MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENSUKSESKAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDN 04 MUARA PINANG

Pebri Yanti, Khairiah Khairiah, Mindani Mindani

Abstract


ABSTRACT

Independent learning curiculum management at public elemtary school 04 Muara Pinang is a crucial element in every educational form and model. Without effective curriculum management, education administrations will struggle to achieve educational objective and shape students who embody the Pancasila student profile. The aim of this research is to describe the management of independent leraning curiculum in the succes Project To Strengthen The Profile Of Pancasila Students. This qualitative descriptive research employed data collection techniques such as interviews, observations, and documentation. The findings indicate that the management of the independent learning curriculum is satisfactory. This is evident from the planning, which involves KKG in formulating the Annual Teaching Program (ATP), organizing by forming a teacher committee, curriculum development team, and facilitator team, implementing through the application of PMM and the realization of the learning process, as well as evaluating through assessment and supervision. The Project to Strengthen the Profile of Pancasila Students is well-executed. This is demonstrated by the planning phase, which involves the formation of a facilitator team, the implementation phase divided into three stages: the introduction phase via inspirational videos, real action taken in accordance with the theme, and follow-up evaluation to expand the impact and benefits of the project. Supporting factors for the implementation of the independent learning curriculum in the Project to Strengthen the Profile of Pancasila Students include the categorization as a driving school and adequate facilities and infrastructure. Conversely, inhibiting factors include the difficulty teachers face in handling students' diverse characters, challenges in adapting to digital tools, and limited subject-specific textbooks. So it can concluded that independent learning curiculum management in the succes Project To Strengthen The Profile Of Pancasila Students.

 

Keyword: Independent Learning Curriculum, Pancasila Student Profile Project

 

                                                 ABSTRAK

Manajemen kurikulum merdeka belajar di SDN 04 Muara Pinang masih mengalami kesulitan dalam penerapannya. Karena masih terdapat guru yang belum bisa mengisi sistem pada aplikasi platform merdeka belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum merdeka belajar serta faktor pendukung dan penghambatnya dalam menyukseskan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentas. Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen kurikulum merdeka belajar sudah baik. Dilihat dari perencanaan yang melibatkan KKG dalam merumuskan ATP, pengorganisasian dengan membentuk guru komite, tim pengembangan kurikulum dan tim fasilitator, pelaksanaan dengan pengaplikasian platform merdeka mengajar dan proses pembelajaran, serta evaluasi berupa assesmen dan supervisi. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila juga sudah baik. Dibuktikan dengan perencanaan, dibentuk tim fasilitator. Pelaksanaan, melalui tiga tahap yaitu pengenalan melalui video pemantik, aksi nyata sesuai tema, dan evaluasi tindak lanjut guna memperluas dampak dan manfaat projek. Faktor pendukung pelaksanaannya yaitu terkategori sekolah penggerak serta sarana dan prasarana memadai. Sedangkan, Faktor penghambatnya yaitu masih sulitnya guru dalam menangani perbedaan karakter peserta didik, guru sulit beradaptasi dengan perangkat digital, terbatasnya buku ajar beberapa mata pelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum merdeka belajar dapat menyukseskan Projek Penguata Profil Pelajar Pancasila.

 

Kata Kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Projek Profil Pelajar Pancasila

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Akhmad & Dinda. Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Ibtida. Vol 3 No 2. Pemalang. 2022.

Annisa Ramadhani Al-Husaini Lubis. Implemetasi Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Siswa MI. Journal of Education. Vol 6 No 2. 2020. Diakses pada tanggal 21 Maret 2023 Pukul 15:30 WIB.

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. 2022.

Dewi Rahmadayanti dan Agung Hartoyo. Potret Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Vol 6 No 2. 2022. Diakses pada tanggal 20 Maret 2024 pukul 12:45 WIB.

Dinda, Ayu V. Analisis Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema (Kearifan Lokal) Kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Batu. Skripsi S1Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. UIN Jakarta. 2022. Diakses pada tanggal 05 Januari 2024 Pukul 10:25.

Effendi. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES. 2012.

Enjang, Sarip Hidayat. Refleksi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Pancaniti. NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian. 2021.

Evi, dkk. Aplikasi Kurikulum Merdeka: Fenomena Lerrning Loss pada Pembelajaran Kimia. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. 2023.

Farhana, Ika. Memerdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Bogor: Lindan Bestari. 2022.

Hariri, Hasan Dkk. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi. 2016.

Hasibuan. Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Bumi Aksara. 2007.

Hidayat Wiji, dkk. Manajemen Kurikulum dan Program Pendidikan (Konsep dan Strategi Pengembangan). Yogyakarta: Semesta Aksara. 2021.

Ikram. Muhammad. Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 2 Parepare. Jurnal MPI. Vol 1 No 1 2023, diakses pada tanggal 05 Januari 2024 pukul 10:15 WIB.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Salinan Lampiran Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Nomor 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2022.

Khairiah, K. Pengaruh Implementasi Kurikulum Berbasis KKNI Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan PTAIN. Nuansa Jurnal Studi Islam dan Kemasyarakatan. Vol 8 no 2. 2015. Diakses pada tanggal 28 Maret pukul 10:35 WIB.

Khairiah, K. Peran Fungsi Evaluasi Dalam Lembaga Pendidikan (Program Pembelajaran).

Maujud, Fathul. Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Keislaman. Vol 14 No 1. 2018. Diakses pada tanggal 20 Maret 2024 pukul 12:00 WIB.

Mihmidaty. Manajemen Kurikulum: Dalam Perspektif Al Qurab dan Hadis. Surabaya: Global Aksara Press. 2021.

Mulyasa, E. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung, PT Remaja Rodaskarya. 2015.

Nugrahani, Farida. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 2014.

Panduan Pengembangan Profil Pelajar Pancasila.

Poerwanti, dkk. Assesmen Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas. 2008

Putu, dkk. Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. Bandung: CV. Media Sains Indonesia. 2022.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6 no 4. 7174-7187. 2022. Diakses pada tanggal 28 Maret pukul 10:00 WIB.

Shalahudin, Ismail, dkk. Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol 2 No 1 Januari 2021. Diakses pada tanggal 05 Januari 2024.

Sondang P. Siagian. Filsafat Administrasi. Jakarta: Bina Aksara. 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2015.

Sudarto, Abd Hafid dkk. Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Mancang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/ Tema IPA, Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, “Penguatan Riset, Inovasi dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19”. Universitas Negeri Makassar. 2021.

Sulistiawati, Anjar. Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui proyek bermuatan kearifan lokal di SDN Trayu. Jurnal Fundadiknas. Vol 5 No 3 November 2022. diakses pada tanggal 05 Januari 2024 Pukul 10:45

Tema Umum Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, https://ditsmp.lemdikbud.go.id/tema-umum-proyek-penguatan-profil-pelajar-pancasila/, diakses pada Rabu, 31 Januari 2024 pukul 10:39.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, Vol 8 no 1. 2022. Diakses pada tanggal 28 Maret pukul 09:45 WIB.

Wahyudin, Dinn. Manajemen Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2014.

Yuhda, Rizqa. Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 2 Batu Malang. UIN Malang. 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i2.5060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.