teachers is crucial in shaping a dynamic learning environment focused on education quality. SDM development strategies involve training, workshops, and technological proficiency as key elements to enhance teaching quality. Collaboration, both physical and online, along with performance assessments and feedback, play a crucial role in fostering a collective learning culture and constructive evaluation. The development of school policies that support teacher participation, provide flexibility in implementation, and prioritize teacher well-being is a critical foundation for growth and professional development. Overall, the management of HR strategies for elementary school teachers must integrate all these elements to create a positive, dynamic learning environment that supports sustained teacher growth. In the effort to improve education quality at the elementary level, the implementation of a teacher mentoring program can be a significant additional step. Involving senior teachers to guide new or in-need colleagues can expedite the transfer of knowledge and experience, resulting in faster professional growth. Therefore, through a holistic approach encompassing mentoring programs, technological utilization, and policy development, the strategic management of HR for elementary school teachers can create a dynamic learning ecosystem, promoting sustained professional growth and positively impacting education quality.
Keywords: Teacher Competence, Human Resource Management, Development
Full Text:
PDFReferences
Bibliography
Abdurrahim, Abdurrahim, and Fizian Yahya,„Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Smk Nw Wanasaba‟, Jurnal Manajemen Dan Budaya, 3.1 (2023), 59–75
Abdurrahmat Fathoni, M Abdul Somad, Muh ilham, MSDM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (MOTIVASI KERJA,BUDAYA OGANISASI, KINERJA PEGAWAI, PENGAWASAN), 2016
Ahmad, Laode Ismail, „Konsep Penilaian Kinerja Guru Dan Faktor Yang Mempengaruhinya‟, Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1.1 (2017), 133–42
Astagini, Rolia Ade, Nur Izzatin Nadifah, and Aisyah Dana Luwihta, „Penerapan
Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru‟, AKSI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1.1 (2022), 32–43
Basari, Dery Jamaludin, Saliha Sebgag, Sayid Muhammad Rifqi Noval, Achmad Mudrikah, and Agus Mulyanto, „Human Resource Management Model in Islamic Boarding School-Based Private Madrasah
Tsanawiyah‟, Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8.1 (2023),14–30
Dana Luwihta, Aisyah, Nur Fadilah, and Stai Hasan Jufri Bawean, „Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Guru‟, Journal of Education Management Research, 1.1 (2023), 25–31
Fahitna, Itsna, Yeni Suryani, and Chandra Sagul Haratua, „Pelaksanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru SMPN 51 Jakarta‟, Logos: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2.2 (2023), 78–83
Haryati, Isti, Iman Santoso, Sudarmaji, Aditya Rikfanto, Retna Endah Sri Mulyati, and Sri Megawati, „Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru-Guru Bahasa Jerman Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas‟, Prima : Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1.3 (2022), 65–74
Khotimatus Sa‟diyah dkk, „Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidik PAUD Khotimatus Sa‟diyah 1 ,
Niyarci 2 ,Lita Latiana 3 , Ali Formen 4‟, 2021, 40–46
Lestari, Sri, Rahmi Syahriza, and M. Ikhsan Harahap, „Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Karyawan‟, Inovasi, 19.3 (2023),720–29
Madiyah, Hj., „PENERAPAN KEDISIPLINAN SISWA DAN MENINGKATKAN PENDIDIKAN
SEKOLAH Universitas Sunan Giri Surabaya‟, 5 (2023), 26–46
Marpaung, Junierissa, „Pengaruh Gaya Belajar
Terhadap Prestasi Belajar Siswa‟, KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2.2 (2016), 13–17
Mubarok, Ramdanil, „Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam‟, AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3.2 (2021), 131–46
Muhammad Abdul Wahid, Jajat Darojat,„STRATEGI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP BAYT TAMYIZ DESA SUKAPERNA KECAMATAN TUKDANA
KABUPATEN INDRAMAYU‟, 1 (2022), 300–311
Priyatna, Andri, Pahami Gaya Belajar Anak ; Memaksimalkan Potensi Anak Dengan Memodifikasi Gaya Belajar (PT ALEX MEDIA KOMPUTINDO, 2013)
Rasyid, Harun Al, „FUNGSI KELOMPOK KERJA GURU (KKG) BAGI PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN GURU SEKOLAH DASAR Harun‟, Core.Ac.Uk, 6.19 (2019), 143–50
Sudrajat, Jajat, „Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19‟, Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13.2 (2020), 100
Taruna, Mulyani Mudis, „Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam‟, Analisa, 18.2 (2011), 180
Werdiningsih, Wilis, „Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran Daring‟, Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2.1 (2021), 113–24
Yumnah, Siti, „Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sumber Daya Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan‟, 4 (2023),
–104
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i1.5099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.