PERAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PROSES IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DOSEN PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI FAKULTAS TARBIYAH DAN TADRIS UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Ade Riska Nur Astari

Abstract


ABSTRAK

Setiap lembaga pendidikan pada umumnya sangat memerlukan SDM yang berkualitas, karena SDM berkualitas merupakan aset paling berharga dalam suatu lembaga pendidikan. Untuk menjaga  kualitas  SDM,  penyelenggara memerlukan manajemen sumber daya manusia ( MSDM) yang efektif , terutama pada proses pembelajaran tatap muka terbatas belakangan ini . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kompetensi kognitif pedagogik dosen pada pembelajaran tatap muka terbatas serta hubungan manajemen sumber daya manusia dengan peningkatan kompetensi pedagogik dosen pada pembelajaran tatap muka terbatas, dan terkait manajemen sumber daya manusia dalam peningkatan kompetensi pedagogik dosen pada pembelajaran tatap muka terbatas. Metodologi ipenelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran,definisi suatu situasi tertentu dan dalam konteks tertentu,serta menggambarkan apa adanya mengenai perilaku obyek yang sedang diteliti. Terkait pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi,interview dan dokumentasi. Dari hasil data-data yang peneliti dapatkan bahwa dalam meningkatkan kompetensi Pedagogik dosen dibutuhkan penerapan manajemen sumber daya manusia yang baik, termasuk didalamnya pimpinan atau pun dosen harus saling memberi motivasi serta memberikan gagasan-gagasan yang dapat mengembangakan kompetensi pedagogik dosen pada masa pembelajaran tatap muka terbatas. Hasil lainnya menunjukan adanya peluang dalam mengembangkan kompetensi pedagogik dosen dalam pembelajaran tatap muka terbatas ini yaitu melalui pendidikan, pelatihan, seminar- seminar pendidikan, dan penguasaan kompetensi ICT. Sehingga dari hasil yang didapat, penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam meningkatkan kompetensi pedagogik dosen dibutuhkan penerapan manajemen sumberdaya manusia yang baik dan saling mendukung antara pimpinan serta para dosen untuk menciptakan atmoster yang baik dalam internal falultas dengan tujuan meningkatnya kompetensi pedagogik para dosen.

Keyword: Kemampuan pedagogik, MSDM, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

 

 

ABSTRACT

Every educational institution in general really needs quality human resources, because quality human resources are the most valuable asset in an educational institution. To maintain the quality of human resources, organizers need effective human resource management (HRM), especially in the limited face-to-face learning process currently. The purpose of this study was to determine the design of lecturers’ cognitive pedagogic competence in limited face-to-face learning and the relationship of human resource management with increasing lecturers' pedagogic competence in limited face-to-face learning, and related to human resource management in improving lecturers' pedagogic competence in limited face-to-face learning. The research methodology used is descriptive qualitative, which data analysis that emphasizes the meaning, reasoning, definition of a certain situation and in a certain context, as well as describing what it is about the behavior of the object being studied. Related to data collection method, researchers used observation, interviews and documentation. From the results of the data that the researchers got, that in improving the pedagogical competence of lecturers it is necessary to apply good human resource management, including the leadership or lecturers must motivate each other and provide ideas that can develop the pedagogical competence of lecturers during the limited face-to-face learning period. Other results show that there are opportunities to develop lecturers' pedagogic competencies in this limited face-to-face learning, namely through education, training, educational seminars, and mastery of ICT competencies. So from the results obtained, this study concludes that improving the pedagogical competence of lecturers requires the application of good human resource management and mutual support between leaders and lecturers to create a good atmosphere in the internal faculty with the aim of increasing the pedagogical competence of the lecturers.

Keywords: Pedagogic Competence, Human Resource Management, Limited Face to face learning

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Asiyah, A., Kurniawan, D., & Topano, A. (2021). Peran Pendidikan Dalam Menjaga Toleransi Antar Umat Beragama Di Kabupaten Kaur. Jurnal Pendidikan" EDUKASIA MULTIKULTURA", 3(1), 15-

Febriana, R. (2021). Kompetensi guru. Jakarta: Bumi Aksara.

Freeman, D. (1998). Doing teacher research. From inquiry to understanding. Boston, MA: Heinle & Heinle

Hakim, M.A.R and Serasi, R. (2021). Rekonstruksi Model Pembelajaran Blended Learning Pada Program Studi Tadris Bahasa Inggris Sebagai Salah Satu Solusi Untuk Sistem Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Bengkulu: CV. Zigie Utama.

Hakim, M. A. R., Serasi, R., Efrizal, D., & Kurniawan, D. (2021, June). An Online English Teaching Module for CCU Subject: A Solution on the Pandemic Covid-19 Situations. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1933, No. 1, p. 012082). IOP Publishing

Hakim, M. A.R., Efriyanti, N., Zasrianita, F., Astari, A.R.N. (2022). English Teachers’ Creativity in Preparing and Managing Teaching-Learning Media During Covid-19 Pandemic for Junior High School Students in Indonesia. WhatAltered English Teacher's Teaching Practice): 25-38

Khairiah., Astari, A.R.N., Samsidar, E., Hidayat, A.S., and Mubiarto, A.N. (2021). Prestasi Kerja Pendidikan Tinggi (Pt) Menurun Dalam Manajemen Kinerja Era Sars-Covid-19. Al-Khair Journal: Management, Education, And Law, 1 (1): 1-10

Khairiah, K., & Zakaria, Z. (2019, April). Organizational Culture and the Improvement of Teacher Performance. In International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018) (pp. 250-253). Atlantis Press.

Nur, A. A (2020). "Meningkatkan kompetensi pedagogik guru di SD yayasan Mutiara Gambut." Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2 (1): 65-72

Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Pendidikan Di Era

0. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 109-114

Prayitno, P. J. (2019) "Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMA." Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 11 (2): 46-55

Sulasmi, E. (2020) Covid 19 & Kampus Merdeka Di Era New Normal. Kumpulan Buku Dosen.

Wayne Mondy, R. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ke Sepuluh Jilid I, Erlangga: Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v7i2.3897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.