PENGEMBANGAN EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT (ESQ) SISWA MELALUI MATERI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMAaISLAM (PAI) DI SMK MUHAMMADIYAH 2 SAMARINDA
Abstract
ABSTRACT
The purpose of this research is to describe how students develop their Emotional Spiritual Quotient (ESQ) through Islamic Religious Education (PAI) curriculum material at SMK Muhammadiyah 2 Samarinda. In addition, this research includes several elements including the role of the PAI teacher in developing student ESQ as well as supporting and inhibiting factors in developing student ESQ. The method used in this research is descriptive qualitative by conducting field studies. Data collection techniques were carried out by observing, interviewing, and distributing observation sheets to class Xs SMK Muhammadiyah 2 Samarinda. This research was conducted at SMK Muhammadiyah 2 Samarinda. The results of the research prove that in the process of developing students' ESQ, it can be done with PAI curriculum materials, school programs that support students' ESQ development. In addition, the role of the PAI teacher is very important, because the PAI teacher is the spearhead or main actor in teaching PAI and providing guidance to students so that students are able to apply Islamic values in socializing, interacting and associating with friends, teachers and other school communities. This does not mean that the burden for escorting and guiding students is only PAI teachers but all teachers and school employees. All of these elements must collaborate in order to develop the student's ESQ. Supporting and inhibiting factors in the development of student ESQ must be the main reference by school principals and other officials at school so that they can be used as a basis for making policies so that the student's ESQ development process can be achieved optimally.
Keywords: Emotional Spiritual Quotoent (ESQ), curriculum material, PAI
ABSTRAK
Tujuan penelitiannini adalahh untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) siswa melalui materi kurikulum Pendidikan AgamaaIslam (PAI) di SMK Muhammadiyah 2 Samarinda. Selain itu, peneltitian ini mencakup beberapa unsur di antaranya peran guru PAI dalam pengembangan ESQ siswa serta fakto pendukung dan penghambat dalam pengembangan ESQ siswa. Metode yang digunakan dalam penelitiannini adalahhkualitatif deskriptif dengan melakukan studi lapangan. Teknik pengumpulanndata dilakukan denganoobservasi,wwawancara, dan pembagian lembar observasi kepada siswa kelas XsSMK Muhammadiyah 2 Samarinda. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah 2 Samarinda. Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam proses pengembangan ESQ siswa dapat dilakukan dengan materi kurikulum PAI, program-program sekolah yang menunjang pengembangan ESQ siswa. Selain itu peran guru PAI sangat penting, karena aguru PAI merupakan ujung tombak atau pemeran utama dalam melakukan pengajaran PAI dan melakukan pembimbingan kepada siswa agar siswa mampu menerapkan nilai-nilai keislaman dalam bersosialiasi, berinteraksi dan bergaul dengan teman, guru dan masyarakat sekolah lainnya. Hal ini bukan berarti beban yang dipikul untuk mengawal dan membimbing siswa hanya guru PAI tetapi semua guru dan karyawan sekolah. Semuanya unsur-unsur tersebut harus berkolaborasi demi mengembangkan ESQ siswa. Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan ESQ siswa harus menjadi acuan utama oleh kepala sekolah dan pejabat lain yang disekolah untuk dapat dijadikan pijakan dalam membuat kebijakan agar proses pengembangan ESQ siswa dapat dicapai secara maksimal.
Kata Kunci : Emotional Spritual Quotoent (ESQ), materi kurikulum, PA
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Agustian, Ginanjar, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi Dan
Spiritual: ESQ (Jakarta: Arga, 2007)
Ahmad, Muhammad Yusuf, and Siti Nurjannah,‘Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan
Kecerdasan Emosional Siswa’, Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 13.1 (2016), 1–17
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka cipta, 2013)
Choeroni, and Et Al, Pendidikan Agama Islam (Semarang: Erlangga, 2013)
Jannah, R, ‘Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2017, 47–58
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2008)
Suhartono, and Suparlan, WawasanPendidikan: Sebuah Pengantar
Kemenag, RI, ‘Qur’an Kemenag’, 2019
Majid, A, Belajar Dan Pembelajaran:Pendidikan (Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia, 2008)
‘Wawancara Dengan Bapak Alkahvi, Kepala SMK Muhammadiyah 2 Samarinda’
‘Wawancara Dengan Bapak Farid Wajdi, Guru PAI SMK Muhammadiyah 2 Samarind
Pendidikan Agama Islam (PT Remaja
Rosdakarya, 2014)
Marimba, and Ahmad D, Pengantar Filsafat
Pendidikan Islam (Banndung: Al-Ma’arif, 1989)
Mujtahid, ‘Kurikulum Pendidikan Agama Islam
(PAI)’, 2011
Pahlevi, Rani, ‘PENINGKATAN KECERDASAN
SPIRITUAL MELALUI PEMBELAJARA N
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA N I
BANDAR KABUPATEN BENER MERIA
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v8i1.5022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.