KREATIVITAS GURU AL-QURAN HADIST DALAM MENGKOMBINASIKAN METODE GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AYAT AL-QURAN SISWA DI MA SUKA NEGERI BENGKULU SELATAN

M. Hendri Septian

Abstract


AbStRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru Al-Qur’an Hadist dalam mengkombinasikan metode guna menin- gkatkan kemampuan menghafal Ayat Al-Quran siswa di Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan. Metode penelitian yang dipakai peneliti adalah metode kualitatif, yang menjadi responden penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadis dan siswa di Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu Observasi, wawan- cara, dan dokumentasi. Temuan penelitian dalam tesis ini adalah : (1) Kreativitas Guru Al-Qur-an Hadis dalam mengkombi- nasi metode pada proses pembelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan, yaitu : Pertama, Meningkatkan kreativitas guru; Kedua, Melakukan kombinasi metode, Ketiga, Meningkatkan kemampuan menghafal; Keempat Menerapkan kedisiplinan siswa; Kelima; Meningkatkan kualitas menghafal Keenam; Mengembangkan siswa cinta al-qur’an; Ketujuh, Peningkatan kualitas sarana dan prasarana yang mendukung. (2) Kreativitas Guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkat- kan kemampuan menghafal Ayat Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan, yaitu pertama, dengan cara meningkatkan kemampuan menghafal siswa; kedua, Kreatif dalam mengombinasi metode menghafal; ketiga, Pelaksanaan menghafal kondusif; Keempat, Penerapan disiplin ketat. (3)Kendala yang menjadi hambatan guru Al-Qur’an Hadis dalam mengkombinasi metode guna meningkatkan kemampuan menghafal ayat Al-Qur’an siswa si Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan, yaitu: Pertama, Guru Al-qur’an hadis keterbatasan media sarana dan prasarana yang mendukung dalam melaksanakan pembelajaran; kedua, pesera didik kurang disiplin dalam menghafal; ketiga, perbedaan daya hafal Apa yang ada di dalam diri siswa dapat menjadi penghalang bagi bagian-bagian siswa tersebut, yang pada akhirnya dapat menjadi penghambat untuk belajar. al-qur’an hadis, Keempat, kurangnya kesadaraan orang tua dalam memotivasi anaknya dalam membaca, menghafal dan cinta Al-Qur’an.

Kata kunci : Kreatifitas, Guru Al-Qur’an Hadist

 

 

 

AbStRACt

This study aims to determine the creativity of Al-Qur’an Hadith teachers in combining methods to improve students’ ability to memorize Al-Quran verses at Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan. The research method used by the researcher is a qualitative method, the respondents of this research are Al-Qur’an Hadith teachers and students at Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan. The techniques used in data collection are observation, interviews, and documentation. The research findings in this thesis are: (1) Creativity of Al-Qur’an Hadith Teachers in combining methods in the Al-Qur’an Hadith learning process at Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan, namely: First, Improving teacher creativity; Second, Do a combination of methods, Third, Improve memorization ability; Fourth, apply student discipline; Fifth; Improve the quality of memorizing Sixth; Develop students love of the Koran; Seventh, Improving the quality of supporting facilities and infrastructure.

(2)  Creativity of Al-Qur’an Hadith Teachers in improving the ability to memorize Al-Qur’an Verses at Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan, namely first, by increasing students’ memorization skills; second, creative in combining memorization methods; third, the implementation of conducive memorization; Fourth, the application of strict discipline. (3) The obstacles that hinder the Al-Qur’an Hadith teachers in combining methods to improve the ability to memorize verses of the Qur’an of students at Madrasah Aliyah Suka Negeri Bengkulu Selatan, namely: First, the Al-Qur’an Hadith teacher has limited media facilities. and infrastructure that supports the implementation of learning; second, students lack discipline in memorizing; third, the difference in memorization power. What is inside of students can be a barrier for those parts of the student, which in turn can become an obstacle to learning. Al-Qur’an Hadith, Fourth, lack of awareness of parents in motivating their children to read, memorize and love the Qur’an.

Keywords: Creativity, Al-Qur’an Hadith teacher


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi,Abu dan Joko Tri Prasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : CV Pustaka Setia.

Aqid,Zainal.2018. PTK Untuk Guru, Sleman: Dee- publish.

Arifi,Sabarudin, Machali.2017. Mengembangkan Potensi Melejitkan Kreativitas Guru,Yogyakarta UIN Sunan Kalijaga.

Asnawir dan Basyiruddin Usman.2002. Media Pembelajaran.Jakarta:Ciputat Press.

Aziz,Racmat.2010. Psikologi Pendidikan. Malang : UIN-Maliki Press.

Departemen Agama RI.2005. Al Qur’an dan Terje- mah. Surabaya : CV.Karya Utama.

Dimyati,Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelaja- ran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah,Syaiful Bahri.2000. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta https://kbbi.web.id/kreativitas diakses pada 2

Desember 2020.

https://www.prestasiglobal.id/7-metode-mengajar- agar-kelas-semakin-menarik/

Ibrahim,R. dan Nana Syaodih.2003.Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.

Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.

Kunandar.2009.Guru Profesional, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Ja- karta : PT. Raja Grafindi Persada.

Mahmud,Salahudin. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Cv Pustaka Setia.

Mamunah, Binti. 2009 Metodologi Pengajaran Agama Islam,Yogyakarta: Teras.

Margono.2009. Metodologi penelitian pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta.

Moleong,Lexy J.2010.Metodolgi Penelitian kuali- tatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Munandar,Utami.2002.Kreativitas dan Keber- bakatan : Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat,Jakarta: Gramedia PustakaUtama.

Sadiman,Arif S. dkk.1993. Media Pendidikan, Ja- karta : PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya,Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standard, Jakarta : Prenada Media Group.

Ulum ,M. Samsul.2007.Menangkap Cahaya Al- Qura’an, Malang UIN Pres.

Uno,Hamzah B. dan Nurdin Mohamad.2012. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM.Jakarta : Bumi Aksara.

Usman,Moh.Uzer.2008. Menjadi Guru Profesion- al.Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Wijaya,Ahsin.2004. Bimbingan Praktis Mengahafal

Al-Qur’an, Jakarta : Bumi Aksara.

Wiyana,Novan Ardi dan Barnawi.2018.Ilmu Pen- didikan Islam,Yogyakarta : Arruzz Media.

Zaidin,Aifin.2001. Menggerakan Peserta Didik Dengan Ragam Belajar, Jakarta : Diva.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v7i1.3895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.