IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ENTERPRENEURSHIP DALAM MEMBANGUN NILAI-NILAI KEMANDIRIAN SANTRI (Studi Kasus di Pondok Pesantren Makrifatul IlMI Kabupaten Bengkulu Selatan)

Dethree Jayadi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pendidikan Enterpreneurship Dalam Membangun Nilai-Nilai Ke- mandirian Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Kabupaten Bengkulu Selatan). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan fenomenologis yang merupakan sebuah pendekatan logika- logika serta teori-teori yang sesuai dengan lapangan. Penelitian ini lebih memfokuskan pada ruang lingkup masalah penelitian yang bertumpu pada studi tentang Implementasi Pendidikan Enterpreneurship untuk membangun Nilai-Nilai Kemandirian Santri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Kabupaten Bengkulu Selatan). Data penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. data yang terkumpul kemudian di analisis dengan teknik analisis deskriptif yang mengacup ada analisis data secara induksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Implementasi pendidikan enter- preneurship dalam membangun Nilai-nilai kemandirian santri di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan Dari segi perencanaan pihak yayasan, guru untuk pendidikan Budidaya Lele system Bioflog, Dsain Garafis, Ilmi Mart belum memiliki panduan atau acauan seperti perangkat pembelajaran yang belum dimasukan kedalam kurikulum, Silabus, RPP, dan belum ada buku pedoman, serta kesedian air yang belum memadai, keterbatasan Computer, sehingga pelaksanaannya dari pen- didikan tersebut belum berjalan secara maksimal, maka evaluasi yang akan datang agar pendidikan tersebut tercapai untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai kemandirian santri, maka pihak yayasan dan guru harus memiliki perangkat acuan yang jelas, dan kelengkapan sarana-prasarana yang memadai didukung oleh semua pihak termasuk santri harus wajib untuk mengi- kuti kegiatan tersebut secara seksama.

Kata Kunci : Pendidikan Enterpreneurship, Kemandirian Santri.

 

 

 

ABSTRACT

This study aims to determine the implementation of entrepreneurship education in building student independence values (a case study at the Makrifatul Ilmi Islamic Boarding School, South Bengkulu Regency). This type of research is a qualitative field research using a phenomenological approach which is a logic-logic approach and theories that are appropriate to the field. This study focuses more on the scope of the research problem which is based on a study on the implementation of entrepreneur- ship education to build the values of student independence (a case study at the Makrifatul Ilmi Islamic Boarding School, South Bengkulu Regency). The data of this research were obtained through interview, observation, and documentation methods. The collected data is then analyzed using descriptive analysis techniques which refer to data analysis by induction. The results of this study indicate that: Implementation of entrepreneurship education in building the values of independence of students at the Makrifatul Ilmi Islamic Boarding School, South Bengkulu. which have not been included in the curriculum, syllabus, lesson plans, and there are no manuals, as well as inadequate water availability, limitations of computers, so that the implementation of the education has not run optimally, so that future evaluations will ensure that education is achieved to develop values inde- pendence of students, then the foundation and teachers must have a clear set of references, and the completeness of adequate infrastructure supported by all parties including students must be obliged to follow these activities carefully.

Keywords: Entrepreneurship Education, Student Independence


Full Text:

PDF

References


DAfTAR PUSTAKA

Abdurrahman Wahid, Kosmopolitan, Nilai-Nilai Indo- nesia dan Transformasi Kebudayaan, Jakarta: The Wahid Institute, 2007

Akib, Haedar dan Antonius Tarigan. “Artikulasi Kon- sep Implementasi Kebijakan: Perspektif, Model dan Kriteria Pengukurannya,” Jurnal Baca, Vol- ume 1 Agustus 2008, Universitas Pepabari Makas- sar, 2008.

Ali Muhammad, Muhammad Asrori, Psikologi Remaja dan Perkembangan PesertaDidik Jakarta: PT. Mi- zan Publika, 2012.

Alma B, Kewirausahaan, Edisi Revisi, (Bandung: Al- fabeta, 2007.

Anselm, Juliet Corbin. Dasar-dasar Penelitian Kualitif.

Jakarta. Pusaka pelajar. 2009.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.1992. Azmanian, Daniel A and Paul A. Sabatier. Imple- mentation and Public Policy, Scott Foresman and

Company, USA, 1983.

Azwar, Saefudin. Metode Penelitian. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.1998.

Azyumardi Azra, Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Rekonstruksi dan Demokratisasi, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2006.

Bungin, Managemen Penelitian Tindakan Kelas. (Ang- kasa Raya. Jakarta. Tahun 2007.

Bygrave, The Portable MBA: Entrepreneurship, Ja- karta: Binarupa Aksara, 1996.

Chairul Anwar, Buku Terlengkap Teori-Teori Pendidi- kan Klasik HinggaKontempporer, Formula dan Penerapannya dalam Pembelajaran Yogyakarta: Ircisod, 2016.

Chairul Anwar, Hakikat Manusia Dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis Yogyakarta: Suka Press,

Chairul Anwar, Ibid, h. 73. Lihat juga: M. Suardi, Pen- gantar Pendidikan Teori danAplikasi Jakarta: PT. Indeks, 2010.

Chusnul Chotimah, “Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan”,

Dedy Takdir, Mahmudin, Kewirausahaan Jogyakarta: Wijana Mahadi Karya, 2015.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Diyah Yuli Sugiarti, “Strategi Pengembangan Pondok Pesantren Dalam Membangun Peradaban Mus- lim di Indonesia”, Edukasi, Volume 3, Number 1 2011.

Edward III, George C (edited), Public Policy Imple- menting, Jai Press Inc, London-England. Goggin, Malcolm L et al. 1990.

Eman Suherman, Desain Pembelajaran Kewirausa- haan, Bandung: Alfabeta, 2010.

Endang Mulayani, Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan, Jakarta: Pusat Kurikulum, 2010.

Enung Fatimah, Psikologi Perkembangan (Perkem- bangan Peserta Didik), Bandung: CV. Pustaka Se- tia, 2010.

Eti Nurhayati, Bimbingan Konseling dan Psikoterapi Inovatif, Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

Fuad Ihsan, Dasar-dasar Kependidikan Jakarta: PT. Rineka Cipta Kadir, 2005.

Hasanah, Entrepreneurship, Membangun Jiwa En- trepreneur Anak Melalui PendidikanKejuruan,

Makassar: CV. Misvel Aini Jaya, 2015 https://tirto.id/sejarah-asal-usul-kata-santri-berasal-

dari-bahasa-sanskerta-ej72. Diakses pada tanggal 23 januari 2021 pukul 19:30 wib

Ismail Suardi Wekke, “Pesantren dan Pengemban- gan Kurikulum Kewirausahaan: Kajian Pesantren Roudahtul Khuffadz Sorong Papua Barat”, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Volume 6, Number 2 Desember 2012.

Iqbal, M. (2019). Dualism System of Higher Education in Indonesia. Thought, 29(25), 44.

Iqbal, M. (2019). Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 165-178.

Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Volume 8, Num- ber 1 Juni 2014.

Kemendiknas RI, Pengembanagan Pendidikan Bu- daya DAN Karakter Bangsa, 2010.

Lexi. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Jakar- ta. Grafindo Persada. 2004.

Masri S dan Sofian Effendi, Membina Hubungan Yang Komunikatf. Tiga Serangkai. Jakarta, Tahun 1995.

Meleong, Metode Peneliian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 1995.

Muhammad Allify An Irfani, “Pendidikan Pesantren Berbasis Entrepreneurship DiPondok Pesantren Entrepreneurship di Pondok Pesantren Al-Maw- wadah Honggosoco Jekulo Kudus”, Skripsi, IAIN Kudus, 2018.

Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo, “Mana- jemen Unit saha Pesantren”,Hikmah: Jurnal Pen- didikan Islam , vol. 6:1 Januari-Juni, 2017.

Muhammad Saroni, Mendidik dan Melatih Entrepre- neur Muda Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Munijiati Munawaroh, Hasnah Rimiyati, dkk, Kewirau- sahaan Untuk Program Strata 1 Yogyakarta: LP3M UMY, 2016.

Nor Yanti, “Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler da- lam Rangka Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Siswa untuk menjadi Warga Negara yang Baik Di SMA Korpri Banjarmasin” , Jurnal Pendidikan Ke- warganegaraan , Vol 6, No 11, Mei, 2016.

Nunuy Nur Afiah, Peran Kewirausahaan dalam Mem- perkuat UKM Indonesia , Bandung: Universitas

Padjadjaran, 2002.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bumi Aksara . 2001.

Purwanto dan Sulistyastuti , Analisis Kebijakan dari Formulasi ke ImplementasiKebijakan, Bumi Ak- sara Jakarta, 1991.

Richey Seels, UU RI NO, 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendiidikan Nasional, (Semarang: Aneka Ilmu, 1989), h. 2. Lihat juga: Chairul Anwar, Hakikat Manusia DalamPendidikan Sebuah Tinjauan Filo- sofis, Yogyakarta: Suka Press, 2014.

Ripley, Rendal B. and Grace A. Franklin, Policy Imple- mentation and Bureaucracy, second edition, the Dorsey Press, Chicago-Illionis, 1986.

Suryana, Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Karya, 2011.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lihat juga: Cahirul Anwar, Hakikat Manusia Dalam Pendidikan Sebuah TinjauanFilosofis, Yogyakarta: Suka Press, 2014.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal (3).

Zahra Idris, Lisma Jamal, Pengantar Pendidikan Islam Jakarta: Grasindo, 1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.29300/nz.v6i3.3845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

 

An-Nizom: Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan Islam
annizom@mail.uinfasbengkulu.ac.id

Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Jl. Raden Fatah Kec. Selebar Kel. Pagar Dewa Kota Bengkulu

Indexing by :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.