Upaya Guru dalam Manajamen Kelas untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa
Abstract
ABSTRACT
This journal aims to determine teachers' efforts in classroom management to increase students' emotional intelligence. The methodology used is a literature review from several other supporting journals. From various supporting sources, teachers’ efforts in classroom management to increase students' emotional intelligence are significant because the class will feel more conducive and focused. So that students can focus more and use their emotions in learning. Therefore, classroom management is essential for teachers to get the desired positive things.
Keywords: Emotional Intelligence, Classroom Management, and the Role of the Teacher
ABSTRAK
Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Metodologi yang digunakan adalah literature review dari beberapa jurnal pendukung lainnya. Dari berbagai sumber pendukung dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam pengelolaan kelas untuk peningkatan kecerdasan emosional siswa sangat penting dilakukan karena kelas akan lebih terasa kondusif dan terarah. Sehingga siswa bisa lebih focus dan menggunakan emosional dirinya dalam pembelajaran. Maka dari itu, pengelolaan kelas penting dilakukan oleh guru untuk mendapatkan berbagai hal positif yang diinginkan.
Kata kunci : Kecerdasan Emosional,Manajemen Kelas, Dan Peran Guru
Full Text:
PDFReferences
References
Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik (Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI). Yogyakarta: Cantrik Pustaka.
Harjali. (2019). Penataan Lingkungan Belajar: Strategi untuk Guru dan Sekolah. Malang: Seribu Bintang
I, Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Karwati, E. dan Priansa, DJ. (2014). Manajemen Kelas: Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi. Bandung: Alfabeta.
Mubarrok, H. (2017). Ketika Guru dan Siswa Saling Bercermin (Kajiaan Refleksi Diri Membangun Motivasi Menju Perbaikan Diri). Jakarta: Elex Media Komputindo
Artikel Jurnal:
Apriani, Tika. (2017). Peran Gutu Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMP PGRI 6 Bandar
Lampung. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negri Raden Intan Lampung)
Aswat, H., Sari, ER, Aprilia, R., Fadli, A., & Milda, M. (2021). Implikasi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID 19 terhadap Kecerdasan Emosional Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu , 5 (2), 761–771
Dilekli, Y. (2017). Hubungan antara Keterampilan Berpikir Kritis dan Gaya Belajar Siswa Berbakat. Jurnal Studi Pendidikan Eropa, 3 (4), 69-96.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 87–105.
Fitrianik, C., Busyairi, A. (2019). Peran Guru Dalam Manajemen Kelas Untuk Peningkatan Kecerdasan Emosional. Jurnal Kependidikan Dasar, 10(1), 26-27
Harisa, A., Imran, A., & Alwi, W. (2022). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Mengajar Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Kelas di Sekolah. IQ (Ilmu Al- qur'an): Jurnal Pendidikan Islam , 5 (01), 73–86
Hartati, L. 2013. Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa Pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif , 3(3): 224-235.
Isnanto, I., Ilham, A., & Lakita, N. (2020). Pengendalian Tingkah Laku Siswa Melalui Pendekatan Manajemen Kelas. Jurnal Manajemen Pendidikan Jambura , 1 (1), 27-
Jannah, N & Mahidin (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional siswa di sma muhammadiyah-2 medan. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI),
(1). 115-126.
Nur Afni, & Abrina Maulidnawati Jumrah. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Guru Terhadap Manajemen Kelas Siswa Di Sd
Negeri Panaikang 1 Kota Makassar. Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 2 (2).
Nurhadijah. (2022). Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SDN 09 Kepahiang. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4), 55-56
Rizka H, Ali Imran & Wildan Alwi. Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Kelas Di Sekolah. Ilmu Al-Qur’an (IQ) Jurnal Pendidikan Islam, 2022: 85.
Siska, H.F.(2022). Upaya Guru Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Iv Di Sdn 52 Bengkulu Selatan. Skripsi.
Sternberg, RJ, Grigorenko, EL, & Zhang, LF (2008). Gaya belajar dan Berpikir Penting dalam Pengajaran dan Penilaian. Perspektif Ilmu Psikologi, 3 (6), 486-506.
Tianhuri, R. . (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Pendekatan Kecerdasan Emosional Melalui Daring Di Kelas VI Mis Nurul Huda Sembubuk . Ad-Dhuha: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Budaya Islam, 2(1), 1-12.
van de Pol, J., Volman, M., & Beishuizen, J. (2010). Perancah dalam interaksi guru-siswa: Penelitian selama satu dekade. Review Psikologi Pendidikan, 22 (3), 271–296.
Watanabe, K. (2013). Mengajar sebagai Fenomena Dinamis dengan Interaksi Interpersonal. Pikiran, Otak, dan Pendidikan, 7 (2), 91-100.
Wati, ARZ, & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Pengelolaan Kelas Unggulan Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) , 5 (1), 46–57.
Yuliani, Sholikah. (2022). Peran Guru Kelas Dalam Perkembangan Emosional Siswa PascaPandemi di Kelas IV SDN 141 Bengkulu Utara. (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negri Fatmawati Sukarno Bengkulu).
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v8i3.3978
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.