PENGGUNAAN STRATEGI JOYFUL LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VII A PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL
Abstract
Abstract: Classroom Action Research (PTK) using the Joyful Learning Strategy was carried out with the aim of improving the mathematics learning outcomes of class VII students in the subject of One Variable Linear Equations. The subjects of this study were 32 students in class VII A of SMP Negeri 5 Bengkulu City. Data collection techniques used in this research include observation, interviews, tests and documentation. The use of the joyful learning strategy is carried out in 2 cycles consisting of the planning stage, the implementation stage, the observation stage and the reflection stage. The class average value in the pre-cycle was 48.75%, after being given action in the first cycle using a joyful learning strategy the class average value experienced a slight increase of 67.65%%, so that the second cycle was carried out which showed an increase in the average value -class average of 85% with 27 students who complete or 84.37%. Based on the results in cycles I and II, this shows that there is an increase in student learning outcomes by using joyful learning strategies, so it can be concluded that joyful learning strategies can improve student mathematics learning outcomes.
Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Strategi Joyful Learning ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII pada materi Persamaan Linier Satu Variabel. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada peneliltian ini antara lain observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penggunaan strategi joyful learning dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi serta tahap refleksi. Nilai rata- rata kelas pada pra siklus sebesar 48,75%, setelah diberikan tindakan pada siklus I dengan menggunakan strategi joyful learning nilai rata-rata kelas mengalami sedikit peningkatan yaitu sebesar 67,65%%, sehingga dilakukan siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu sebesar 85% dengan 27 siswa yang tuntas atau 84,37% . Berdasarkan hasil pada siklus I dan II hal ini menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan Penggunaan strategi joyful learning, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi joyful learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Kata kunci: strategi joyful learning, hasil belajar, Persamaan Linier Satu Variabel.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal., dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru, SMP, SMA, SMK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian.Jakarta:n Rineka Cipta.
Azmi, Nurul, Skripsi: Penerapan Metode Berbabis Joyfull Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Mtematika Kelas 2 SDN 27 Ampean Tahun Ajaran 2015/2016, Mataram: Universitas Mataram, 2016.
Darmansyah. 2011. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan: Jakarta.
DePorter, Bobbi., & Hernacki, Mike. 1999. Quantum Learning. Terjemahan Alwiyah Abdurrhman. Bandung: Kaifa.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SD/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta : Ar-Ruzz
Hamruni, H. 2012. Strategi Dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Investidaya.
Herawati, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru Dan Calon Guru. Malang: Bayu Media Publishing.
Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.
Iqbal, M. (2020). Pendidikan Terbelah: Telaah Posisi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Dalam
Sistem Pendidikan Nasional. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 19(2), 287-302.
Marzuki, Sufiani, “JOYFULL LEARNING: STRATEGI ALTERNATIF MENUJU PEMBELAJARAN
MENYENANGKAN,” Jurnal Pemikiran Islam, 1, 2021.
Melisa. 2014. Pengaruh Joyful Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Hasnudin Salatiga Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi. UKSW.
Mulyasa. E. 2006. Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Munayasari, Ika Deni. 2013. Penggunaan model pembelajaran joyful learning dengan pendekatan bermain di luar kelas dalam upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar Matematika materi irisan dan gabungan bagi peserta didik kelas VII F SMP N 1 Limbangan Kendal tahun pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.http://eprints.walisongo.ac.id
/1588/. Diunduh pada tanggal 8 Maret 2017
Susanti, P. E dkk. 2014. Efektivitas Joyful Learning Berbantuan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Salatiga Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Semester 2 Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP-UKSW. http://repository.uksw.edu/handle/12345 6789/4974. Diunduh pada tanggal 8 Maret 2017
Septiawan, Hendika. 2012. Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN Salatiga 01 Kota Salatiga. Skripsi. UKSW http://repository.uksw.edu/handle/12345 6789/912. Diunduh pada tanggal 8 Maret 2017.
Slameto, Ahmad 2013. Belajar Dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukardiyono, Totok. 2015. Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip, dan Langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas. Makalah. UNY
http://staffnew.uny.ac.id/upload/132048 521/pengabdian/makalah-ppm-ptk- 2015.pdf. diunduh pada tanggal 24 Maret 2017
Susilo, Chotimah dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Bandung: CV. Yrama Widya.
Tawar. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Joyful Learning Pada Siswa Kelas 4 SD Negeri Pesantren Kec. Blado Kab. Batang Semester I Tahun Pelajaran 2013/2014.
DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v8i2.3923
Refbacks
- There are currently no refbacks.
An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id
Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.