Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Melalui Program PPDB Indent di SD IT Banten Islamic School

Ridwan Nurkarim, Abdul Muin

Abstract


ABSTRACT This research discusses marketing strategies to increase new student participation through the Indent New Student Admission Program (PPDB) at SDIT Banten Islamic School. The research method uses a descriptive qualitative approach by exploring effective marketing strategies to attract prospective students and parents. This research aims to provide guidance for SDIT Banten Islamic School in designing effective marketing strategies to increase brand awareness, attract prospective students, and increase participation in the PPDB Indent Program. The practical implications of this research are expected to help school managers in achieving success in new student enrollment as well as strengthening SDIT Banten Islamic School's position in the education domain. The strategic measures identified include the establishment of strong branding through the identification of school values, the use of social media and digital platforms to expand reach, partnerships with other educational institutions to introduce the school, the implementation of special events such as open days and seminars, and the use of testimonials and recommendations from students and parents. Keywords: strategy, marketing, education services

ABSTRAK Penelitian ini membahas strategi pemasaran untuk meningkatkan partisipasi siswa baru melalui Program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Indent di SDIT Banten Islamic School. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatifdengan menggali strategi pemasaran yang efektif untuk menarik minat calon siswa dan orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan panduan bagi SDIT Banten Islamic School dalam merancang strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan kesadaran merek, menarik minat calon siswa, dan meningkatkan partisipasi dalam Program PPDB Indent. Implikasi praktis dari penelitian ini diharapkan dapat membantu pengelola sekolah dalam meraih keberhasilan dalam penerimaan siswa baru serta memperkuat posisi SDIT Banten Islamic School dalam ranah pendidikan. Langkah-langkah strategis yang teridentifikasi termasuk penetapan branding yang kuat melalui identifikasi nilai-nilai sekolah, penggunaan media sosial dan platform digital untuk memperluas jangkauan, kemitraan dengan lembaga pendidikan lainnya untuk memperkenalkan sekolah, pelaksanaan event khusus seperti hari terbuka dan seminar, serta penggunaan testimoni dan rekomendasi dari siswa dan orang tua. Kata kunci: strategi, pemasaran, jasa pendidikan


Full Text:

PDF

References


References

Azan, K. (2019). STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN: ANALISIS FAKTOR DETERMINAN PEMASARAN PENDIDIKAN YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA KULIAH DI STAIN BENGKALIS. Jurnal

Tarbawi, Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 119–128.

Eka Handrayani et al. Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

Faizin, I. (2017). STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN NILAI JUAL MADRASAH. Jurnal Madaniyah,

(2), 261–283.

Fauzi, A., Gunawan, A., Hendri, F., Uin, ), Maulana, S., & Banten, H. (n.d.). STRATEGI PEMASARAN JASA DAN LAYANAN

PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN

(STUDI DI MTS NEGERI KOTA CILEGON).

Lexy J., Moleong. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya, Bandung

M. Suyanto, Analisis Dan Desain Aplikasi Multimedia

Untuk Pemasaran. Yogyakarta: ANDI,

Mudin, Pratidina, G., & Alamsyah Kusumadinata, A. (2023). BENTUK PROMOSI SEKOLAH DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK

BARU. In Karimah Tauhid (Vol. 2, Issue 5).

My, M., Savitri, R., & Oktorita, L. (2021). Strategi

Pemasaran Jasa Pendidikan dalam

Meningkatkan Animo Masyarakat pada

Masa Pandemi Covid-19. Journal of

Management in Education, 6(1).

https://doi.org/10.30361/jmie.2021.61.33-44

Sa’adah, K., Kusmintardjo, & Burhanuddin. (2015). STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT PENGGUNA

LAYANAN JASA PENDIDIKAN PADA SD

ISLAMIC GLOBAL SCHOOL DI KOTA

MALANG. 1–14.

Sabila, S. N., & Kholiq, A. (2023). PERAN BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN DI

KABUPATEN PONOROGO. EDUMANAGERIAL: Journal of Islamic

Education Management, 02, 51–63.

https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.p

hp/edumanagerial

Sartika, D. (2019). Perencanaan Strategi Pemasaran

Jasa Pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( STIT ) Simeulue Aceh Melalui Pendekatan Bauran Pemasaran (Marketing

Mix ). 3, 1–15.

Sisca, Sri Aprianti Tarigan, dkk. Service Marketing: Pendekatan Teori Dan Praktik. Bandung:

CV. Media Sains Indonesia, 2022.

Toha Ma’sum. "Eksistensi Manajemen Pemasaran

dalam Membangun Citra Lembaga

Pendidikan." Intelektual: Jurnal Pendidikan

Dan Studi Keislaman 10.2 (2020): 133-

Wildan Zulkarnain Anis Kurliyatin, Ibrahim Bafadal,

“Hubungan Citra Sekolah, Pelayanan Prima, Harapan Orangtua, Dan Rasa Bangga Orangtua Dengan Keputusan Orangtua Menentukan Sekolah Untuk Anaknya,” Ilmu Pendidikan 2, No. 1

Januari 2017 (2021): 135.

Zakki, M., Eko, A., & Marsokan, P. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Sekolah Tinggi Agama Islam Al Falah (STAIFA)

Pamekasan Dengan Pendekatan Bauran

Pemasaran (Marketing Mix).




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v8i3.3933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.