MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATAN CITRA SEKOLAH DI SDIT DAN SMPIT BANTEN ISLAMIC SCHOOL
Abstract
ABSTRACT
In today's digital era, social media has become an important platform to communicate and interact with school stakeholders such as students, parents, teachers and the general public. Effective management of the school's social media can have a significant impact on the school's image and reputation. This study aims to describe the public relations management in managing social media as an effort to improve the school's image. The research method used is descriptive qualitative with data collection techniques through observation, in-depth interviews, documentation, triangulation, field notes and member checks. The informants in this study were the principal, vice principal for public relations and coordinator of the Creative Team. The results of this study are (1) Planning social media management in improving the image at SDIT and SMPIT Banten Islamic School by making a grand design, forming a Creative Team, compiling operational standards, and determining audience segmentation. (2) The implementation of social media management in improving the image of schools at SDIT and SMPIT Banten Islamic School begins with determining the theme of the content to be created, creating social media content, conducting bureaucratic approval of publications, social media publications on Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok and Whatsapp. (3) Evaluation of social media management conducted by SDIT and SMPIT Banten Islamic School is by conducting direct or spontaneous evaluation, monthly evaluation, semester evaluation and annual evaluation. (4) Supporting and inhibiting factors in social media management and (5) strategic steps taken by the principal as a quick and appropriate step in dealing with obstacles to social media management at SDIT and SMPIT Banten Islamic School. It is hoped that the results of this study can make an important contribution to the development of theory and practice of public relations management in the educational context.
Keywords: public relations management, social media, school image
ABSTRAK
Dalam era digital saat ini, media sosial telah menjadi platform penting untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan stakeholder sekolah seperti siswa, orangtua, guru, dan masyarakat umum. Pengelolaan yang efektif dari media sosial sekolah dapat berdampak signifikan pada citra dan reputasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan manajemen hubungan masyarakat dalam pengelolaan media sosial sebagai upaya meningkatkan citra sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif denga Teknik pengumpulan data melalu observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, triangulasi, catatan lapangan dan member check. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang hubungan masyarakat dan koordinator Tim Kreatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan pengelolaan media sosial dalam meningkatkan citra di SDIT dan SMPIT Banten Islamic School dengan membuat grand desain, membentuk Tim Kreatif, menyusun standar operasional, dan menentukan segmentasi audiens . (2) Pelaksanaan pengelolaan media sosial dalam meningkatkan citra sekolah di SDIT dan SMPIT Banten Islamic School dimulai dengan menentukan tema konten yang akan dibuat, membuat konten media sosial, melakukan birokrasi persetujuan publikasi, publikasi media sosial di Instagram, Facebook, Youtube, Tiktok dan Whatsapp. (3) Evaluasi pengelolaan media sosial yang dilakukan SDIT dan SMPIT Banten Islamic School adalah dengan melakukan evaluasi langsung atau spontan, evaluasi bulanan, evaluasi semester dan evaluasi tahunan. (4) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan media sosial dan (5) langkah strategis yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai langkah cepat dan tepat dalam menghadapi hambatan pengelolaan media sosial di SDIT dan SMPIT Banten Islamic School. Diharapkan bahwa hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi penting terhadap pengembangan teori dan praktik manajemen hubungan masyarakat di konteks pendidikan.
Kata kunci: menajemen humas, media sosial, citra sekolah
Full Text:
PDFReferences
References
Andini, F. D. (2022). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu Sekolah Menengah Pertama An Namiroh Pekanbaru dalam Mempromosikan Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. Skripsi
Badan Pusat Statistik, Penggunaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (P2TIK) Sektor Pendidikan 2018.
Budiastuti, D. R. (2022). Penggunaan Media Sosial Instagram, Youtube, dan Facebook Sebagai Sarana Komunikasi Bagi SMP Terpadu Darussalam
Elyus and Soleh, “Strategi Humas Dalam Meningkatkan Citra Sekolah Di Era Pendemi Covid 19,” Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan,9(2), (2021): 281-289.”
Greenhow, C., & Chapman, A. (2020). Social Distancing Meet Social Media: Digital Tooll For Connecting Students, Teachers, And Citizens in An Emergency.
Kimmons, R., Carpenter, J. P., Veletsianos, G.,& Krutka, D. G. (2018). Mining Social Media Divides: An Analysis of K-12 U.S.School Uses of Twitter. Learning, Media and Technology
Lexy J., Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Nasih, G. (2021). Analisis Penggunaan Media Sosial Dalam Perekrutan Peserta Didik Baru Di Smp Plus.
Rakhman & Trihantoyo, S. (2020). Peran Hubungan Masyarakat Era Marketing 4.0 Dalam Meningkatkan Keterserapan Lulusan Program Keahlian MulTimedia di SMKN 12 Surabaya.
Tutut Sholihah, “Strategi Manajemen Humas Dalam Menciptakan School Branding Pada Sekolah Islam Terpadu,” J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 3, no. 2 (2018): 72–84.”
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003”
Wenni Syafitri, “Pelatihan Branding Sekolah Pada Sosial Media Di SMP IT Madani,”Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2019): 158–66.”
Zamroni, Z., Baharun, H., Rozi, F., Sholeha, W., & Anggraini, Y. (2022). Intercultural Communication: Strategy to Improve School Competitiveness Based on Public Demand.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v9i2.5028
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.